Asman Abnur Gantikan Yuddy Chrisnandi sebagai Menteri PANRB

Admin
Indra AE
July 28, 2016
Assalamu’alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada.

Salah satu Menteri yang masuk reshuffle kabinet jilid 2 adalah Yuddy Chrisnandi. Ia digantikan oleh Asman Abnur, anggota DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN).

H. Asman Abnur, S.E., M.Si adalah seorang pengusaha dan politisi Indonesia. Ia merupakan anggota DPR RI dari Kepulauan Riau. Asman yang merupakan putra Minangkabau asal Pariaman, lahir dari pasangan H. Aburuddin Hamzah dan Hj. Nurcahya. Ayahnya merupakan seorang pedagang emas di Tanjung Pinang dan Batam.

Asman Abnur Gantikan Yuddy Chrisnandi sebagai Menteri PANRB


Setelah menyelesaikan pendidikan sarjananya, Asman melanjutkan usaha orang tuanya berjualan emas. Dari usaha ini ia kemudian mengembangkan berbagai macam jenis usaha, diantaranya beberapa unit SPBU, sejumlah restoran, apotek, pusat kebugaran, Bank Perkreditan Rakyat Konvensional & Syariah, dan money changer. Karena aktif di dunia usaha, ia pernah memegang berbagai posisi penting, diantaranya Ketua HIPMI Batam dan Ketua Kadin Batam. Kini aktivitas bisnisnya merentang antara Batam, Singapura, dan Jakarta.

Asman memulai kariernya di bidang politik dengan menduduki kursi DPRD Kota Batam (1999-2004). Ia kemudian menjabat Wakil Walikota Batam, sebelum akhirnya mengundurkan diri karena ingin mencalonkan diri menjadi wakil rakyat di DPR RI. Pada tahun 2004 ia menjadi anggota DPR RI dari Fraksi PAN (Partai Amanat Nasional).

Hingga saat ini ia masih menduduki kursi parlemen mewakili daerah pemilihan Kepulauan Riau. Di DPR RI ia pernah menjabat sebagai Ketua Komisi X dan Ketua Panitia Kerja (Panja) BUMN.

Selain aktif di dunia bisnis dan politik, Asman juga terjun mengurusi urusan sosial-keagamaan. Di Batam, ia membangun Masjid Jabal Arafah (MJA) serta tempat wisata religi MJA Tower setinggi 58 meter. Ia menikah dengan Zas Juniarti dan dikaruniai dua orang anak.
Baca juga: Tugas Sebagai Menteri Selesai, Yuddy Pamit Kembali ke Kampus
Asman Abnur lahir di Padang Pariaman, Sumatera Barat, 2 Maret 1961. Saat ini menjabat sebagai anggota DPR RI Fraksi PAN Masa jabatan 1 Oktober 2004 – 1 Oktober 2019. Sebelumnya, Asman pernah menjabat sebagai Wakil Walikota Batam ke-1 Masa jabatan 2001 – 2004.

Suami Zasjuniarti dan ayah dua anak ini lulus SMEA Tanjung Pinang (1979), D3 FE Akutansi Universitas Andalas, Padang (1983), S1 FE Universitas Ekasakti, Padang (1990), S2 Magister Sains (Msi) Universitas Airlangga, Surabaya (2004). (HUMAS MENPANRB)

Demikian info yang dapat admin share sebagaimana dikutip dari laman menpan.go.id. Semoga bermanfaat, terima kasih dan wassalam.

Thanks for reading Asman Abnur Gantikan Yuddy Chrisnandi sebagai Menteri PANRB | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

2 komentar on Asman Abnur Gantikan Yuddy Chrisnandi sebagai Menteri PANRB

  1. Semoga menpan rb yang baru bisa menyelesaikan permasalahan Honorer K2 ini yang masih terkendala oleh beberapa aturang yang merugikan para Honorer K2, kasihan sekali nasib para Honorer ini, termasuk saya sudah mengabdikan diri ke negara ini selama 15 tahun! Akan tetapi belum juga ada perhatian dari Pemerintah!

    ReplyDelete