Rasionalisasi Pegawai Akan Dilakukan Secara Hati-Hati

February 11, 2016
Assalamu’alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera bagi Bapak Ibu pengunjung setia Kolom Edukasi di manapun berada.

Ke depan pemerintah berencana akan merasionalisasi jumlah Pegawai Negeri Sipil di birokrasi. Pasalnya, jumlah PNS yang ada sekarang sekitar 4,5 juta dinilai masih terlalu banyak. Hal ini tentu membuat sebagian PNS khawatir juga, karena baru kali ini wacana pemangkasan PNS terjadi.

Sebelumnya diberitakan, ada rencana Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi untuk memangkas jumlah PNS sebanyak satu juta orang hingga 2019.

Itu berarti, jumlah PNS bisa menyusut hingga 3,5 juta. Alternatif lainnya, pemangkasan PNS hanya sekitar 600 ribu orang, sehingga total jumlah idealnya 3,7 hingga 3,8 juta.

Rasionalisasi Pegawai Akan Dilakukan Secara Hati-Hati
PNS

Terhadap rencana ini, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, rasionalisasi jumlah pegawai tersebut merupakan bagian langkah efesiensi penggunaan anggaran. Sebab, anggaran belanja pegawai menyita puluhan triliunan rupiah dana APBN.

Efisiensi di sektor belanja pegawai diharapkan dapat memperbesar dukungan pada peningkatan kualitas layanan publik. Namun, efisiensi dimaksud akan dilakukan secara hati-hati. Jangan sampai pegawai-pegawai berkualitas justru yang terjaring dalam proses rasionalisasi sehingga birokrasi merugi karena kehilangan aset SDM yang kompatibel mendukung realisasi kinerja pemerintah. Pernyataan itu disampaikan Kepala BKN saat melakukan jumpa pers, Kamis (7/1/2016), di ruang kerjanya.

Kepada pers Bima mengatakan bukan berarti rencana pemangkasan jumlah pegawai selalu diartikan tidak adanya peluang rekrutmen PNS di masa mendatang mengingat kebutuhan akan kehadiran kader-kader muda berkualitas di birokrasi juga tinggi untuk mendukung komitmen peningkatan kualitas layanan kepada publik.

Bima bertutur saat ini Indonesia memiliki bonus demografi yang perlu dimanfaatkan. “Kehadiran bonus demografi berupa generasi-generasi muda dengan kualitas mumpuni perlu kita manfaatkan. Beri kesempatan anak-anak bangsa berkompetensi tinggi untuk turut membangun negaranya. Jadi jangan selalu artikan rencana efisiensi anggaran pegawai dilakukan dengan menutup terus menerus rekrutmen pegawai. Efisiensi dapat dilakukan dengan mengurangi jumlah pegawai yang tidak memiliki kompetensi,” jelas Bima.

Rasionalisasi Pegawai Akan Dilakukan Secara Hati-Hati
Kepala BKN Bima Haria Wibisana

Bima melanjutkan, salah satu upaya Pemerintah mendata pegawai yang berkompetensi dan yang tidak adalah melalui Pendataan Ulang PNS (PUPNS). Melalui PUPNS, Pemerintah akan memiliki database kepegawaian yang merekam rekam jejak kapasitas yang dimiliki seorang PNS.
Baca : PUPNS Adalah Pendataan Ulang Bukan Pendaftaran Ulang
Pada kesempatan itu Bima juga mengatakan selain akan melakukan efisiensi belanja Pegawai, Pemerintah juga sedang berupaya menyeimbangkan rasio jumlah PNS dengan jumlah penduduk yang dilayani. Salah satu upaya tersebut akan direalisasikan dengan membuka peluang distribusi PNS ke seluruh Indonesia.

Namun upaya distribusi tersebut di lapangan menemui sejumlah kendala, di antaranya besaran tunjangan yang diberikan PNS di berbagai instansi/wilayah kerja berbeda-beda. “Ke depan perlu dipikirkan bagaimana menghilangkan kesenjangan tersebut,” pungkas Bima. (bkn.go.id)

Demikian informasi yang dapat admin share kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi perhatian kita semua. Mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan. Terima kasih dan wassalam.

Thanks for reading Rasionalisasi Pegawai Akan Dilakukan Secara Hati-Hati | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Rasionalisasi Pegawai Akan Dilakukan Secara Hati-Hati

Post a Comment