Home » » Waspada Email Berisi Surat Edaran Pemutakhiran Biodata Guru Tahun 2016

Waspada Email Berisi Surat Edaran Pemutakhiran Biodata Guru Tahun 2016

Assalamu’alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Bapak Ibu pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada.

Tidak terasa sebentar lagi atau lebih tepatnya tanggal 29 Februari 2016 merupakan batas akhir sinkronisasi Dapodik untuk tunjangan tahun 2016.

Jika operator dapodik telat mengirimkan data/sinkronisasi data pada aplikasi dapodik atau melewati batas akhir pengiriman (tanggal 29 Februari 2016), maka bisa dipastikan guru yang mendapat tunjangan pada semester sebelumnya tidak akan mendapatkan tunjangan alias hangus. karena pada tanggal tersebut adalah waktu terakhir bagi operator, baik oprator dapodik paud, dapodikdas maupun dapodikmen untuk mengusulkan nama-nama yang berhak mendapatkan tunjangan ke operator pusat.
Baca juga : Enam Poin Penting Terkait Pemutakhiran Dapodikdasmen
Terkait dengan pengumuman batas akhir sinkronisasi sebagaimana di atas, rupanya sengaja dimanfaatkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dengan menyebarkan/mengirimkan surat email kedinasan dengan nomor : 2859/C3/KU/2016, perihal : Pemutakhiran Biodata Guru Tahun 2016. Dan admin Kolom Edukasi pun juga mendapatkan email tersebut.

Dalam surat tersebut dijelaskan, bahwa pihak SD Negeri/Swasta diwajibkan untuk melengkapi biodata kepala sekolah, alamat lengkap sekolah dan biodata guru termasuk mencantumkan nomor hp masing-masing guru. Pelaporan biodata dikirim melalui E-mail : www.dapodikmen@gmail.com dan pelaporan dikirim paling lambat 15 ( lima belas ) hari setelah surat ini diterima.
Waspada Email Berisi Surat Edaran Pemutakhiran Biodata Guru Tahun  2016
Surat Email Palsu

Sekilas surat tersebut memang terlihat asli, namun jika kita lebih teliti lagi maka akan menemui beberapa kejanggalan yang sangat mencurigakan,

Pertama

Kop surat tersebut jelas terlihat janggal. Dari kop pengirim yang mengatasnamakan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar tetapi menggunakan alamat email www.dapodikmen@gmail.com. Sesuai namanya, dapodikmen adalah data pokok pendidikan menengah, bukan pendidikan dasar.
Waspada Email Berisi Surat Edaran Pemutakhiran Biodata Guru Tahun  2016
Kop Surat Aspal


Sebagaimana kita ketahui dapodikdas adalah aplikasi data pokok pendidikan sekolah dasar. Sesuai dengan petunjuk resmi pada laman dapo.dikdas.kemdikbu.go.id yang beralamat di Komplek Kemdikbud Gedung E Lt 5, Jl. Jenderal Sudirman – Senayan Jakarta, 10270 , bahwa alamat email resmi dapodikdas adalah;
  • 1. sekretariat.dikdas@gmail.com 
  • 2. infopendataan.dikdas@gmail.com 
  • 3. koderegistrasi@gmail.com 
  • 4. dapodikdas2014@gmail.com 
  • 5. synchelperdapodikdas2013@gmail.com (khusus kasus sinkronisasi) 
  • 6. SMS Center : 085721025035. 
Kedua

Tanda tangan dalam surat tersebut jelas terlihat aneh, Stempel yang diberikan dalam surat tersebut juga hanya dibuat secara manual. Padahal Dalam surat resmi biasanya tanda tangan dan stempel berbentuk scan bukan hanya dibuat manual.
Waspada Email Berisi Surat Edaran Pemutakhiran Biodata Guru Tahun  2016
Stempel Aspal
Ketiga

Bahwa alamat email resmi dapodikdas adalah sebagaimana admin sebutkan di atas, sedang alamat layanan email Dapodik yang berlaku untuk jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan SLB dalam satu layanan adalah ;
  • 1. dapo.dikdasmen@kemdikbud.go.id 
  • 2. info.dikdasmen@kemdikbud.go.id 
  • 3. koderegistrasi@gmail.com.
Waspada Email Berisi Surat Edaran Pemutakhiran Biodata Guru Tahun  2016


Jadi alamat email yang tertera dalam surat kedinasan www.dapodikmen@gmail.com bisa admin pastikan palsu. Untuk itu admin harap agar menjadi perhatian kita semua, terutama pihak sekolah dan khususnya operator sekolah.

Demikian informasi yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat. Mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan, terima kasih dan wassalam.
Previous
« Prev Post

2 komentar: