Home » » Sekilas Info Ujian Nasional 2016 bagi Siswa SMA dan SMK

Sekilas Info Ujian Nasional 2016 bagi Siswa SMA dan SMK

Assalamu’alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung setia Kolom Edukasi di manapun berada. Semoga selalu dalam keadaan sehat wal’afiat amin.

Tidak terasa Ujian Nasional tahun 2016 sudah berlangsung selama dua hari sejak pertama kali dilaksanakan. Dimana siswa SMA akan melaksanakan Ujian Nasional sampai hari Rabu (6/04) dan siswa SMK sampai hari Kamis (7/04).

Sekilas Info Ujian Nasional 2016 Bagi Siswa SMA dan SMK


Walaupun yang menghadapi UN tersebut adalah para peserta didik, namun orang tua perlu mengetahui sedikit hal-ihwal tentang UN tersebut.

Pertama, UN tahun ini akan diadakan menggunakan dua sistem. Beberapa sekolah ada yang menggunakan system Paper Based Test (UN-PBT) atau menggunakan kertas manual, dan beberapa sekolah lagi menggelarnya dengan UNBK atau UN Basis Komputer.
Baca sebelumnya : Peserta UN Berbasis Komputer tidak dipungut Biaya
Kedua, bagi siswa yang karena sesuatu hal tidak dapat mengikuti UN, diperkenankan untuk mengikuti ujian susulan. Bagi sekolah yang sudah menerapkan UNBK, ujian susulan dilaksanakan pada 18 hingga 20 April. Sementara sekolah yang masih menerapkan UN PBT, ujian susulan bakal dilangsungkan pada 11 hingga 13 April.

Ketiga, mulai tahun ini, hasil Ujian Nasional bukan menjadi penentu kelulusan. Yang memastikan lulus tidaknya murid tahun ini adalah hasil dari ujian sekolah. Nilai yang diperoleh dari UN berfungsi nanti sebagai satu hal yang dipertimbangkan saat masuk ke perguruan tinggi.
Baca juga : Ujian Nasional Perbaikan Fasilitasi Siswa Perbaiki Nilai UN
Keempat, bagi siswa yang memiliki nilai UN kurang baik dan berniat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi yang memiliki standard nilai UN yang tinggi, maka siswa tersebut bisa untuk mengikuti UN Perbaikan yang akan digelar sekitar bulan Agustus atau bulan Oktober. (Yanuar Jatnika) #sahabatkeluarga

Demikian sekilas info tentang pelaksanaan Ujian Nasional bagi siswa SMA dan SMK tahun 2016, semoga bermanfaat, terima kasih dan wassalam.
Previous
« Prev Post

6 komentar:

  1. Waw ujian tahun sekarang keren canggih lagi, hebatt dehh :)

    Mudah2han adik2 yang tahun ini lagi UN semoga LULUS semua dengan nilai yang sempurna dan dengan hasil kerja keras sendiri ... amin yra

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin Ya Robbal "Aalamiin.. iya Mas Mhan ^_^

      Delete
  2. kepada anak-anakku yang sedang menghadapi UN, semoga dengan kejujuran dan tekun belajar dapat melancarkan UN nya.
    di like ah G+ nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Iya Mas Thea.. terima kasih.. tunggu balasan saya hehe :D

      Delete