Home » » Cara Mudah Instal Font Arabic di Windows 10

Cara Mudah Instal Font Arabic di Windows 10

Assalamu'alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung setia Kolom Edukasi di manapun berada.

Anda pengguna Windows 10 dan ingin menginstal font Arabic di laptop tapi masih bingung bagaimana caranya?. Selamat! Anda termasuk salah satu Pengunjung yang beruntung kali ini, karena telah membuka dan membaca artikel ini.

Kali ini admin Kolom Edukasi akan membantu Anda yang masih mengalami kesulitan untuk menginstal font Arabic di Windows 10 pada laptop/PC Anda.

Cara Mudah Instal Font Arabic Di Windows 10



Ohya, pada dasarnya menginstal font Arabic di laptop/PC yang menggunakan OS Win10 caranya kurang lebih sama saat Anda menginstal font Arabic di Windows7 dan 8, yaitu menggunakan menu Control Panel dengan cara klik mouse sebelah kanan pada menu start sebelah bawah kiri desktop (untuk tutorialnya silahkan Anda baca pada Tips dan Tutor; Cara Menginstal Font Arab di Windows7, 8 dan 10).

Selain itu, ada cara lain yang lebih mudah yang bisa kita gunakan untuk memunculkan font Arabic di Windows10. Untuk tutorialnya silahkan Anda simak baik-baik panduan berikut ini.

Pertama, silahkan buka menu Setting dengan cara klik mouse sebelah kiri pada menu start sebelah bawah kiri desktop (lihat gambar 0.1).

gambar 0.1

Kedua, setelah Anda klik nanti akan muncul menu SETTING seperti gambar di bawah ini (lihat gambar 0.2), kemudian pilih Time & Language.

Cara Instal Font Arabic Di Windows 10
gambar 0.2

Ketiga, pada menu setting TIME & LANGUAGE pilih Region & language (lihat gambar 0.3).

Instal Font Arabic Di Windows 10
gambar 0.3

Keempat, pada menu setting REGION & LANGUAGE silahkan pilih Add a language (lihat gambar 0.4).

Cara Mudah Instal Font Arabic Di Win10
gambar 0.4

Kelima, pada menu ADD A LANGUAGE silahkan pilih bahasa العربية /Arabic (lihat gambar 0.5). Jika Anda ingin menginstal bahasa selain Arabic caranya kurang lebih sama.

Cara Instal Font Arabic Di Win10
gambar 0.5

Keenam, pada menu Setting العربية silahkan pillih jenis font Arabic yang Anda inginkan (admin sarankan untuk memilih Arabic (Saudi Arabia) atau Arabic (Egypt) (lihat gambar 0.6). Jika Anda ingin mencoba jenis font yang lain silahkan bereksperimen sendiri.

Cara Mudah Instal Font Arab Di Windows 10
gambar 0.6

Terakhir, Selamat! Font Arabic pilihan Anda sudah terinstal di laptop/PC Anda.

Untuk mengetahui apakah font Arabic sudah terinstal dengan benar di laptop/PC Anda silahkan cek pada menu Language preferences pada menu Taskbar sebelah bawah kiri desktop (lihat gambar 0.7).

Cara Mudah Instal Huruf Arab Di Windows 10
gambar 0.7

Jika sudah muncul pilihan bahasa sebagaimana gambar 0.7 di atas berarti tinggal mempraktekkannya pada lembaran Ms Word Anda. Untuk panduan cara mengetik, memberi harakat dan sebagainya silahkan baca pada artikel Tutorial di blog ini.

*Update: apabila Anda ingin melihat Cara Instal Font Arabic versi video silahkan simak tutorialnya di bawah ini.





Demikian tutorial Cara Mudah Instal Font Arabic Di Windows 10. Semoga bermanfaat, terima kasih dan wassalam.

*Catatan; untuk memperjelas silahkan klik gambarnya
Previous
« Prev Post

2 komentar:

  1. Wah enak banget nih mas untuk bisa menulis bahasa arap kita tinggal instal saja di laptop kesayangan kita ya. Terimakasih informsinya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Om Indra Kusuma Sejati, mudah bingitt... he

      Sama-sama dan terima kasih kembali telah mampir Om ^_^

      Delete