Home » » Empat Cara Memaksimalkan Potensi Kecerdasan Anak

Empat Cara Memaksimalkan Potensi Kecerdasan Anak

Assalamu’alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada.

Orang tua dan guru sebaiknya mempelajari teori kecerdasan majemuk dan mekanisme kerja otak dalam mendidik anak.

Sikap dan kata-kata yang kasar pada anak sangat mungkin mengganggu perkembangan kecerdasan anak. Berikut empat cara memaksimalkan potensi kecerdasan anak.

Empat Cara Memaksimalkan Potensi Kecerdasan Anak


Pertama, hentikan membentak dan menghujat anak. Bentakan dan hujatan yang terlalu sering diberikan pada anak bukanlah suatu hukuman yang dapat membuat jera.

Hal ini dapat berakibat fatal untuk perkembangan mentalnya. Anak yang terbiasa dibentak dan dihujat, akan menjadi pribadi yang mudah marah, tidak percaya diri, pemberontak, kecerdasan terhambat dan berbagai dampak negatif lainnya.

Kedua, pahami bahwa setiap anak mempunyai potensi kecerdasan yang berbeda-beda. Pakar kecerdasan majemuk Howard Gardner mengemukakan bahwa ada delapan kecerdasan yang dimiliki oleh manusia, yaitu bahasa, musik, logika-matematika, spasial, kinestetis-tubuh, intrapersonal, interpersonal, dan naturalis. Jadi setiap anak memiliki kecerdasannya masing-masing.
Baca juga: EmpatMetode Ini Mampu Tingkatkan Kecerdasan Bahasa Anak
Ketiga, berikan motivasi dan ciptakan rasa aman pada anak. Rasa aman penting diberikan oleh setiap pendidik kepada anak-anaknya, karena kondisi ini suatu stimulus yang dapat merangsang anak untuk lebih kreatif.

Proses ini harus didukung dengan pemberian motivasi secara intens, agar anak semakin percaya diri dan bersemangat untuk terus berkarya dan mengembangkan potensinya.

Keempat, mensyukuri karunia Tuhan dengan cara menjaga generasi muda agar tetap terjaga dan mempunyai visi misi hidup yang berorientasi pada kebaikan-kebaikan bangsa ini. (Feny Nida Fitriyani, mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Demikian info yang dapat admin share sebagaimana dikutip dari laman sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id. Semoga bermanfaat, terima kasih dan wassalam.
Previous
« Prev Post

2 komentar:

  1. Mengembangkan potensi anak memang dimulai sejak dini. Dibutuhkan waktu, mental dan pengetahuan yang tidak sekedar sambilan melainkan fokus. Karena kesempatan mengembangkan potensi anak hanya sekali, Maka jangan sia siakan. Salam kenal. Criing
    Deco

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap Anda benar sekali Mas Deco, salam kenal juga.. Ting tong :)

      Delete