Home » , , » Waspada Virus Zika Ada Disekitar Kita

Waspada Virus Zika Ada Disekitar Kita

Assalamu'alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada.

Dalam rangka melindungi masyarakat Indonesia terhadap kemungkinan tertular penyakit virus Zika yang berasal dari luar negeri, Pemerintah dalam hal ini Departeman Kesehatan telah mengambil tindakan untuk mencegah kemungkinan masuknya virus dari luar yang dibawa oleh orang luar atau orang Indonesia sehabis berpergian ke luar negeri. Mengingat juga begitu tingginya intensitas lalu lintas barang dan manusia lintas negara.

Waspada Virus Zika Ada Disekitar Kita

Saat ini virus Zika sudah menyerang beberapa negara di dunia, bahkan pemerintah setempat telah menetapkan kejadian luar biasa (KLB) atas penyebarannya.
Baca sebelumnya: Pemerintah Keluarkan Travel Advisory Terkait Virus Zika
Sebagaimana diketahui, virus Zika merupakan sejenis virus yang menjangkiti manusia dan disebarkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

Beberapa gejala/tanda yang ditimbulkan virus ini antara lain;

1. Mata merah, sakit kepala, demam mendadak dan badan terasa lemas.

2. Timbulnya kemerahan pada kulit badan.
3. Nyeri pada otot dan sendi.

4. Virus ini dapat ditularkan dari ibu hamil kepada bayinya selama masa kehamilan. Bahkan menurut beberapa sumber bayi yang lahir dari ibu yang terinfeksi virus Zika bisa menyebabkan kelainan pada kepala, yaitu berupa pengecilan bentuk kepala.

5. Nyamuk bisa terinfeksi virus Zika bila menghisap darah seseorang yang telah terjangkiti. Begitu sebaliknya, nyamuk yang telah terinfeksi bisa menyebarkan virus Zika ke orang lain yang digigitnya.
Baca juga: Virus Zika Serang Singapura, Kemenkes Perketat Pemantauan Warga di Pelabuhan danBandara
Cara Pengobatan bila telah terinfeksi virus Zika;

1. Bila sudah ada gejala seperti disebutkan di atas, segera periksakan ke dokter, puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk memastikan terjangkiti atau tidak.

2. Istirahat yang cukup

3. Banyak minum cairan untuk mencegah dehidrasi

4. Saat ini belum ada vaksin atau obat tertentu untuk mengobati infeksi virus Zika.

Pencegahan;


Lakukan 3M PLUS, yaitu Menguras, Menutup, Memanfaatkan barang bekas & Plus kegiatan pencegahan, seperti menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air, menggunakan obat anti naymuk, kelambu, memakai obat oles anti nyamuk dan sebagainya.

Demikian info yang dapat admin share, semoga menjadi perhatian kita terutama untuk menjaga keluarga dan lingkungan sekitar kita dari kemungkinan penyebaran virus Zika dengan melakukan pencegahan-pencegahan sebagaimana disebutkan di atas. Terima kasih, semoga bermanfaat dan wassalam.

Sumber resmi: promkes.depkes.go.id dan kemkes.go.id (diedit kembali oleh admin kolomedu).
Previous
« Prev Post

2 komentar: