Home » » Anggaran Dipangkas, Kemendikbud Kurangi Perjalanan Dinas

Anggaran Dipangkas, Kemendikbud Kurangi Perjalanan Dinas

Assalamu'alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada.

Dampak dari pemangkasan anggaran yang dilakukan pemerintah di berbagai Kementerian sebagai penghematan/efesiensi belanja negara membuat Kemendikbud harus mengurangi perjalanan dinas. Pasalnya kemendikbud termasuk kementerian yang terkena pemangkasan anggaran.

Anggaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dipangkas sebesar Rp 6,5 triliun. Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Sekjen Kemendikbud) Didik Suhardi mengatakan Kemendikbud pun mulai mengurangi perjalan dinas sebagai cara penghematan anggaran.


Anggaran Dipangkas, Kemendikbud Kurangi Perjalanan Dinas

"Biaya rapat-rapat dan honor-honor kegiatan juga akan kita kurangi," kata Didik melalui pesan singkat kepada Republika.co.id, Senin (16/5).

Kemudian hal yang berkaitan tentang langganan daya dan jasa, iklan serta pembangunan gedung kantor baru pun jadi imbasnya. Hal yang pasti, lanjut dia, pengurangannya ada pada kegiatan lain yang bukan prioritas utama juga.

Sebelumnya, pemerintah akhirnya memangkas anggaran sebesar Rp 50,016 triliun dari total anggaran dalam APBN Tahun Anggaran 2016. Adapun Kementerian/Lembaga (K/L) yang mendapat pemotongan anggaran terbesar adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPERA) dan Kemendikbud.
Baca juga: PemerintahPangkas Anggaran Rp 50 Triliun: Kementerian PUPR Rp 8 Triliun dan Kemdibud Rp6,5 Triliun
Seperti dilansir laman setkab.go.id/pada Senin (16/5), dari total anggaran sebesar Rp 104,080 triliun, anggaran Kemen-PUPERA dipotong sebesar Rp 8,495 triliun. Kemudian anggaran Kemendikbud dari total Rp 49,232 triliun dipotong sebesar Rp 6,523 triliun. Pemotongan anggaran ini tertuang dalam lampiran Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2016 tentang Langkah-langkah Penghematan dan Pemotongan Belanja K/L.

Demikian informasi yang dapat admin share yang dikutip dari republika co.id. Semoga bermanfaat, terima kasih dan wassalam.
Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment