Home » » Kisi-Kisi Materi PLPG Terbaru Tahun 2016

Kisi-Kisi Materi PLPG Terbaru Tahun 2016

Assalamu’alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung setia Kolom Edukasi di manapun berada.

Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru atau disingkat PLPG adalah program yang diadakan Pemerintah bagi guru yang sudah memenuhi syarat untuk menerima tunjangan profesi (sertifikasi) agar dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru terutama dalam membimbing siswa-siswinya.

PLPG sendiri hadir sebagai pengganti dari porptofolio yang dinilai kurang maksimal dalam menjaring guru agar lulus sertifikasi.

Kisi-Kisi Materi PLPG Terbaru Tahun 2016


Adapun tujuan PLPG secara ringkas adalah untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru peserta sertifikasi yang belum mencapai batas minimal skor kelulusan pada penilaian portofolio dan untuk menentukan kelulusan peserta sertifikasi guru dalam jabatan yang belum lulus dalam penilaian portofolio.

Selain itu tujuan diadakannya PLPG adalah untuk mendapatkan tanda bukti gelar "Guru Profesional" guna menambah penghasilan guru melalui tunjangan profesi sebagai peningkatan taraf ekonomi dan kesejahteraan hidup guru-guru.
Baca juga artikel lainnya: Hasil UKG Dijadikan Landasan Program Guru Pembelajar
Setelah sertifikasi maka ada tunjangan yang cukup besar dalam triwulan tentu dengan kerja yang berbeda ke arah penggunaan kompetensi sebagai seorang guru profesional sehingga tanggung jawabnya terhadap keberhasilan siswa akan menjadi jauh lebih besar seiring harapan peningkatan pendidikan nasional melalui sistem sertifikasi guru ini.

Peserta

Peserta PLPG adalah guru peserta sertifikasi yang belum lulus pada penilaian portofolio dan direkomendasikan untuk mengikuti PLPG oleh Rayon LPTK penyelenggara sertifikasi bagi guru dalam jabatan.

Syarat sertifikasi jalur PLPG

Syarat umum Guru Harus masih aktif mengajar.

Syarat khusus :
  • a. Memiliki kualifikasi akademik S1/DIV yang sejalan dari program studi terakreditasi. 
  • b. Memiliki masa kerja sebagai guru PNS /bukan PNS minimal 6 tahun. 
  • c. Guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan yang belum mamiliki kualifikasi akademik dengan ketentuan tertentu.

Materi PLPG

Materi PLPG mencakup empat kompetensi guru, yaitu: (1) pedagogik, (2) profesional, (3) kepribadian, dan (4) sosial. Jabaran rinci materi PLPG ditentukan oleh LPTK penyelenggara sertifikasi dengan mengacu pada rambu-rambu yang ditetapkan oleh Dirjen Dikti/Ketua Konsorsium Sertifikasi Guru.

Bagi Anda yang sudah terdaftar dalam daftar calon peserta sertifikasi guru tahun 2016 tidak ada salahnya untuk mempelajari kisi-kisi materi PLPG yang telah disediakan pemerintah dalam hal ini kemdiknas melalui situs sergur.kemdiknas.go.id.

Untuk caranya adalah sebagai berikut:
• Pertama, Silahkan buka situs sergur di atas atau langsung bisa klik di sini,

• Kedua, setelah Anda masuk ke laman beranda/utama silahkan klik tautan terkait Kisi-kisi Materi PLPG (lihat tanda panah pada gambar 0.1 di bawah).

Kisi-Kisi Materi PLPG Terbaru Tahun 2016
Gambar 0.1
• Ketiga, setelah masuk pada dashboard utama Kisi-kisi Materi PLPG 2016 silahkan pilih materi PLPG sesuai dengan bidang studi yang Anda ampu lalu klik. Misal kode 027 Kisi Guru Kelas SD (lihat gambar 0.2).

Kisi-Kisi Materi PLPG Tahun 2016
Gambar 0.2
• Keempat atau terakhir silahkan Anda memilih untuk membaca atau mengunduh kisi-kisi tersebut pada menu pilihan yang telah disediakan (file berbentuk pdf), (lihat gambar 0.3).

Materi PLPG Tahun 2016


Nah.. dari sini saya kira sudah cukup jelas bagaimana cara mengunduh Kisi-Kisi Materi PLPG Terbaru Tahun 2016 atau sekedar membacanya pada laman sergur.kemdiknas.go.id. Semoga bermanfaat, terima kasih dan wassalam.
Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment