Home » » Sejarah Data Pokok Pendidikan (DAPODIK)

Sejarah Data Pokok Pendidikan (DAPODIK)

Assalamu’alaikum.wr.wb.

Tidak terasa saat ini kita sudah memasuki era Dapodik yang ke 4.0.1, meski di situs resminya aplikasi yang dapat diunduh masih versi 4.0.0. Tetapi untuk dapodik versi terbaru ini dapat diperbarui melalui fitur pembaharuan di dapodik versi 4.0.0. 

Bagi operator lama maupun yang baru pasti sudah paham bagaimana cara untuk mengupdate ke dapodik 4.0.1, karena fitur pembaharuan sudah tersedia di aplikasi dapodik 4.0.0, yaitu terletak di pojok kanan atas sepeti gambar di bawah.
Sejarah Singkat Dapodik
Pengaturan Dapodik

Bagi saya sendiri menjabat sebagai operator sekolah terhitung sejak tahun ajaran 2012/ 2013. Diawal pengenalan aplikasi dapodik ini memang sedikit mengalami kesulitan, karena memang baru pertama kali mendapatkan sosialisasi untuk mengolah aplikasi ini.

Bahkan beberapa teman operator juga mengalami hal yang sama. Sampai ada beberapa teman operator yang harus berselisih paham dengan guru gara-gara data guru yang bersangkutan tidak valid. Mungkin guru yang bersangkutan belum atau kurang memahami bagaimana sulit dan ribetnya memasukkan data bagi operator yang baru pertama kali mengolah aplikasi dapodik.

Bagi guru yang paham dan sabar sebenarnya hal ini tidak terlalu dipermasalahkan, karena saya yakin beliau-beliau ini tahu bagaimana agak ribetnya mengolah data-data yang harus dimasukkan pada aplikasi dapodik. Meski pada akhirnya data-data mereka berhasil juga divalidasi. Karena memang ada semangat dan keseriusan operator untuk menyelesaikan tugas yang telah diamanatkan kepada mereka. Dan tentunya hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi operator sekolah karena tugas mereka telah berhasil hehe.

Hari berganti hari, minggu berganti minggu, bulan berganti bulan dan tahun berganti tahun tentunya pengelolaan aplikasi dapodik bagi operator lama bukan hal yang asing dan bukan hal yang sulit lagi untuk mengelola aplikasi yang satu ini. Tetapi bagi operator baru mungkin sebagian juga akan mengalami hal yang sama sebagaimana operator lama saat pertama kali mengelola aplikasi dapodik.

Mungkin itu sedikit cerita dan pengalaman saya pribadi sebagai operator sekolah dengan berbagai suka-dukanya hehe. Yang jelas apapun jabatan yang telah diamanatkan kepada kita meski itu terasa susah dan berat diawalnya, jika dijalani dengan ikhlas, tekun, telaten dan sabar insya Allah nanti pada akhirnya akan diberi kemudahan.

Ohya sebagaimana judul artikel di atas tentunya tidak lupa saya juga akan menjelaskan sejarah singkat aplikasi dapodik sebagaimana di bawah ini.

Data Pokok Pendidikan atau Dapodik adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama Pendidikan Nasional, yang merupakan bagian dari Program perancanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif. Karena tanpa perencanaan pendidikan yang matang, maka seluruh program yang terbentuk dari perencanaan tersebut akan jauh dari tujuan yang diharapkan.

Untuk melaksanakan perencanaan pendidikan, maupun untuk melaksanaan program-program pendidikan secara tepat sasaran, dibutuhkan data yang cepat, lengkap, valid, akuntabel dan terus up to-date.

Dengan ketersediaan data yang cepat, lengkap, valid, akuntabel dan up to date tersebut, maka proses perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan evaluasi kinerja program-program pendidikan nasional dapat dilaksanakan dengan lebih terukur, tepat sasaran, efektif, efisien dan berkelanjutan.

Sehubungan dengan hal tersebut, Departemen Pendidikan Nasional telah mengembangkan suatu sistem pendataan skala nasional yang terpadu dan disebut dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Dapodik ini dikelola oleh biro PKLN sampai tanggal 30 Maret 2010 diserahterimakan kepada PSP Balitbang.

Data pokok pendidikan awalnya dapat diakses melalui situs dapodik.org yaitu data sejak tahun 2006 sampai 2011. Untuk data tahun 2012 tidak tersedia di situs dapodik karena situs tersebut telah ditutup sejak 1 Januari 2012. Berdasarkan surat edaran dari Kemdiknas no. 1980/P3/TP/2011 tanggal 14 September 2011 data NPSN dan NISN hanya dapat diakses melalui situs kemdiknas.

Demikian Sejarah singkat aplikasi DAPODIK. Mohon maaf jika ada kesalahan dan Kekurangan. SALAM SATU DATA dan wassalam.
Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment