Home » » Cara Cek Info GTK 2017 Melalui SIM PKB

Cara Cek Info GTK 2017 Melalui SIM PKB

Cara Cek Info GTK 2017 Melalui SIM PKB

Assalamu’alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada.

Salah satu tugas bersama operator sekolah dan guru yang sudah sertifikasi maupun belum adalah masing-masing saling membantu dan berkoordinasi dalam mewujudkan validnya data yang ter-entri dan terkirim dari aplikasi dapodik ke server pusat.

Cek Info GTK 2017 Melalui SIM PKB

Jika operator sekolah bertugas melakukan entry data yang bersumber dari F-SEK, F-PD, dan F-PTK. Maka tugas PTK adalah melakukan Cek Verifikasi Data di website yang ditentukan. Harap diingat, tugas Operator Sekolah hanya entry data. Seyogyanya para guru juga melakukan verifikasi datanya sendiri.

Jika ditemukan data tidak valid, minta PTK yang bersangkutan berkoordinasi dengan Operator Sekolah untuk proses pembetulan. Kalau kemudian PTK tak memiliki kemampuan untuk Cek Verifikasi data, dan meminta bantuan Operator Sekolah, itu masalah lain. Tentu saja PTK yang bersangkutan harus ‘mengerti’ sehingga tak ada pihak yang harus dirugikan.

Sesuai dengan judul di atas, kali ini admin kolomedu yang menjabat guru sekaligus operator sekolah akan membantu Bapak Ibu untuk mengecek data info GTK terbaru apakah sudah valid atau belum, sebagai salah satu syarat terbitnya SKTP.

Selain itu juga untuk melihat detail kesalahan info PTK sehingga jika ada data yang salah bisa segera diperbaiki melalui aplikasi dapodik sekolah. Perbaikan data PTK akan diakomodir selama SKTP guru tersebut belum terbit dan belum melewati semester berjalan (merujuk situs resmi info.gtk.kemdikbud.go.id).

Satu yang perlu diingat untuk tahun pelajaran 2017-2018 info PTK/GTK hanya bisa dicek melalui SIM PKB. Jadi pastikan Anda sudah terdaftar dan mempunyai Account di SIM PKB. Jika belum silahkan hubungi ketua kelompok KKG Anda, karena yang berwenang untuk mencetak akun PKB adalah ketua komunitas.

Baiklah langsung saja pada panduan terbaru "cara cek info PTK tahun 2017":

CARA PERTAMA:

1. Buka laman resmi SIMP PKB melalui link https://paspor.simpkb.id/.

2. Login menggunakan Account SIM PKB (nomor peserta UKG) seperti gambar dibawah ini.


Cek Info GTK 2017 Melalui SIM PKB

3. Setelah login silahkan cari menu Layanan menu GTK lalu buka layanan tersebut.


SIM PKB

4. Selanjutnya akan muncul Info GTK Anda di tab baru. Silahkan cek atau cetak info SKTP Anda melalui fitur Cetak Pdf/Printer seperti di bawah ini.

Info GTK 2017 Melalui SIM PKB

Bagaimana, mudah sekali bukan?. Demikian panduan terbaru "Cara Cek Info GTK 2017 Melalui SIM PKB" yang dapat admin share, semoga bermanfaat, terima kasih, SALAM SATU DATA, wassalamu’alaikum.wr.wb.
Previous
« Prev Post

2 komentar:

  1. terimakasih admin, anak saya kebetulan mau coba PTK tahun ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mr. Kolom Edukadi (emm.. namanya mirip blog saya) hehe...

      Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat :)

      Delete