Home » » Terbaru, Cara Cek Info PTK 2017

Terbaru, Cara Cek Info PTK 2017

Assalamu’alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada.

Salah satu tugas bersama operator sekolah dan guru yang sudah sertifikasi maupun belum adalah masing-masing saling membantu dan berkoordinasi dalam mewujudkan validnya data yang ter-entri dan terkirim dari aplikasi dapodik ke server pusat.

Jika operator sekolah bertugas melakukan entry data yang bersumber dari F-SEK, F-PD, dan F-PTK. Maka tugas PTK adalah melakukan Cek Verifikasi Data di website yang ditentukan. Harap diingat, tugas Operator Sekolah hanya entry data. Seyogyanya para guru juga melakukan verifikasi datanya sendiri.

Jika ditemukan data tidak valid, minta PTK yang bersangkutan berkoordinasi dengan Operator Sekolah untuk proses pembetulan. Kalau kemudian PTK tak memiliki kemampuan untuk Cek Verifikasi data, dan meminta bantuan Operator Sekolah, itu masalah lain. Tentu saja PTK yang bersangkutan harus ‘mengerti’ sehingga tak ada pihak yang harus dirugikan.

Sesuai dengan judul di atas, kali ini admin kolomedu yang menjabat guru sekaligus operator sekolah akan membantu Bapak Ibu untuk mengecek data info PTK terbaru apakah sudah valid atau belum, sebagai salah satu syarat terbitnya SKTP.

Selain itu juga untuk melihat detail kesalahan info PTK sehingga jika ada data yang salah bisa segera diperbaiki melalui aplikasi dapodik sekolah. Perbaikan data PTK akan diakomodir selama SKTP guru tersebut belum terbit dan belum melewati semester berjalan (merujuk situs resmi info.gtk.kemdikbud.go.id).

Baiklah langsung saja pada panduan terbaru "cara cek info PTK tahun 2017":

CARA PERTAMA:

Cara ini terbilang ringkas/cepat. Dimana PTK dapat mengecek langsung apakah Daftar Nama Guru sudah valid atau belum valid sehingga SKTP tidak bisa terbit (periode Januari-Juni 2017), Jika belum valid segera perbaiki.

1. Buka laman resmi info.gtk.kemdikbud.go.id.

2. Silahkan Anda pilih/klik menu pilih Provinsi, Kabupaten/Kota, dan Jenjang.

● Provinsi: silahkan Anda pilih provinsi anda bekerja.
● Kabupaten/Kota: silahkan pilih nama Kabupaten/Kota Anda bekerja.
● Jenjang: silahkan pilih pada jenjang Anda bekerja (pilihan: Paud/TK, Dikdas, dan Dikmen).

3. Cek List pilihan Sudah Pensiun dan Belum Pensiun. Hal ini berguna agar Anda bisa menampilkan data PTK yang sudah pensiun atau belum.

4. Pilih/klik “Tampilkan Data Guru”.

5. Data ringkas valid atau belum valid akan ditampilkan pada kota “Keterangan Validasi” (Lihat contoh gambar 01 di bawah).

Cara Cek Info PTK
Gambar 01

CARA KEDUA:

1. Anda langsung bisa mengecek valid atau belum data dengan cara;

a. Nama: masukkan nama jelas
b. Usia: masukkan usia saat ini
c. Nama Sekolah: Nama sekolah tempat PTK bekerja (Lihat gambar 02).

Cara kedua ini nanti otomatis akan mencari nama daftar PTK yang anda ketikkkan pada kolom Nama, Usia dan Nama Sekolah. Setelah ketemu tinggal pilih/klik nama PTK bersangkutan. Keterangan valid dan belum valid akan muncul pada Kolom “Keterangan Validasi” di samping kanan (Lihat gambar 02).
Cek SKTP
Gambar 02


CARA KETIGA:

Cara yang ketiga ini masih sama dengan yang pernah saya bahas pada panduan “Cara Mudah Cek Info PTK”, namun saat ini link-link tersebut untuk saat ini tidak  bisa diakses. Untuk solusinya silahkan:

1. Buka laman resmi info.gtk.kemdikbud.go.id.

2. Pada dashboard Login Validasi Data Guru (di sebelah kanan):

a. Masukan NRG sebagai UserID Jika Anda sudah sertifikasi dan NUPTK jika belum sertifikasi.

b. Masukkan tanggal lahir Anda sebagai password dengan format penulisan YYYYMMDD. Contoh jika PTK lahir pada tanggal 10 januari 1968 maka cara menuliskannya ialah 19680110.

c. Langkah selanjutnya masukkan kode captcha yang berada di bawah password dengan benar.

d. Lakukan klik pada tombol “LOGIN” kemudian silahkan tunggu laman verifikasi data termuat dengan sempurna (Lihat gambar 03 di bawah).

Cek SKTP Guru
Gambar 03


Jika masih terdapat ketidaksesuaian data lembar info ptk dengan data asli maka lakukan pengecekan data di aplikasi dapodik, lakukan perbaikan data dan sync ulang/BSD.

Demikian panduan terbaru "Cara Cek Info PTK" yang dapat admin share, semoga bermanfaat, terima kasih, SALAM SATU DATA, wassalamu’alaikum.wr.wb.
Previous
« Prev Post

2 komentar:

  1. terimakasih admin, anak saya kebetulan mau coba PTK tahun ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mr. Kolom Edukadi (emm.. namanya mirip blog saya) hehe...

      Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat :)

      Delete