Home » » Cek Status NUPTK Sekarang Lebih Mudah

Cek Status NUPTK Sekarang Lebih Mudah

Assalamu’alaikum.wr.wb.

Salam bahagia dan sejahtera bagi Anda semua pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada.

NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) adalah nomor identitas yang bersifat nasional untuk seluruh PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan), baik yang sudah PNS maupun belum.

NUPTK terdiri dari 16 angka yang bersifat tetap karena NUPTK yang dimiliki seorang PTK tidak akan berubah meskipun yang bersangkutan telah berpindah tempat mengajar atau terjadi perubahan data periwayatan.

NUPTK diberikan kepada seluruh PTK baik PNS maupun Non-PNS sebagai Nomor Identitas yang resmi untuk keperluan identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan.

Manfaat untuk tenaga pendidik yang memiki NUPTK adalah:
  • 1. Berpartisipasi dalam sebuah proses/mekanisme pendataan secara nasional sehingga dapat membantu pemerintah dalam merencanakan berbagai program peningkatan kesejahteraan bagi tenaga pendidik. 
  • 2. Mendapatkan nomor identifikasi resmi dan bersifat resmi dan bersifat nasional dalam mengikuti berbagai program/kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat/daerah. 

Status NUPTK bagi seorang GTK Kemendikbud/Kemenang dapat ditelusuri berdasarkan nomor NUPTK. Arsip NUPTK yang ditampilkan ini merupakan hasil rekonsiliasi data NUPTK terbitan sistem NUPTK generasi-generasi sebelumnya dengan sistem NUPTK generasi PADAMU NEGERI. Untuk menelusuri status NUPTK anda, silakan isi nomor NUPTK pada kolom tersedia.

Ohya sebelumnya untuk mengecek status keaktivan NUPTK bagi seorang PTK harus melewati beberapa tahapan dulu, seperti memasukan NAMA dan mencari KABUPATEN tempat tinggal PTK yang ingin diketahui status NUPTKnya. Tetapi kini, untuk mengetahui status NUPTK cukup simple dan mudah. Mau tahu caranya? Yuk kita lihat bersama-sama.

Pertama, buka laman resmi http://gtk.data.kemdikbud.go.id/, atau bisa langsung di sini.

Kedua, klik pencarian NUPTK, seperti gambar 1.0.

Cek Status NUPTK Sekarang Lebih Mudah
Gambar 1.0

Ketiga, lalu masukkan NUPTK Anda yang berjumlah 16 digit di kolom pencarian, setelah itu search atau klik seperti gambar 1.1

Cek Status NUPTK Sekarang Lebih Mudah
Gambar 1.1

Keempat, Taraaa.. sudah muncul keterangan aktif dan tidaknya NUPTK Anda (lihat status NUPTK admin pada gambar 1.2). Jika NUPTK Anda belum aktif, untuk prosedur pengajuannya mungkin bisa Anda baca pada postingan admin sebelumnya.

Cek Status NUPTK Sekarang Lebih Mudah
Gambar 1.2

Bagaimana Bapak Ibu Sahabat Kolom Edukasi, Mudah sekali bukan cara mengecek status NUPTK terbaru?.
Baca juga : Estimasi Hak Pensiun dan Tunjangan Hari Tua (THT) bagi PNS
Demikian informasi dan panduan yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat. Mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan. Terima kasih dan wassalam.
Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment