Home » » Buku-buku Bahan Bacaan Literasi Pilihan Cerita Rakyat dari 34 Provinsi

Buku-buku Bahan Bacaan Literasi Pilihan Cerita Rakyat dari 34 Provinsi

Assalamu'alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada.

Dalam rangka mendukung Gerakan Literasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa telah melaksanakan kegiatan penulisan bahan cerita rakyat dari 34 Provinsi di seluruh Indonesia sebagai Buku bacaan cerita rakyat.

Buku bacaan cerita rakyat ini merupakan karya sastra pilihan yang diseleksi oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Buku-buku Bahan Bacaan Literasi Pilihan Cerita Rakyat dari 34 Provinsi


Sebagaimana dikutip dalam kata pengantar Buku-buku bacaan literasi pilihan oleh Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum, Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Karya sastra tidak hanya merangkai kata demi kata, tetapi berbicara tentang kehidupan, baik secara realitas ada maupun hanya dalam gagasan atau cita-cita manusia.

Apabila berdasarkan realitas yang ada, biasanya karya sastra berisi pengalaman hidup, teladan, dan hikmah yang telah mendapatkan berbagai bumbu, ramuan, gaya, dan imajinasi.

Sementara itu, apabila berdasarkan pada gagasan atau cita-cita hidup, biasanya karya sastra berisi ajaran moral, budi pekerti, nasihat, simbol-simbol filsafat (pandangan hidup), budaya, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan kehidupan manusia.

Kehidupan itu sendiri keberadaannya sangat beragam, bervariasi, dan penuh berbagai persoalan serta konflik yang dihadapi oleh manusia. Keberagaman dalam kehidupan itu berimbas pula pada keberagaman dalam karya sastra karena isinya tidak terpisahkan dari kehidupan manusia yang beradab dan bermartabat.

Karya sastra yang berbicara tentang kehidupan tersebut menggunakan bahasa sebagai media penyampaiannya dan seni imajinatif sebagai lahan budayanya. Atas dasar media bahasa dan seni imajinatif itu, sastra bersifat multidimensi dan multiinterpretasi.

Dengan menggunakan media bahasa, seni imajinatif, dan matra budaya, sastra menyampaikan pesan untuk (dapat) ditinjau, ditelaah, dan dikaji ataupun dianalisis dari berbagai sudut pandang. Hasil pandangan itu sangat bergantung pada siapa yang meninjau, siapa yang menelaah, menganalisis, dan siapa yang mengkajinya dengan latar belakang sosial-budaya serta pengetahuan yang beraneka ragam.

Adakala seorang penelaah sastra berangkat dari sudut pandang metafora, mitos, simbol, kekuasaan, ideologi, ekonomi, politik, dan budaya, dapat dibantah penelaah lain dari sudut bunyi, referen, maupun ironi. Meskipun demikian, kata Heraclitus, “Betapa pun berlawanan mereka bekerja sama, dan dari arah yang berbeda, muncul harmoni paling indah”.
Baca juga: Daftar Glosarium Pendidikan yang Harus Kita Ketahui
Banyak pelajaran yang dapat kita peroleh dari membaca karya sastra, salah satunya membaca cerita rakyat yang disadur atau diolah kembali menjadi cerita anak. Hasil membaca karya sastra selalu menginspirasi dan memotivasi pembaca untuk berkreasi menemukan sesuatu yang baru.

Membaca karya sastra dapat memicu imajinasi lebih lanjut, membuka pencerahan, dan menambah wawasan.

Berikut ini daftar Buku-buku Bahan Bacaan Literasi cerita rakyat pilihan dari 34 Provinsi di seluruh Indonesia yang bisa Anda pilih sebagai bahan bacaan literasi di rumah bersama putra-putri Anda atau bahan bacaan untuk siswa-siswi Anda di sekolah;

1. SD-Bengkarung Terpedaya
2. SD-Burung Ajaib
3. SD-Cerita dari Tanah Papua
4. SD-Kisah Dua Putri dan Si Raja Ular
5. SD-Pak Belalang
6. SMA-Jaka dan Naga Sakti
7. SMP-Lolutabang dan Biubiuq
8. SMP-Misteri Banteng Wulung
9. SMP-Raja Rokan
10. SMP-Ratna Komala dan Rumbia Ajaib
11. SMP-Terdampar di Renah Manjuto
12. SMP-Tomanurun
13. SMA-Cerita Untuk Kirana
14. SMA-Hikayat Bayan Budiman
15. SMP-Pangeran Indra Bangsawan
16. SMP-Sarudin Pemikat Burung Perkutut
17. SMA-Hikayat Datuk Hitam dan Bajak laut
18. Manarmakeri
19. SMA-Pertarungan Terakhir Seri 1
20. SMP-AJi Batara Agung dengan Putri Karang Meulenu
21. SMP-Menak Jingga
22. SMP-Si Cantik dan Mantri Hasut
23. SMP-Siluman Ular
24. SMP-Ayam Jantan dari Timur

Jika Anda tertarik untuk mengunduh buku-buku bahan bacaan literasi di atas, silahkan kunjungi halaman unduh kami DI SINI.

Demikian daftar buku bahan bacaan literasi yang dapat admin share, semoga dengan adanya buku ini dapat menimbulkan gairah membaca dan meningkatkan minat baca anak-anak di seluruh Indonesia. Terima kasih, Mohon maaf bila ada hal-hal yang kurang berkenan, sekian dan wassalam.
Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment