Home » , » BKN dan Kemenhan RI Sepakati Segera Lakukan Rekonsiliasi Selesaikan Status 3.467 PNS

BKN dan Kemenhan RI Sepakati Segera Lakukan Rekonsiliasi Selesaikan Status 3.467 PNS

Assalamu'alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung setia Kolom Edukasi di manapun berada.

Komitmen BKN untuk mencari status PNS yang masih belum jelas statusnya pada pelaksanaan e-PUPNS terus dilakukan. Hal ini sebagai upaya untuk memastikan keberadaan PNS yang bersangkutan dan status yang ada.

Hingga saat ini, sebagaimana yang disampaikan oleh Direktur Pengolahan Data dan Informasi Kepegawaian BKN Sabar P. Sormin jumlah PNS yang belum melakukan regristasi per tanggal 31 Juli 2016 sebanyak 10.132 yang terdiri dari 3.467 PNS yang berada di Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan Kepolisian RI, 1.169 orang yang vakum premi dan PNS Bulog, serta 4.016 orang yang dinyatakan memasuki batas usia pensiun (BUP), tidak aktif dan tidak ada di daftar gaji.


BKN dan Kemenhan RI Sepakati Segera Lakukan Rekonsiliasi Selesaikan Status 3.467 PNS


Menyikapi masalah PNS yang belum melakukan registrasi dari Kemenhan yang sempat mencuat di media, pihak Kemenhan langsung menindaklanjuti dengan melakukan koordinasi ke BKN. Kunjungan itu langsung diterima Direktur Pengolahan Data dan Informasi Kepegawaian Sabar P. Sormin di ruang kerjanya, Jumat (12/8/2016).

Dalam penjelasannya, Sabar menyampaikan bahwa data yang ada di BKN akan tetap ada apabila tidak ada keterangan bahwa yang bersangkutan telah mutasi, meninggal atau berhenti. “Sebagai instansi yang mengeluarkan NIP, BKN akan tetap menjaga dan tidak bisa mengubah tanpa ada informasi dari instansi,” jelas Sabar.
Baca juga: BKN Blocking Layanan Kepegawaian Kepada 93.721 PNS yang Tidak Registrasi PUPNS
Pada pertemuan itu disepakati bahwa perlu untuk segera menindaklanjuti permasalahan ini dengan mengadakan pertemuan antara BKN dan Kemenhan serta instansi yang berada di bawahnya. Hasil pertemuan ini akan disampaikan ke pimpinan Kemenhan untuk segera dilakukan pertemuan antara BKN dengan Kemenhan.

Sabar menjelaskan bahwa pada pertemuan yang akan diinisiasi oleh Kemenhan, BKN akan menyiapkan jumlah PNS yang statusnya belum melakukan regristasi lengkap dengan NIP dan instansi mana saja, baik Kemenhan, TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Udara maupun Polri. Dengan adanya sinkronisasi data, permasalahan PNS yang belum regristasi e-PUPNS ini diharapkan dapat tuntas terselesaikan.

Sebelumnya setelah meresmikan UPT BKN Semarang Rabu, (10/8) , Kepala BKN Bima Haria Wibisana sempat menyampaikan kepada pihak pers bahwa hasil verifikasi e-PUPNS memperlihatkan masih terdapat 4.500 PNS yang berasal dari lingkungan TNI-Polri yang belum teridentifikasi.
Info lainnya: PUPNS Adalah Pendataan Ulang Bukan Pendaftaran Ulang
Data update verifikasi e-PUPNS di BKN memperlihatkan angka 4.500 sebelumnya telah menyusut menjadi 3.467 dan angka tersebut akan terus bergerak. Pada prinsipnya jumlah tersebut merupakan PNS yang NIP nya benar dikeluarkan BKN, hanya saja BKN belum menerima laporan status terakhir dari pihak instansi terkait. Diharapkan angka tersebut akan tuntas melalui rekonsiliasi yang akan segera dilakukan BKN dengan pihak Kemenhan. (des/fhu)

Demikian info yang dapat admin share sebagaimana dikutip dari laman resmi bkn.go.id. Semoga bermanfaat, terima kasih dan wassalam.
Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment