Home » » Hindari Penyakit Ginjal Pada Anak

Hindari Penyakit Ginjal Pada Anak

Assalamu’alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada.

Sebagaimana kita ketahui selama ini penyakit ginjal cenderung menyerang pada orang dewasa, karena memang rata-rata orang yang terkena penyakit ini adalah orang dewasa. Hal ini bisa kita buktikan dengan melihat realita yang ada di sekitar kita bahwa orang yang terkena penyakit ini adalah orang dewasa, terutama orang yang sudah cukup berumur (tua).

Namun, selain menyerang orang dewasa, penyakit ginjal ternyata juga bisa menyerang anak-anak. Karena itulah, orang tua diminta untuk semakin meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat akan pentingnya pola hidup sehat dan deteksi dini penyakit ginjal pada anak.

Hindari Penyakit Ginjal Pada Anak
Penyakit Ginjal Pada Anak

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI), dr.Dhairmeizar, SpPD-KGH, saat peringatan Hari Ginjal Sedunia 2016 yang jatuh pada 10 Maret 2016, di Jakarta, kemarin.

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan orang tua untuk menjaga kesehatan ginjal anak? Menurut dr. Dhairmeizar, modifikasi gaya hidup merupakan faktor penting untuk menjaga kesehatan ginjal, termasuk untuk anak-anak. Sebab, anak-anak memiliki sifat meniru, terlebih meniru kebiasaan hidup orang tua.
Baca juga : Waspadai Bila Anak Balita Jago Main Ponsel Pintar
Jika orang tua sering mengonsumsi makanan tak sehat, jarang olahraga, jarang minum air putih dan lebih banyak bermalas-malasan di rumah, makan kelak anak akan mengikuti kebiasaan tersebut. Penyakit ginjal pun bisa menyerang orang tua dan anak.

”Orang tua sekarang rata-rata lebih suka makan di luar, karena alasannya tidak sempat masak. Jadi, kebanyakan makanannya fast food,” tutur dr. Dhairmeizar seperti dikutip dari Detik Health.

Oleh sebab itu, dr. Dharmeizar menyarankan untuk para orang tua agar memberikan contoh yang baik jika ingin anak-anaknya hidup sehat. Salah satunya dengan cara mengubah pola hidup.

Modifikasi yang bisa dilakukan misalnya dengan mengurangi asupan garam berlebihan, memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran serta mengurangi asupan lemak.

Jika orang tua memiliki berat badan berlebih, kolaborasi dengan anak untuk sama-sama mengatur jadwal olahraga rutin. ”Ini supaya berat badan bisa turun menjadi lebih ideal dan terkontrol. Olah raga teratur minimal 20 menit, 4-5 kali seminggu,” jelasnya.

Untuk orang tua perokok, ada baiknya mengurangi atau berhenti melakukan aktivitas tersebut. Sebab, selain buruk bagi kesehatan tubuh, merokok juga bisa membuat orang tua menjadi contoh buruk di depan anak. Ataupun jika terpaksa merokok karena sudah menjadi kebiasaan, alangkah baik untuk menjauh dari anak-anak.

Yang terpenting, orang tua juga harus mempunyai pengetahuan yang baik mengenai deteksi dini penyakit ginjal. (health.detik.com)

Demikian informasi keluarga yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat, terima kasih dan wassalam.

Image source: http://www.kidneydiseasetreatment.space/2015/07/07/kidney-disease-in-children/
Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment