Rahasia Ni Putu Rista, Bocah Ajaib Asal Bali Bisa Kuasai 23 Bahasa

Admin
Indra AE
September 18, 2016
Assalamu’alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada.

Anak adalah salah satu anugerah Tuhan yang harus dirawat dan dididik dengan baik. Mempunyai anak yang berbakat merupakan kebanggaan tersendiri bagi orangtua.

Meskipun begitu, bakat dengan berbagai macam dan karakteristiknya, tanpa diasah dan dilatih akan terasa sia-sia.

Sebagaimana Ni Putu Rista (10) putri dari pasangan Ni Nyoman Parmi dan I Wayan David asal Banjar Kidulung Kreteg, Desa Besakih, Bali yang dijuluki bocah ajaib karena kemampuannya menghafal 23 bahasa.

Rahasia Ni Putu Rista, Bocah Ajaib Asal Bali Bisa Kuasai 23 Bahasa
Image: @facebook/mully ketut

Ia kini menjadi topik pembicaraan di Besakih dan media sosial karena memiliki kemampuan yang jarang dimiliki sebagian orang yakni menguasai puluhan bahasa asing.

Seperti dikutip dari tribunnews.com (13/9/2016 ), Rista merupakan bocah penjual post card (kartu pos) di Besakih, ia tenar lantaran bisa 21 bahasa asing.

Tak hanya terkenal di lingkup Nasional, sebagian wisatawan luar pun heran akan kemampuan Rista, bocah yang kini duduk dibangku kelas IV SD.

Anak yang tinggal di bawah kaki Gunung Agung itu cukup lincah bertutur dengan bahasa asing. Wisatawan yang ditawari post card pun heran dengan kemampuannya saat menawarkan kartu post tersebut.
Baca juga: Empat Metode Ini Mampu Tingkatkan Kecerdasan Bahasa Anak
Salah satu daya tarik Rista saat jualan adalah ia mampu menggunakan bahasa sesuai asal Negara sang wisatawan. Dan itu dilakukan setiap hari secara terus menerus.

Rista mengaku mengerti Bahasa Belanda, Denmark, Hongaria, Polandia, Slovakia,Luxemburg, Inggris, Jepang, Macedonia, Norwegia, Spanyol, Jerman, Portugal, Prancis, Italia, Rusia, Thailand, Korea, Rumania, Slovenia, dan Ceko.

"Tambah Bahasa Bali dan Indonesia, jadinya 23,” jelas Rista.

Dari 21 bahasa yang dimengerti, empat bahasa sudah dikuasainya. Yakni Bahasa Prancis, Jerman, Belanda, dan Inggris.

Setiap hari, katanya, empat bahasa digunakan untuk menawarkan post card ke wisatawan. Pengunjung yang datang ke Besakih kebanyakan dari Perancis, Belanda, Inggris, dan Jerman. Untuk sisanya, diakui Rista, belum dikuasai alias belum lihai mengucapkan.

Sedangkan bahasa Spanyol dan Jepang, kini mulai lancar untuk diucapkan. “Jika disuruh menawarkan post card atau kenalan dengan 21 bahasa, saya bisa. Kalau sudah bahas hal lain nggak bisa, tapi ngerti maksudnya,”jelasnya.

Rahasia Kuasai Bahasa Asing

Putri pasangan dari Ni Nyoman Parmi dan I Wayan David ini mengungkapkan, 21 bahasa yang dimengerti diperoleh secara otodidak. Bukan didapat dari sekolah, apalagi les private dirumah.

Rista mengaku mengerti 21 bahasa asing dari wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Besakih, Rendang. Cara belajarnya dengan system tradisional. Ucapan wisatawan yang tak dimengerti, katanya, ditulis lalu diterjemahkan. Setelah itu dihafalkan, hingga benar-benar hafal.
Info lainnya: Empat Cara Memaksimalkan Potensi Kecerdasan Anak
Dan proses untuk menghafal kosa kata dilakukan diluar jam sekolah, sehingga tidak mengganggu aktivitas belajar dirumah dan dikelas.

“Perhari, 100 kosa kata dari berbagai Negara saya tulis, terjemahkan, dan dihafal. Kegiatan ini tak sampai mengganggu sekolah atau belajar saya,”akuinya.

Proses untuk mempelajari 21 bahasa asing dilakukan sejak umur 5 tahun. Saat itu Rista sudah berjualan dengan ibunya.

Di umur 7 tahun, bocah berperawakan kurus yang hidup sedarhana ini sudah mahir menggunakan bahasa Prancis, Jerman, Belanda dan Inggris. Dan sering digunakan berkomunikasi.

Dengan harapan barang dagangannya laris terjual, Rista mempelajari bahasa yang lain ketika berumur 8 hingga 9 tahun.

Seperti bahasa Belanda, Denmark, Hongaria, Polandia, Slovakia, Luxemburg, Jepang, Macedonia, Norwegia, Spanyol, Portugal, Italia, Rusia, Thailand, Korea, Rumania, Slovenia, serta Ceko.

“Sekarang masih mendalami bahasa yang lain. Cita-cita saya jadi Guide, semua bahasa harus dipahami dan dimengerti,” jelas Ni Putu Rista.

Wah... cita-cita yang mulia Rista, semoga terkabul apa yang kamu harapkan amin. Demikian info yang dapat admin share, semoga bermanfaat, terima kasih dan wassalam. (sumber: tribunnews.com, diedit kembali oleh admin Kolom Edukasi).

Thanks for reading Rahasia Ni Putu Rista, Bocah Ajaib Asal Bali Bisa Kuasai 23 Bahasa | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Rahasia Ni Putu Rista, Bocah Ajaib Asal Bali Bisa Kuasai 23 Bahasa

Post a Comment