Home » » Ketika Forum Pendidikan Kemasukan Virus Jahat (Video Mesum)

Ketika Forum Pendidikan Kemasukan Virus Jahat (Video Mesum)

Akhir-akhir ini sering kita jumpai di beberapa forum Pendidikan di Facebook bahkan tidak menutup kemungkinkan di forum-forum lainnya, banyak kiriman shared gambar atau video mesum dari member forum. Tidak peduli meski itu di Forum pendidkan sekalipun. Ini bisa terjadi tanpa sepengetahuan member, bahwa akunnya telah terinfeksi dan dia telah menyebarkan link tersebut ke banyak forum yang diikutinya.

Tentu saja resikonya admin forum bakal mengingatkan atau bahkan bakal memblokir atau mendepak (banned permanently) member yang dianggap menyebarkan link tersebut, meski sebenarnya dia sendiri tidak menyebarkan.


Stop Video Porno
No

Pada dasarnya penyebab hal ini bisa jadi karena akun seseorang tersebut telah mengklik tautan link yang dia lihat di timeline atau tag temannya yang sudah terinfeksi script virus. Atau mungkin juga karena dia mengklik sebuah tautan yang ‘seolah-olah’ sangat menarik untuk dilihat di sebuah forum yang dia ikuti, maupun di timelime pertemanan, baik itu disengaja maupun tidak disengaja.

Jika dikasih tahu bahwa dia telah menyebar gambar atau video mesum, biasanya akan menyangkal dan menyalahkan orang lain telah menghack akun facebooknya (ini ada benarnya juga dan tidak bisa 100% disalahkan). Tanpa dia sadari bahwa pelakunya bisa jadi script jahat (virus) yang ada di akun Facebooknya.

Script jahat ini bisa masuk akun facebook jika seseorang pernah mengklik Video sampai menginstal video codecnya. Kalau kita tahan godaan dan tidak pernah mengklik video tersebut insya Allah akun fecebook kita akan aman.

Ohya tentang masalah di atas admin tidak mau menyalahkan dan menuduh seseorang atau mencari kambing hitam . Di sini admin hanya akan berbagi tips pengalaman admin sendiri dan beberapa saran dari teman di forum.

Tips Pertama:

Hapus Semua Aplikasi di Facebook.

Rasanya sayang juga menghapus aplikasi atau game yang kita sukai di facebook, tapi mau gimana lagi, tentunya kita lebih memilih yang terbaik buat kita.

Pengaturan Facebook
Gambar 1

Pada menu Setting/ pengaturan, Klik Applikasi, hapus semua aplikasi dan game yang sekiranya mencurigakan, biasanya apps/ game yang terakhir Anda Instal. Kecuali aplikasi atau game yang benar-benar yakin anda sering menggunakannya dan aman. Dengan demikian Insya Allah script mesum tadi sudah hilang. (caranya : lihat gambar 1 dan 2).


Pengaturan Facebook
Gambar 2

Tips Kedua:

Moderasi Semua Tags

Di menu Setting, Klik Timeline and Tagging (kronologi dan penandaan), pada Review Post Friends tag… (tinjauan kiriman yang menandai Anda…) ubah menjadi ON (menyala). Dengan demikian semua tag (yang mesum atau tidak mesum) tidak langsung tampil di timeline teman-teman Anda. Kita bisa pilih mana tag yang perlu tampil atau tidak di timeline. Jika bisa dihapus ya dihapus saja atau disembunyikan.


Setting Tags Facebook
Setting Tags

Tips Ketiga:

Hapus Extension atau Add-Ons Browser

Coba Anda atur Extension/ Add-ons pada Browser laptop Anda (kebetulan admin di sini menggunakan browser Google Chrome). Pastikan tidak ada Extension yang aneh-aneh dan mencurigakan. Sebagai contoh dan perbandingan admin hanya menggunakan extension IDM (lihat gambar di bawah). Jika anda pengguna Mozilla Firefox, hapus saja semua Add-Ons yang tidak jelas dan mencurigakan.


Add-Ons Browser
Add-Ons Browser

Tips yang terakhir atau keempat.

Gunakan Antivirus Scanner

Maksudnya adalah menambah antivirus scanner selain antivirus utama yang Anda gunakan. Saat ini admin pribadi menggunakan AVG LinkScanner. AV Scanner ini berfungsi sebagai scanner ketika kita online di dunia maya. Meski pada dasarnya Antivirus utama biasanya sudah ada scannernya, tapi tidak ada salahnya menambah Antivirus Scanner kedua. Alhamdulillah tidak ada masalah apalagi sampai bentrok dengan antivirus utama.

Harap diingat AV Scanner ini hanya berfungsi sebagai Scanner arus lalu lintas internet ketika kita online. Jadi fitur dasarnya bukan sebagai pelindung utama laptop atau computer, tapi sebagai penetralisir arus internet dari script-script jahat. Karena yang berfungsi sebagai pelindung utama adalah antivirus pertama yang kita pakai. Admin sendiri menggunakan Eset Smart Security Versi 8 sebagai antivirus pertama dan AVG LinkScanner sebagai pendamping, meski ESET Smart Security sebenarnya juga sudah ada fitur scannernya.

Pengujian AVG LinkScanner admin buktikan beberapa bulan lalu, dimana ketika Antivirus utama kita tidak mampu menscanner script jahat di dunia maya, maka AV Scanner kedua mampu mengkarantina Script jahat tersebut (lihat gambar).

AVG LinkScanner
AVG LinkScanner

Mungkin cukup sampai itu dulu artikel admin tentang Pencegahan sedini mungkin akun Facebook kita dari gangguan Script Jahat (video mesum). Meski tidak semua Tips di atas menjamin 100% bisa mengatasi virus jahat tersebut, minimal kita bisa lebih berhati-hati lagi ketika berinteraksi di dunia maya. Jangan sembarangan mengklik sesuatu yang sekiranya akan merugikan kita sendiri. Apalagi semakin hari karakteristik script jahat tersebut mungkin juga semakin kuat dan canggih.

Untuk Anda yang pingin mencoba AVG LinkScanner, silahkan Anda cari di Google. Filenya sekitar 4,5MB, tapi menginstalnya butuh koneksi internet. Kalau tidak salah waktu menginstalnya membutuhkan quota sekitar - + 60Mb saja.

Akhir kata, Sekian dan Terima Kasih. Mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan.


Catatan : * Jika memang akun Facebook Anda sudah terlanjur disusupi virus jahat tadi, segera ubah kata sandi anda. insya Allah akun akan kembali normal.

* Jangan sekali-kali Anda meng-klik tautan Video/ gambar mesum yang beredar di facebook, jika tidak ingin tersisipi virus konten tersebut (penting).
Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment