Memahami Pengertian Orang Tua Terlibat dalam Pendidikan Anak

Admin
Indra AE
July 23, 2016
Assalamu’alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada.

Orang tua memang diharapkan terlibat dalam pendidikan anak di sekolah. Namun, apakah itu berarti orang tua harus ikut terlibat dalam setiap tugas yang diberikan sekolah pada siswanya?

Psikolog anak dari RaQQI Consulting Ratih Zulhaqqi, M.Psi, mengatakan, orang tua memang harus ‘ada’ dalam proses pembelajaran anak di rumah dan di sekolah. Namun, pengertian 'Ada' itu, bukan berarti orang tua harus selalu ikut campur ketika anak mengerjakan tugas sekolah.

Memahami Pengertian Orang Tua Terlibat dalam Pendidikan Anak


Ketika anak mendapat tugas kliping misalnya, sebagian orang tua cenderung mengerjakan tugas kliping tersebut untuk anak mereka. Padahal seharusnya orang tua hanya perlu membimbing anak dalam proses pembuatan tugas kliping tersebut. Dengan begitu, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang menghargai nilai dan proses bukan hasil akhir semata.

"Ada untuk anak bukan berarti menghilangkan kemampuan anak untuk berbuat sendiri," pesan Ratih, seperti yang dikutip portal republika.com.

Ratih juga bicara tentang mengantar anak di hari pertama sekolah. Menurutnya, mengantar anak di hari pertama masuk sekolah memiliki dampak yang cukup besar bagi pendidikan anak. Akan tetapi, ketika anak memasuki masa remaja, orang tua perlu meminta pendapat anak sebelum mereka mengantar anak ke sekolah di hari pertama.
Baca juga: Rumah, Kunci Sukses Pola Asuh dan Pendidikan Anak
Dikatakannya, kehadiran orang tua diperlukan oleh anak-anak yang baru masuk SD. Kehadiran orang tua ini dapat membantu anak-anak dengan tingkat kecemasan yang tinggi terhadap lingkungan baru untuk bisa beradaptasi dengan lebih baik.

Akan tetapi, ketika anak memasuki masa remaja dan duduk di bangku SMP atau SMA, orang tua tidak perlu memaksa untuk mengantar anak ke sekolah di hari pertama. Sebaliknya, Ratih mengatakan orang tua perlu meminta pendapat anak apakah anak bersedia untuk ditemani di hari pertama sekolah.

"Di usia ini kita (orang tua) perlu tanya, misalnya 'Ayah atau Bunda boleh nggak nemenin kamu MOS?'," ujarnya.

Pertanyaan tersebut penting untuk diajukan kepada anak remaja untuk menjaga kenyamanan mereka. Jika anak berani ke sekolah dan tidak ingin ditemani, Ratih mengatakan orang tua tidak boleh memaksa anak.

Bentuk perhatian terhadap anak yang baru masuk SMP atau SMA, kata ratih, orang tua dapat menanyakan apakah anak merasa senang ketika berada di sekolah baru hingga meminta anak bercerita mengenai teman-teman baru anak. *Yanuar Jatnika #sahabatkeluarga.go.id

Demikian info mengenai Memahami Pengertian Orang Tua Terlibat dalam Pendidikan Anak, semoga bermanfaat, terima kasih dan wassalam.

Thanks for reading Memahami Pengertian Orang Tua Terlibat dalam Pendidikan Anak | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Memahami Pengertian Orang Tua Terlibat dalam Pendidikan Anak

Post a Comment