Cara Tarik Peserta Didik Pindahan/Mutasi Secara Online di Laman Dapodikdasmen

January 29, 2019
Assalamu’alaikum.wr.wb. Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi dimanapun berada. Sesuai judul diatas pada kesempatan ini admin akan membagikan panduan cara tarik peserta didik secara online di laman resmi dapodikdasmen.

tarik peserta didik

Salah satu kemudahan tugas operator saat ini adalah adanya fitur tarik peserta didik secara online via aplikasi dapodik sehingga tidak perlu menginput data satu persatu dari awal karena data dasar awal peserta didik sudah diisikan oleh sekolah asal peserta didik. Namun demikian sebelum peserta didik berhasil dimasukkan ke dalam aplikasi dapodik ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh operator sekolah yaitu menarik peserta didik baru maupun peserta didik pindahan/mutasi dari sekolah asal ke sekolah baru.
Sebelumnya jangan lupa baca panduan terbaru lainnya: Cara Cek Estimasi Hak Usia Pensiun bagi Peserta Taspen (PNS)
Pada panduan kali ini admin hanya akan mengulas cara tarik peserta didik pindahan/mutasi dari sekolah asal ke sekolah baru karena kita sudah memasuki tahun pelajaran 2018/2019 semester genap. Untuk panduan cara tarik peserta didik baru insya Allah lain waktu akan admin bagikan juga di laman ini. Jadi pastikan selalu ikuti laman Media Informasi dan Edukasi pada Fanspage Facebook kami atau bisa langsung klik tautan berikut ini (FANSPAGE KOLOMEDU) untuk mendapatkan informasi terkini dari sumber terpercaya.

Baik, langsung saja berikut panduan Panduan Cara Tarik Peserta Didik Pindahan/Mutasi Secara Online di Laman Dapodikdasmen.

Pertama, silahkan bukan laman resmi http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/. Silahkan login menggunakan username dan password yang Anda gunakan pada aplikasi dapodik. Karena kita sebagai operator sekolah pastikan login sebagai Manajemen Sekolah seperti gambar di bawah.

manajemen sekolah

Kedua, setelah berhasil login Anda akan dibawa ke laman https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/. Pada informasi akun silahkan klik "KELOLA DATA POKOK".

kelola data pokok

Ketiga, selanjutnya silahkan klik menu "PESERTA DIDIK" dan klik "+TAMBAH PESERTA DIDIK".

tambah peserta didik

Keempat, kemudian klik pada pada menu "PINDAHAN/MUTASI". Selanjutkan pilih/isikan  data asal sekolah peserta didik yang mutasi. Pastikan data sekolah asal peserta didik pindahan benar-benar valid sehingga akan mempermudah proses selanjutnya. Untuk itu silahkan kepada rekan operator untuk meminta data lengkap peserta didik pindahan.

Selanjutnya pilih/isikan data mulai dari Propinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Sekolah Asal. Jangan lupa klik kode "TAMPILKAN" untuk memunculkan menu "Rombel Tujuan". Isikan/pilih kolom sebelah kanan Rombel Tujuan sesuai kelas siswa saat ini, misal saat ini siswa pindahan tersebut adalah kelas 5 maka pilih Kelas 5 (lihat gambar gambar).


Kelima, Silahkan cari dan pilih centang () pada daftar nama peserta pindahan pada daftar siswa yang muncul. Selanjutnya pilih "SIMPAN".


Alhamdulillah dari sini Anda sudah berhasil memindah peserta didik pindahan ke database pusat dapodik. Langkah selanjutnya adalah silahkan buka aplikasi dapodik Anda. Sinkronkan aplikasi seperti biasa. Jika proses sinkronisasi berhasil maka otomatis peserta didik pindahan yang ada di database pusat dapodik akan masuk ke dalam aplikasi dapodik yang terinstal di laptop Anda. Selanjutnya silahkan isi data-data yang diperlukan.

Bagaimana, sangat mudah sekali bukan?. Jika proses sinkronisasi berhasil namun data peserta didik pindahan belum masuk ke aplikasi dapodik silahkan ulangi sekali lagi cara-cara di atas. Atau setelah data siswa berhasil pindah ke database dapodik pusat tunggu beberapa saat, baru sinkronisasikan aplikasi dapodik Anda.

Demikian Panduan Cara Tarik Peserta Didik Pindahan/Mutasi Secara Online di Laman Dapodikdasmen. Semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.wr.wb.

Thanks for reading Cara Tarik Peserta Didik Pindahan/Mutasi Secara Online di Laman Dapodikdasmen | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Cara Tarik Peserta Didik Pindahan/Mutasi Secara Online di Laman Dapodikdasmen

Post a Comment