Lulusan IPDN Akan Dijadikan Role Mode Penyebaran ASN

Admin
Indra AE
September 27, 2016
Assalamu’alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada.

Lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) angkatan XXIII direncanakan menjadi role model dalam penyebaran aparatur sipil negara di Indonesia, hal tersebut disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur dalam acara Upacara Penyerahan Keputusan Menteri Dalam Negeri tentang Pengangkatan CPNS dan Penjelasan Program Orientasi Lulusan Angkatan XXIII Tahun 2016, di IPDN, Senin (26/9).

Lulusan IPDN Akan Dijadikan Role Mode Penyebaran ASN

Dalam kesempatan tersebut ia menjelaskan jika penempatan ASN yang berasal dari sekolah ikatan dinas belum merata, untuk itu pemerintah dalam hal ini Kementerian PANRB akan melakukan penyebaran ASN secara merata disejumlah wilayah di Indonesia.

Lulusan IPDN ke XXIII akan dijadikan role model dalam penugasannya sebagai aparatur, hal demikian dilakukan agar tidak ada lagi daerah yang kekurangan atau bahkan kelebihan ASN.

"Kalau sebelumnya kan lulusan IPDN dikembalikan ke daerah asal, nah sekarang angkatan ke XXIII kita jadikan role model penyebaran aparatur. Jadi dimana wilayah yang membutuhkan ASN kita tempatkan disitu," katanya.
Baca juga: Lulusan Perguruan Tinggi Terbaik Diprioritaskan Menjadi PNS
Dikatakannya jika hal tersebut berhasil dilakukan, maka akan ditularkan kepada sekolah ikatan dinas lain, seperti perhubungan, keuangan dan lain lain. Kendati demikian untuk mencegah penumpukan ASN disuatu wilayah, pihaknya berencana akan membuat kontrak kepada ASN bersangkutan untuk tidak kembali ke kota asal.

"Nanti kita buat kontrak semisal berapa tahun gak boleh balik ke daerah asal atau kota, kan sekarang tidak sedikit yang baru 3 bulan didaerah tapi minta kembali ke kota, jadi penumpukan ASN terjadi," ucapnya.

Ia berharap dengan upaya tersebut penyebaran ASN dalam hal ini lulusan sekolah ikatan dinas dapat merata, serta tidak menumpuk pada kota besar semata. Selain itu hal tersebut juga dilkukan sebagai upaya dari instruksi Wakil Presiden yang mengininginkan ASN tidak terkotak-kotak serta menjadi perekat bangsa. (byu/HUMAS MENPANRB)

Demikian info yang dapat admin share sebagaimana dikutip dari laman menpan.go.id. Semoga bermanfaat, terima kasih dan wassalam.

Thanks for reading Lulusan IPDN Akan Dijadikan Role Mode Penyebaran ASN | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Lulusan IPDN Akan Dijadikan Role Mode Penyebaran ASN

Post a Comment