Home » » Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet (Tahan Lama)

Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet (Tahan Lama)

Assalamu’alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada.

Sebagai pendidik atau operator sekolah kita tidak bisa lepas dari laptop untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Semakin lama laptop digunakan tentu akan mengurangi kemampuannya baik daya tahan baterainya maupun cara kerja system windowsnya.

Kebanyakan kerusakan baterai laptop adalah sering nge-drop atau tidak bisa nge-charge secara maksimal. Seperti beberapa kasus yang admin temui, laptop tidak bisa nyala jika kabel tidak dicolokkan ke sumber listrik karena baterai sudah nge-drop. Hal ini tentu sangat mengganggu aktivitas jika sewaktu-waktu banyak tugas yang harus kita kerjakan sedangkan sumber utama listrik (PLN) mati.

Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet (Tahan Lama)

Nah, berikut ini ada beberapa tips agar baterai laptop Anda awet (tahan lama):

Pertama, jika kita beraktivitas di depan laptop baik di rumah, di kantor, atau lainnya yang memiliki sumber listrik, sebaiknya lepas baterai dan sambungkan alat charger ke sumber listrik. Hal ini agar baterai Anda awet. Gunakan baterai saat keperluan di luar yang tidak memungkinkan dihubungkan ke sumber listrik.

Namun tips pertama ini memiliki kekurangan, yaitu jika sewaktu-waktu listrik PLN mati bisa mengakibatkan kerusakan pada salah satu hardware laptop Anda karena arus listrik yang seharusnya lancar masuk ke laptop tiba-tiba berhenti secara mendadak, apalagi jika listrik sering mati. Ada baiknya cara ini Anda lakukan jika listrik PLN di tempat Anda benar-benar bagus (tidak pernah/jarang) padam.

Tetapi jika laptop Anda sudah dilengkapi dengan kemampuan switch (saat ini rata-rata laptop sudah dilengkapi kemampuan switch), ketika baterai sudah terisi penuh maka langsung dialihkan ke daya adaptor, sebenarnya tidak perlu mencopot baterai dan colokan listrik.

Namun jika tidak, Anda bisa mencopot baterai dengan pertimbangan limetime elemen baterai dengan syarat sumber listrik di tempat Anda bagus.

Kedua, untuk pemakaian baterai pertama kali, terutama saat pertama kali membeli laptop, sebaiknya baterai harus di-charge sampai penuh sebelum digunakan. Kemudian dikosongkan sampai beberapa kali (tiga atau empat kali). Karena baterai yang baru membutuhkan proses conditioning untuki mencapai kapasitas dan performa puncak.

Ketiga, saat men-charge baterai, sebaiknya laptop dalam keadaan mati. Jika Anda menggunakan baterai kemudian indikator lemah, sebaiknya matikan laptop terlebih dahulu, kemudian charge baterai sampai penuh.

Keempat, usahakan selalu men-charge baterai sampai penuh dan mengisinya saat indikator menunjukkan baterai lemah atau hamper kosong. Usahakan tidak membiarkan charge terhubung ke listrik dalam waktu lama setelah baterai terisi penuh (terkecuali laptop Anda sudah dilengkapi kemampuan switch).

Kelima, jika Anda ingin melepas baterai dalam waktu yang lama, sebaiknya baterai dalam keadaan terisi penuh. Selain itu, jangan terlalu lama membiarkan baterai menganggur (sampai berbulan-bulan). Setidaknya pasang dan digunakan satu bulan sekali.

Keenam, jangan meletakkan baterai di tempat dengan suhu ekstrem (panas) atau terkena sinar matahari langsung.

Ketujuh, Jika baterai laptop Anda sudah rusak dan ingin membeli baterai laptop yang baru, pastikan baterai original bukan aspal (asli tapi palsu).

Demikian tips merawat baterai laptop yang dapat admin bagikan. Semoga bermanfaat, mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan, terima kasih, wassalamu’alaikum.wr.wb.
Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment