Home » » Orangtua Jangan Bangga Jika Anak Bisa Nyanyi Lagu Orang Dewasa

Orangtua Jangan Bangga Jika Anak Bisa Nyanyi Lagu Orang Dewasa

Assalamu’alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada.

Perkembangan teknologi komunikasi yang begitu pesat membuat anak-anak dengan mudah terhubung dan mendapatkan informasi termasuk lagu, musik, serta hiburan lainnya. Sayangnya, ini membuat anak-anak Indonesia menjauh dari budaya nasional dan sulit mengenal dunia hiburan untuk seusia mereka.

Orangtua Jangan Bangga Jika Anak Bisa Nyanyi Lagu Orang Dewasa


"Lagu-lagu anak sudah sangat berkurang daya tariknya sehingga industri musik Indonesia juga kehilangan selera mereka untuk menciptakan dan mempromosikan lagu-lagu anak. Inilah yang membuat kami, mengenalkan kembali lagu-lagu anak nasional yang pernah diciptakan Ibu Sud kepada siswa binaan kami," kata‎ Direktur Sekolah Global Sevilla Puri Indah, Robertus Budi Setiono, saat pergelaran musik anak-anak bertajuk The Magic of Music: Tibute tu Ibu Sud, kemarin.

Menurut Robertus, lagu-lagu ciptaan Ibu Sud‎ seperti Burung Kutilang, Naik Delman, Hai Becak, Desaku, Lihat Kebunku‎, Naik-nak ke Puncak Gunung, Tik-tik Bunyi Hujan, dan lainnya sarat pendidikan yang disesuaikan dengan usia anak.

Menurut penelitian, lagu-lagu orang dewasa bisa berpengaruh buruk terhadap perkembangan psikologis anak-anak.

"Anak-anak yang sering mendengarkan lagu-lagu orang dewasa dikhawatirkan akan tumbuh menjadi orang dewasa yang berjiwa kekanak-kanakan. ‎Itu sebabnya, di Sekolah Global Sevilla kami wajibkan anak-anak untuk menyanyikan lagu-lagu anak nasional, salah satunya karya Ibu Sud," bebernya.

Ditambahkan, Carmanita, desainer top Indonesia yang juga cucu Ibu Sud, semua pihak harus bertanggung jawab dan peduli untuk menumbuh-kembangkan anak-anak agar bisa mengelola warisan budaya bangsa dengan baik.
Baca juga: Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pengasuhan Anak di Era Digital
"Orang tua paling bertanggung jawab memilihkan lagu-lagu untuk anaknya. Karya lagu-lagu anak nasional sangat banyak, tinggal kesadaran orang tua mau tidak mengenalkannya kepada buah hatinya. Begitu juga sekolah, perannya sangat besar karena anak-anak biasanya lebih patuh kepada gurunya ketimbang orangtuanya," tandasnya.

Dia menambahkan, lagu-lagu anak karya Ibu Sud selalu disesuaikan dengan usia anak. Anak-anak yang dipaksakan menyanyi dengan nada tinggi serupa orang dewasa, bisa mengakibatkan pita suaranya rusak.

Parahnya, ini tidak disadari orang tua dan justru merasa bangga bila anak-anaknya bisa menyanyikan lagu orang dewasa yang nadanya tinggi.

Demikian info yang dapat admin share sebagaimana dikutip dari laman jpnn.com (12-02-2017), semoga bermanfaat, terima kasih, wassalamu’alaikum.wr.wb.
Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment