Home » » Seputar Dapodikdas

Seputar Dapodikdas

Assalamu’alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada. Semoga semuanya selalu dalam keadaan sehat amin.

Sebagaimana kita ketahui, Sistem Aplikasi Dapodikdas adalah aplikasi penjaring data pokok pendidikan pada kelompok jenjang pendidikan dasar di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Entitas data pokok tersebut meliputi sekolah termasuk sarana dan prasarana, Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK),Peserta Didik dan Proses Pembelajaran di dalam rombongan belajar (Rombel).

Berdasarkan Instruksi Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2011 serta Surat Edaran Menteri mengenai aplikasi pendataan di lingkungan Kemendikbud, dinyatakan bahwa Aplikasi Dapodikdas merupakan aplikasi resmi yang digunakan untuk menjaring data pokok pendidikan dasar, untuk itu wajib setiap sekolah untuk menggunakan aplikasi Dapodikdas.
Seputar Dapodikdas
Dapodikdas
Data dari Aplikasi Dapodikdas akan digunakan sebagai acuan data dalam program-program Kemendikbud di tingkat pendidikan dasar seperti: pemberian Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bantuan Siswa Miskin (BSM), tunjangan guru, Ujian Nasional, dan programprogram lainnya. Oleh karena itu sekolah harus berpartisipasi aktif dalam kegiatan pendataan Dapodikdas.

Selain itu, data Aplikasi Dapodikdas digunakan sebagai acuan data dalam programprogram Kemendikbud di tingkat pendidikan dasar. Apabila sekolah tidak berpartisipasi aktif, maka sekolah akan rugi karena data milik mereka tidak akan sampai ke Kemendikbud. Sekolah tersebut otomatis tidak akan tersentuh program-program Kemendikbud.
Baca juga: Enam Poin Penting Terkait Pemutakhiran Dapodikdasmen
Ohya, aplikasi dapodikdas ini hanya digunakan untuk Jenjang pendidikan dasar yaitu SD, SDLB, SMP, SMPLB, dan SLB. Adapun untuk jenjang menengah ada di naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah (Dapodikmen). Semua sekolah, baik sekolah terpencil maupun sekolah yang berada di luar negeri harus menggunakan aplikasi tersebut, tanpa terkecuali.

Sedangkan MI dan MTs berada di bawah naungan Kementerian Agama, sehingga tidak dapat menggunakan Aplikasi Dapodikdas.

Beberapa tahapan penting update aplikasi dari versi lama ke versi terbaru (4.0.0 ke atas);
  • Uninstal aplikasi dapodik versi lama dari laptop/komputer Anda.
  • Unduh aplikasi versi terbaru di laman http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/.
  • Instal aplikasi tersebut di laptop/komputer.
  • Generate prefill lalu unduh (Untuk mendownload prefill Anda harus memasukkan kode registrasi terlebih dahulu).
  • Buka aplikasi yang ada di desktop.
  • Registrasi dengan prefill yang baru.
  • Setelah login, cek di beranda aplikasi, pastikan versinya adalah yang terbaru (saat ini versi 4.1.0).
Jika sudah sesuai dengan versi terbaru, silahkan bereksplorasi sendiri dengan aplikasi dapodik Anda he.

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan terkait aplikasi dapodik oleh Operator sekolah adalah sebagai berikut ;

1. Setiap menginstal dapodik terbaru tetap menggunakan username dan password yang lama, tetapi tapi apabila menemukan masalah yang mengharuskan, maka Anda bisa mengganti username dan password.

2. Ketika ada peringatan sebagian data tidak masuk, Silakan lakukan generate ulang prefill dan registrasi ulang. Bila belum berhasil, silakan hubungi dinas kabupaten/kota setempat.

3. Saat ini validasi dan sync Dapodik versi terbaru untuk semester 2 tidak mengalami perubahan, sama dengan semester 1, baik cara dan metodologinya.

4. Jika terdapat data Data invalid (merah) tidak akan menghalangi pengiriman data ke server, ketika dilakukan sinkronisasi.

5. Dan ini yang terpenting, jika ingin berpindah komputer atau laptop untuk mengerjakan Aplikasi Dapodikdas, maka yang harus dilakukan adalah ;
  • Di komputer yang lama lakukan uninstall aplikasi. 
  • Di komputer yang baru: generate ulang prefill baru, lalu instal aplikasi dan registrasi seperti biasa. Maka akan muncul data hasil sinkronisasi terakhir.
Jika tidak dilakukan tahapan seperti di atas, maka akan terjadi data berganda.

Demikian informasi seputar aplikasi dapodikdas yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat. Jika ada hal-hal lain yang berkaitan dengan aplikasi tersebut silahkan ditambahkan. Terima kasih., Salam Satu Data, dan wassalam.
Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment