Home » » Tips Belajar untuk Ujian Akhir

Tips Belajar untuk Ujian Akhir

Assalamu’alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada.

Belajar bagi Anda yang akan melaksanakan ujian akhir bisa menjadi periode stres, terutama bila Anda berjuang menemukan waktu atau kemauan untuk melakukan usaha yang diperlukan.

Namun, mengelola stres dan pada saat yang sama juga ingin mencapai nilai yang maksimal sangat bisa dilakukan bila Anda dapat menemukan teknik dan rutinitas belajar yang cocok. Berikut adalah beberapa saran yang dapat membantu Anda belajar secara efektif dan efisien.

Tips Belajar untuk Ujian Akhir


1. Ketahui tujuan Anda

Sebelum Anda mulai belajar, penting untuk mengetahui apa tujuan Anda. Tetapkan target nilai untuk setiap ujian dan pikirkan apa yang perlu Anda lakukan untuk mencapai nilai itu.
  • a. Jadilah realistis. Pertimbangkan seberapa baik prestasi yang sudah Anda lakukan sepanjang tahun, seberapa baik pemahaman Anda pada materi pelajaran dan jendela waktu belajar Anda.
  • b. Jangan menetapkan tujuan yang rendah juga. Cobalah mendorong diri Anda dan tetapkan pikiran untuk mencapai potensi penuh.
Baca juga: 6 Cara Mengoptimalkan Otak Kiri dan Kanan Anak

2. Buat rencana belajar

Membuat rencana belajar yang efektif dan realistis adalah komponen penting untuk berhasil baik dalam ujian akhir. Dengan membuat perencanaan belajar, Anda dapat memastikan bahwa Anda akan mempunyai semua materi yang diperlukan ketika ujian mendekat, sehingga meminimalkan stres dan memaksimalkan produktivitas.

Berikut adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan:

a. Buat bagan waktu kegiatan Anda saat ini. Masukkan target belajar di kelas, pekerjaan, waktu yang dihabiskan dengan keluarga dan teman-teman, dan sebagainya. Ini akan memungkinkan Anda melihat seberapa banyak waktu luang yang Anda miliki untuk belajar.

b. Buat jadwal belajar yang sesuai dengan penentuan waktu Anda. Gunakan waktu antara pelajaran, waktu di perjalanan dan waktu luang lain untuk menyelipkan sesi belajar tambahan. Ingat bahwa satu jam belajar setiap hari akan lebih produktif daripada 5 jam penuh sekali seminggu.

c. Tentukan tujuan belajar Anda. Anda tidak boleh hanya menulis panduan samar seperti "belajar biologi", rencana belajar Anda harus spesifik. Uraikan materi belajar ke dalam topik dan tugas spesifik dan isikan ke dalam jadwal belajar Anda. Berikan waktu 20 menit untuk memahami informasi kecil dan padat dan komit pada ide bahwa Anda akan mengetahui informasi itu luar dalam di akhir 20 menit tersebut.

d. Patuhi jadwal Anda. Jadwal belajar tidak akan bermanfaat bila Anda tidak mematuhinya. Itulah mengapa jadwal harus realistis. Pertimbangkan istirahat dan gangguan potensial ketika membuat perencanaan, sehingga tidak akan ada alasan ketika waktunya tiba. Apabila membantu, pikirkan jadwal belajar seperti pekerjaan. Anda tidak punya pilihan selain melakukannya.

3. Mulai belajar jauh-jauh hari sebelumnya

Ini mungkin tampak sedikit remeh, tetapi semakin cepat Anda mulai belajar, semakin siap Anda pada saat ujian. Memulai lebih dahulu memastikan bahwa Anda akan memiliki waktu untuk menguasai materi yang diperlukan, waktu untuk berlatih ujian dan mungkin waktu untuk melakukan bacaan tambahan, yang akan memberi Anda keunggulan pada hari ujian. Dengan memulai belajar jauh-jauh hari sebelumnya, Anda juga akan merasa tidak begitu stress dan cemas serta memiliki kepercayaan diri yang lebih.

a. Idealnya, Anda harus menjadikan belajar sebagai bagian dari rutinitas mingguan sepanjang tahun pelajaran, tidak hanya menjelang ujian. Anda harus mempersiapkan pelajaran dengan membaca materi yang diperlukan, bersama dengan bacaan tambahan di sekitar topik diskusi. Libatkan diri dengan dosen, ajukan pertanyaan tentang apa pun yang tidak Anda mengerti dan buat catatan panjang lebar, karena ini akan menjadi perlengkapan belajar yang sangat berharga nanti.

Setelah pelajaran, tinjau ulang materi dan tulis kembali atau ketik catatan kasar yang Anda tulis selama pelajaran. Ini akan membantu Anda menguasai informasi dengan jauh lebih baik ketika tiba waktunya ujian.

b. Jangan menunda. Semua orang bersalah atas penundaan pada beberapa titik, tetapi menjelang ujian akhir Anda harus berupaya keras untuk menghindarinya. Anggap jadwal belajar Anda seperti tertulis di batu. Dengan benar-benar belajar ketika Anda mengatakan akan melakukannya, Anda meminimalkan risiko ngebut di minggu atau malam sebelum ujian. Walaupun menggoda untuk menunda belajar sampai saat-saat terakhir, ngebut terlalu dekat dengan ujian adalah cara tidak efektif untuk belajar. Ngebut mengurangi kesempatan Anda untuk benar-benar menguasai informasi dan secara dramatis meningkatkan level stres. Jadi jangan menunda!
Artkel menarik lainnya: Empat Cara Memaksimalkan Potensi Kecerdasan Anak

4. Kumpulkan materi

Kumpul dan siapkan semua materi dan sumber yang dibutuhkan supaya Anda berhasil mengerjakan ujian dengan baik. Kumpulkan catatan pelajaran, ujian dan tugas lama, informasi pelajaran, kertas ujian lama dan buku pelajaran yang relevan.

a. Gunakan map, pulpen sorot berwarna dan catatan tempel untuk mengatur materi sehingga informasi penting dapat diakses dengan mudah.

b. Baca buku catatan Anda dan garis bawahi setiap kata kunci, rumus, tema dan konsep. Buku catatan adalah sumber pelajaran yang sangat berharga karena lebih ringkas dari buku pelajaran dan akan memberi Anda beberapa petunjuk seperti apa yang mungkin akan ditekankan oleh dosen dalam ujian.

c. Tanyakan apakah Anda bisa meminjam catatan teman sekelas untuk dibandingkan dengan catatan Anda bila Anda merasa ada kesenjangan.

d. Cari buku pelajaran yang berbeda dari buku yang biasanya Anda gunakan. Buku pelajaran alternatif mungkin menyediakan informasi tambahan yang akan membuat Anda menonjol dari teman-teman sekelas, atau mungkin uraikan sebuah definisi dalam cara yang membuat Anda memahami sepenuhnya materi tersebut untuk pertama kalinya.

5. Pilih lokasi belajar

Memilih lokasi yang tepat adalah aspek penting dari belajar efektif. Lokasi belajar yang ideal akan berbeda dari orang ke orang. Beberapa orang mungkin lebih suka belajar di rumah, di mana mereka dapat mengambil secangkir kopi atau makanan ringan kapan pun mereka mau. Yang lain lebih suka belajar di perpustakaan, di mana mereka dikelilingi oleh orang-orang terfokus lainnya dengan gangguan minimal. Anda perlu menemukan apa yang paling berhasil untuk Anda sendiri.

Ini mungkin proses mencoba dan keliru sampai Anda menemukan tempat yang paling cocok, atau Anda mungkin menemukan bahwa kombinasi beberapa lokasi yang berbeda membuat proses belajar tidak begitu monoton dan lebih mudah dipatuhi.

Demikian tips belajar bagi Anda yang akan melaksanakan untuk ujian akhir. Semoga bermanfaat, terima kasih dan wassalamu’alaikum.wr.wb.

Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id/konten/2155/cara-belajar-untuk-ujian-akhir
Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment