Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2016

January 18, 2016
Assalamu’alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada. Semoga semuanya selalu dalam keadaan sehat amin.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 2 Tahun 2015 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 45 Tahun 2015.

Penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi negeri dilakukan melalui tiga pola, yaitu ;
  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), 
  2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan 
  3. Seleksi Mandiri. 

SNMPTN merupakan seleksi yang dilakukan oleh masing-masing PTN di bawah koordinasi Panitia Nasional dengan seleksi berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik calon mahasiswa.
Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2016
Seleksi Masuk PTN

SNMPTN diikuti seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang sudah ditetapkan oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), diselenggarakan dalam suatu sistem yang terpadu dan serentak. Biaya pelaksanaan SNMPTN ditanggung oleh Pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya seleksi.

Peserta SNMPTN dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan dinyatakan diterima di PTN berpeluang mendapatkan bantuan biaya pendidikan selama masa studi melalui program Bidikmisi.

Informasi SNMPTN 2016 meliputi beberapa hal, yaitu sebagai berikut:

1. Ketentuan dan persyaratan umum
2. Tata cara pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS)
3. Tata cara pendaftaran
4. Jadwal pelaksanaan
5. Serta jumlah pilihan PTN dan Program Studi.

Informasi ini diterbitkan untuk dipelajari secara seksama oleh sekolah dan calon peserta. Secara rinci, informasi lengkap mengenai SBMPTN dimuat dalam Panduan SBMPTN yang dapat diakses di laman resmi http://sbmptn.ac.id/

Dan informasi tentang tata cara Pengisian PDSS dimuat dalam Panduan Pengisian PDSS yang dapat diakses di laman resmi http://pdss.snmptn.ac.id, sedangkan tata cara pendaftaran dan pelaksanaan SNMPTN 2016 dimuat dalam panduan peserta yang dapat diakses di laman resmi http://www.snmptn.ac.id/.

Demikian informasi tentang Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2016 yang dapat admin bagikan. Semoga bermanfaat bagi sekolah dan calon peserta untuk mengikuti SNMPTN 2016. Terima kasih dan wassalam. (snmptn.ac.id)

Thanks for reading Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2016 | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2016

Post a Comment