Home » » Manfaat Udara dalam Atmosfer di Sekitar Bumi

Manfaat Udara dalam Atmosfer di Sekitar Bumi

Assalamu’alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada, semoga semuanya selalu dalam keadaan sehat amin.

Kali ini admin Kolom Edukasi sedikit akan membahas salah satu nikmat Tuhan yang diberikan kepada kita, agar kita lebih banyak bersyukur atas segala nikmat yang diberikan-Nya, tentunya sebagai pengingat admin juga.

Tanpa kita sadari sungguh banyak sekali nikmat Tuhan YME yang telah diberikan kepada kita. Namun, sadar atau tidak terkadang kita lupa bersyukur atas anugerah dan nikmat yang telah diberikan Tuhan kepada kita. Mungkin kita terlalu terlena dengan aktifitas sehari-hari, sehingga kita tidak sadar, bahwa kita bisa beraktiftas juga karena adanya nikmat tersebut.

Manfaat Udara dalam Atmosfer di Sekitar Bumi



Apakah nikmat tersebut? Salah satunya adalah udara, ya.. udara.... sesuatu yang nggak bisa dilihat, dicium, dan dimakan tapi bisa dirasakan saat ia bergerak menjadi angin.

Saat udara terasa panas karena terik matahari yang menyengat pada tubuh yang normal tentu akan mengeluarkan cairan yang disebut keringat, dan secara refleks manusia pasti akan mendinginkan tubuhnya dengan berbagai cara, seperti menyalakan AC, menggunakan kipas, atau minum minuman yang dingin dan sebagainya.
Begitu pula saat cuaca dingin, berbagai cara pun juga dilakukan manusia, seperti menyalakan api, minum minuman yang hangat, memakai jaket, selimut dan sebagainya.

Pada dasarnya, udara adalah kumpulan dari beberapa gas. Gas-gas paling utama adalah nitrogen dan oksigen. Udara juga mengandung berbagai macam unsur, termasuk uap air, debu, dan makhluk mikroskopis.

Bisakah kita hidup tanpa udara? Jawabannya, pasti tidak. Manusia tidak akan bisa hidup tanpa udara, itulah mengapa manusia tidak bisa tinggal di planet lain. Manusia juga tidak bisa tinggal di bulan. Tanpa udara, tidak akan ada kehidupan di muka bumi.
Baca juga info menarik lainnya : Para tokoh Dunia yang Dinilai Bodoh Saat Kecil
Tumbuhan menggunakan karbondioksida di dalam udara, bersama-sama dengan sinar matahari dan air, untuk menghasilkan makanan. Ketika memasak makanan di klorofil, tumbuhan menghasilkan oksigen, gas yang dibutuhkan manusia dan hewan untuk bernapas.

Planet Bumi juga diselubungi lapisan udara yang berbentuk atmosfer. Tebalnya beberapa kilometer. Atmosfer mempunyai tingkatan-tingkatan, seperti Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer, Ionosfer (beberapa ilmuwan menyebutkan bahwa ionosfer adalah perpanjangan dari termosfer, ionosfer tidak dapat dianggap sebagai lapisan atmosfer yang terpisah), dan Eksosfer.

Dan manusia menghirup udara pada tingkatan paling rendah, yaitu troposfer. Adapun pesawat terbang pada lapisan yang lebih atas, yatu stratosfer.

Begitu juga, tanpa kita sadari di tubuh kita juga terdapat udara. Di tubuh kita ada gas, misalnya oksigen yang mengalir pada darah kita. Luar biasa bukan ciptaan Tuhan yang satu ini?. Tanpa oksigen, tubuh kita tidak akan bisa berfungsi dengan baik.

Nah, itulah sekilas fakta tentang udara yang ada di sekitar kita. Tidak terlihat memang, tapi sangat besar manfaatnya buat manusia, hewan, tumbuhan, dan makhluk hidup lainnya.

Demikian sedikit informasi tentang Manfaat Udara dalam Atmosfer di Sekitar Bumi, semoga kita selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan Tuhan kepada kita . Sekian, mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan, terima kasih dan wassalam.
Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment