Home » » Buku Sekolah Elektronik (BSE) , Sumber Belajar Alternatif bagi Siswa

Buku Sekolah Elektronik (BSE) , Sumber Belajar Alternatif bagi Siswa

Assalamu’alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada.

Untuk menyediakan buku teks pelajaran yang bermutu dan murah serta merangsang minat baca pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik, pemerintah telah melakukan pengalihan hak cipta buku teks sebanyak kuranglebih 1220 judul pada satuan pendidikan SD, SMP, SMA, dan SMK dan dapat diperbanyak, digandakan, disebarluaskan, diperdagangkan oleh pihak manapun, serta tersedia dan dapat diakses/diunduh secara darling melalui laman http://bse.kemdikbud.go.id

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Repblik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Pasal 43 ayat (5) menyatakan bahwa kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikaan buku teks pelajaran ditelaah dan/atau dinilai oleh BSNP atau tim yang dibentuk oleh Menteri dan selanjutnya ditetapkan dangan Peraturan Menteri.
Buku Sekolah Elektronik (BSE) , Sumber Belajar Alternatif bagi Siswa
Buku Sekolah Elektronik (BSE)

Kegiatan penilaian buku teks pelajaran dilaksanakan oleh Pusat kurikulum dan Perbukuan sesuai tugas dan fungsi yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 1 Tahun 2012, yaitu "penyusunan kebijakan teknis pengembangan kurikulum, metodologi pembelajaran, perbukuan, dan sumber pembelajaran lainnya." Tugas dan fungsi tersebut dijabarkan lebih lanjut melalui penetapan kebijakan ketersediaan buku teks pelajaran yang terstandar.

Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2008 tentang buku pada Pasal 1 Ayat (3) disebutkan bahwa "Buku teks pelajaran pendidikan dasar, menengah, dan perguruan tinggi yang selanjutnya disebut buku teks adalah buku acuan wajib untuk digunakan di satuan pendidikan dasar dan menengah atau perguruan tinggiyang memuat materi pembelajaran dalam rangka peningkatan keimanan, ketakwaan, akhlak mulia, dan kepribadian, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, peningkatan kepekaan dan kemampuan estetis, peningkatan kemampuan kinestetis, dan kesehatan yang disusun berdasarkan standar nasional pendidikan."
Baca juga : Tips Mengatasi Anak Bosan Belajar
Pada Pasal 4 Ayat (1) disebutkan bahwa "Buku teks pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dinilai kelayakan-pakainya terlebih dahulu oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebelum digunakan oleh pendidk dan/atau peserta didik sebagai sumber belajar di satuan pendidikan. "Pasal 2 Ayat (2) dikatakan bahwa "Kelayakan buku teks sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan oleh Menteri".

Tujuan

Adapun kegiatan pengadaan buku murah melalui Buku Sekolah Elektronik (BSE) ini bertujuan untuk:
1. menyediakan sumber belajar alternatif bagi siswa.

2. merangsang siswa untuk berpikir kreatif dengan bantuan teknologi informasi dan komunikasi.

3. memberi peluang kebebasan untuk menggandakan, mencetak, memfotocopy, mengalihmediakan, dan/atau memperdagangkan BSE tanpa prosedur perijinan, dan bebas biaya royalti sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan Menteri.

4. memberi peluang bisnis bagi siapa saja untuk menggandakan dan memperdagangkan dengan proyeksi keuntungan 15% sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan Menteri.

Sasaran

Buku Teks Pelajaran Murah/Buku Sekolah Elektronik ditujukan untuk peserta didik dan seluruh masyarakat Indonesia. Buku Teks Pelajaran Murah/Buku Seklah Elektronik (BSE), baik dalam bentuk buku maupun rekaman cakram (CD/DVD? dapat digandakan dan diperdagangkan dengan ketentuan tidak melebihi Harga Eceran Tertinggi yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan Nasional dan memenuhi syarat serta ketentuan yang berlaku.

Ketentuan dan kebijakan mengenai Buku Murah Elektronik (BSE) beserta pengalihan hak cipta dan pengkajian harga eceran tertinggi (HET) dalam mendukung suksesnya program buku berkualitas dan murah ini tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 2 Tahun 2008 tentang buku.

Bagaimana Bapak Ibu Sahabat Kolom Edukasi, apakah Anda tertarik dengan Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang telah disediakan oleh Pemerintah sebagai bahan belajar alternatif bagi putra-putri Anda? Jika iya silahkan Anda mendownloadnya gratis melalui laman resmi http://bse.kemdikbud.go.id/ atau http://puskurbuk.net/. Dan untuk mengetahui pengkajian harga eceran tertinggi (HET) bisa mengunduh di sini.

Sekian informasi yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat, terima kasih dan wassalam.
Previous
« Prev Post

6 komentar:

  1. Saya kadang kadang juga mengunjungi situs bse kemendibud ini mas, walau hanya sekedar melihat-lihat dan pernah juga sih download buat sekedar bacaan untuk menambah ilmu, maklum dulu sekolah DO mas, "Rodo Mbeling" he..he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya Mas +Isrofi, buat nambah bahan bacaan bagus itu untuk anak/murid, apalagi free he...

      wahhh masa muda yang penuh cerita mas klo DO hehe... :D

      Delete
    2. Iya mas, cerita yang bisa jadi pengalaman hidup, kalau sebuah penyesalan itu tak akan pernah datang diawal. Moga bisa kembali di jalan yang lurus mas he...he... biar lempeng.

      Delete
    3. hehe iya Mas.. sippp!!!... ^_^

      Delete
  2. Dengan adanya Buku Sekolah Elektronik (BSE) ini sangat simpel ya... tanpa harus repot bawa bawa buku.. :)... saya juga suka akses Buku Sekolah Elektronik (BSE) pengen tau aja apakah masih sama dengan pelajaran saya dulu ... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhhe iya Mas Yono Karyono; mungkin isinya mirip-mirip juga sama pelajaran dulu, cuma metode pembelajarannya dan pengembangan isinya yang agak berbeda he :D

      Delete