Home » » Update Aplikasi Dapodik Versi 4.0.3

Update Aplikasi Dapodik Versi 4.0.3

Assalamu’alaikum.wr.wb.

Selamat malam dan salam sejahtera bagi Anda pengunjung setia Kolom Edukasi di manapun berada.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa saat ini Dapodikdas telah mengeluarkan updater terbarunya, yaitu versi 4.0.3. Akan tetapi, karena diterbitkannya pada masa liburan ini, saya yakin masih banyak dari Bapak Ibu Sahabat yang bertugas sebagai operator sekolah yang belum mengup-datenya, termasuk saya sendiri juga hehe. Karena saya sendiri juga baru saja meng-updatenya, dari versi 4.0.2 ke versi 4.0.3.

Namun karena saya terlambat meng-updatenya maka aplikasi Dapodik saya tidak bisa dibuka alias expired (lihat Gambar 1.0). Nah dari sini timbul pertanyaan bagi saya pribadi, bagaimana dapat diperbarui jika dapodiknya saja tidak bisa dibuka?.
Update Aplikasi Dapodik Versi 4.0.3
Gambar 1.0
Ini sebenarnya masalah klasik bagi operator, jadi tidak ada yang perlu dipermasalahkan. Karena untuk meng-update dari dapodik lama ke dapodik baru Anda tinggal mendownload file Updater 4.0.3 di situs resmi Dapodikdas dengan alamat http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/. Di situ sudah disediakan updater 4.0.3 nya, filenya sangat kecil tidak sampai 1Mb, Cuma 941,54Kb.

Setelah mendownload, tinggal Anda install seperti biasanya, tetapi jangan lupa sebelumnya aplikasi dapodik lama ditutup dulu agar proses instalasinya berjalan lancar. Setelah selesai penginstalannya segera buka aplikasi dapodik Anda. Masuk seperti biasa Anda login ke dapodik. Nah Bagaimana Bapak Ibu Sahabat Kolom Edukasi, sangat mudah bukan?...

Jika Anda belum berhasil juga atau ternyata versi dapodiknya masih belum berubah (masih versi lama V.4.0.2) setelah menginstal updater 4.0.3. Silahkan Anda refresh atau reload dulu browser Anda, atau juga bisa dengan menekan F5. Setelah itu login lagi seperti biasanya, Insya Allah dapodik Anda sudah berubah ke versi 4.0.3.
Baca juga : Sejarah Data Pokok Pendidikan (DAPODIK)
Cara lain Versi admin Kolom Edukasi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa admin sendiri juga telat meng-update dapodik terbaru alias expired, karena waktu pengupdatennya yang telah melewati batas waktu yang ditentukan, sehingga aplikasi tidak bisa dibuka (lihat gambar 1.0 di atas).

Baik langsung saja mumpung belum terlalu lama pembaharuan dapodiknya. Jika memang aplikasi Anda tidak bisa dibuka, sebenarnya Anda tinggal memundurkan waktu atau tanggal di laptop/PC Anda.

Misal saat ini sudah tanggal 30 Desember, undur saja tanggal di lapto/PC Anda menjadi 28 Desember. Caranya lewat Taksbar destop sebelah kanan bawah (lihat gambar 1.1).
Update Aplikasi Dapodik Versi 4.0.3
Gambar 1.1
Pilih Change date and time setting, ubah tanggal dari 30 ke 28 (lihat gambar 1.2).
Update Aplikasi Dapodik Versi 4.0.3
Gambar 1.2
Setelah itu segera buka aplikasi dapodik lama Anda (versi 4.0.2), jangan lupa direfresh dulu atau tekan tombol F5. Taraaa… pasti aplikasi dapodik lama bisa terbuka kembali. Segera update dapodik lama Anda melalui menu pengaturan, rubah atau cek pembaruan dan download updaternya (lihat gambar 1.3).
Update Aplikasi Dapodik Versi 4.0.3
Gambar 1.3
Jika sudah berhasil akan muncul tanda bahwa pembaruan sudah berhasil (lihat gambar 1.4)
Update Aplikasi Dapodik Versi 4.0.3
Gambar 1.4
Setelah selesai pembaruannya, keluar dulu dari aplikasi dapodik dan tutup browser Anda. Kemudian buka kembali aplikasi dapodik Anda, jangan lupa refresh aplikasinya melalui tombol F5. Lalu login seperti biasanya, Insya Allah dapodik Anda sudah berubah ke versi 4.0.3 (lihat gambar 1.5).
Update Aplikasi Dapodik Versi 4.0.3
Gambar 1.5

Ohya jangan lupa setelah Anda menginstal dapodik updater dengan cara lain versi admin Kolom Edukasi, settingan waktu atau tanggal di laptop/PC Anda dikembalikan seperti semula.

Mungkin itu dulu tips menginstal aplikasi dapodik updater dari admin Kolom Edukasi. Semoga bermanfaat, mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan. Akhir kata, terima kasih dan wassalam.


*Catatan : Beberapa pihak menyarankan agar tidak memundurkan tanggal di PC karena katanya bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan (admin sendiri juga masih menguji apa sebenarnya dari resiko tersebut, karena timbulnya resiko tentu juga harus ada pengujian dan pembuktian yang valid terlebih dahulu, bukan sekedar katanya-katanya), untuk itu admin tidak menyarankan Anda mengikuti cara lain admin di atas. Silahkan pilihan ditentukan Anda sendiri. Salam santun Dunia Pendidikan.
Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment