Home » » Inilah Jenis Lomba/Festival OSN, O2SN, dan FLS2N Tahun 2017 Sesuai Surat Dirjen Dikdasmen

Inilah Jenis Lomba/Festival OSN, O2SN, dan FLS2N Tahun 2017 Sesuai Surat Dirjen Dikdasmen

Assalamu’alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada.

Dalam rangka persiapan pelaksanaan kegiatam olimpiade/lomba/festival pengembangan bakat, prestasi dan karakter siswa tahun 2017, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah menerbitkan surat nomor 9311/D/TU/2016 tentang Olimpiade/Lomba/Festival Tahun 2017.

Inilah Daftar Jenis Lomba/Festival OSN, O2SN, dan FLS2N Tahun 2017 Sesuai Surat Dirjen Dikdasmen


Surat ditujukan kepada Gubernur dan Bupati/Wali Kota seluruh Indonesia. Surat berisi daftar lomba/festival pada Olimpiade Sains Nasional, Olimpiade Olahraga Siswa Nasional, dan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional yang akan diselenggarakan pada tahun 2017.

Adapun jenis lomba pada kegiatan OSN, O2SN, dan FLS2N sebagai berikut:

1. Olimpiade Sains Nasional (OSN)
  • a. Tingkat SD :IPA, Matematika
  • b. Tingkat SMP : IPA, Matematika, IPS
  • c. Tingkat SMA : IPA, Matematika, IPS, Informatika/Komputer

2. Olimiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN)
  • a. Tingkat SD : Atletik, Renang, Bulutangkis, Pencak Silat, Karate
  • b. Tingkat SMP : Atletik, Renang, Bulutangkis, Pencak Silat, Karate
  • c. Tingkat SMA : Atletik, Renang, Bulutangkis, Pencak Silat, Karate
  • d. Tingkat SMK : Atletik, Renang, Bulutangkis, Pencak Silat, Karate
  • e. Tingkat SLB : Atletik, Bulutangkis, Bocee, Balap Kursi Roda, Catur

3. Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N)
  • a. Tingkat SD: Menyanyi Solo, Menari, Pidato, Baca Puisi
  • b. Tingkat SMP: Menyanyi Solo, Menari, Baca Puisi, Gitar solo, Musik Tradisional
  • c. Tingkat SMA: Menyanyi Solo, Menari, Baca Puisi, Gitar solo, Desainer poster, Film Pendek
  • d. Tingkat SMK: Menyanyi Solo, Menari, Baca Puisi, Gitar solo, Animasi, Film Pendek
  • e. Tingkat SLB: Menyanyi Solo, Menari, Pantomim, Melukis, Cipta baca puisi, MTQ

Demikian informasi terkait Surat Dirjen Dikdasmen tentang Olimpiade/Lomba/Festival Tahun 2017 yang dapat admin share. Bagi Anda yang ingin mengunduh Surat Dirjen tersebut silahkan unduh kami DI SINI, terima kasih, semoga bermanfaat dan wassalam.
Previous
« Prev Post

35 komentar:

  1. Kenapa Pantomime untuk tingakt SD dihapuskan. Mohon penjelasan. Salam budaya pekerja seni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Drik Astria; Biasanya sesuai pengalaman kami di sini lomba-lomba diluar yang telah ditentukan di atas masih bisa dilaksanakan seperti pantomime, Seni daerah, Kerajinan tangan, dll. Namun batas final cuma sampai kecamatan/kabupaten saja, tidak sampai ke provinsi. Semua tergantung kebijakan dinas masing-masing Mas :)

      Delete
    2. ko bisa gitu ya pak,,padahal kan tahun kemarin pantomim SD finalnya bisa sampe ke nasional,, tp sekarang kenapa ga ya?? mohon kejelasannya,, trim's

      Delete
    3. Pak Rizwan Kurniawan. Untuk kepastiannya saya juga belum tahu Pak. Dalam Surat Dirjen Dikdasmen tentang Olimpiade/Lomba/Festival Tahun 2017 di website resminya juga masih seperti itu, belum ada perubahan.

      Tiap hari bolak-balik saya cek masih tetap belum ada perubahan Pak hehe... Insya Allah nanti kalau ada perubahan saya re-upload ulang Surat Dirjennya :)

      Delete
    4. ouh gitu ya pak,,, kalau gitu kalo ada perubahan lagi mohon di share ya pak,, syukur syukur kalo cabang pantomim tetap diadakan biar tambah menarik,,
      trim's atas segala infonya pak :)

      Delete
    5. aamiin... sama-sama Pak... ^_^

      Delete
  2. kok VG SMP gak ada ya??? surat edarannya sudah FINAL???:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat ini keterangan resmi dalam Surat Edaran tentang Jenis Lomba/Festival OSN, O2SN, dan FLS2N Tahun 2017 memang seperti itu Mas Djoen Jonet. Belum ada perubahan. Jika ada pasti saya posting di sini :)

      Delete
  3. kacau sekali, kenapa banyak cabang lomba FLS2N SMA yang dihapuskan? monolog, akustik, seni kriya, cipta puisi kenapa tidak ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga saja nanti ada perubahan Mbak Just Sulis. :)

      Delete
    2. aamiin allahuma aamiin. semoga. ditunggu update info nya yaa Pak. Terimakasih.

      Delete
  4. Klo yang gitar solo smp itu pesertanya berapa ya persekolah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum ada kepastiannya Mas Jeremy. Nanti juga pasti diumumkan dari dinas masing-masing :)

      Delete
  5. Kok vokal grup smp gak ada? Apakah ini sdah pasti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam surat dirjennya memang gak ada Mas Agung Adiutomo. Tadi saya cek ke website resminya isinya juga masih tetap sama seperti di atas, belum ada perubahan. :)

      Delete
    2. maaf mau tanya,... web resminya dimana ya???

      Delete
    3. Di sini Ms JRyan29 https://goo.gl/OC1KkX :)

      Delete
  6. lagu-lagu untuk menyayi solo apa aja pilihan lagu nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum ada keterangan resminya Ibu Nani :)

      Delete
  7. Replies
    1. Belum ada keterangannya Ibu Prapti Rahayu :)

      Delete
  8. Coba d cek lagi admin. Krn kmrn kab. Jember sudh seleksi pantomim sd persiapan ke provinsi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya cek berkali-kali Pak Adhy. Surat Dirjen di website resminya belum ada perubahan. Coba Anda cek juga di sini https://goo.gl/Ya1w0C

      Delete
  9. Maaf ni sebelumnya. Kalo tingkat kabupaten dan provinsi kapan berlangsung lomba nya?

    ReplyDelete
  10. Wah, tahun ini kenapa banyak sekali cabang lomba yang dihapus?, pdhl storytelling itu cukup menarik krn menggunakan bhs inggris

    ReplyDelete
  11. Banyak yg dihapus lombanya, pdhl storytelling bagus n menarik itu, krn memakai bhs inggris

    ReplyDelete
  12. vokal grup smp mana?Ya Alloh uda latihan duluan unt curi start,sebab biasanya ada dan gak pernah absen,sekarang absen......huaaaaaa

    ReplyDelete
  13. Mohon maaf untuk semua yang telah berkomentar, memang untuk tahun ini beberapa cabang lomba banyak yang dikurangi, untuk alasannya kami juga kurang mengerti, mungkin alasan dana ya? :(

    Untuk kepastiannya mungkin bisa Anda tanyakan ke Dinas masing-masing :)

    ReplyDelete
  14. Jika ada perubahan cabor yang dipertandingkan mohon pemerintah segera memberi indo paling lambatnya 6 bulan sebelum peraturan akan disyahkan supaya tidak menimbulkan polemik bagi guru yang telah membuat program latihan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Bapak Jefry!..., ini saya tiap hari juga mondar-mandir cek di web resminya juga belum ada yang berubah, masih seperti yang saya share. Kasihan juga para Guru dibuat bingung dengan peraturan baru. Lomba2 lama yang telah diprogram banyak yang dikurangi.

      Delete
  15. Lomba film pendek tingkat SMA dihapus ya? :(
    Fast respon dong :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas F4F Production, tahun ini memang banyak cabang lomba yang dihapus baik untuk tingkat SD, SMP maupun SMA. :)

      Delete
  16. Kenapa sih cabang olahraga seperti basket n' sepak bola harus dihapus????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut informasi, banyaknya cabang lomba yang dikurangi pada tahun ini karena masalah dana.

      Delete