Cara Mudah Memberi Harakat Fathah Berdiri (Alif Khanjariyyah) Pada Lafal dan Kalimat Arab di Ms Word

Admin
Indra AE
March 30, 2016
Assalamu’alaikum.wr.wb. Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada. Semoga semuanya senantiasa dalam keadaan sehat amin.

Karena masih banyak yang bingung dan menanyakan tata letak keyboard untuk tanda baca/harakat Alif Khanjariyyah (fathah berdiri) maka sengaja admin membikin thread baru, hal ini bertujuan agar lebih mudah dipahami dan juga agar postingan sebelumnya tidak terlalu panjang (baca: Cara Mudah Mengetik Kalimat Arab di Ms Word).

Seperti admin bilang pada postingan sebelumnya, bahwa pemberian harakat pada teks/kalimat arab membutuhkan ketelatenan dan kesabaran ekstra. Karena memang mengetik kalimat Arab tanpa harakat itu lebih cepat dan mudah daripada ketika memberikan harakat/tanda baca. Hal ini bukan berarti susah, semua bisa dilakukan asal telaten, sabar dan ada kemauan untuk belajar.

Baiklah, sesuai dengan judul di atas kali ini admin Kolom Edukasi akan membagikan tutorial tentang Cara Mudah Memberi Harakat Fathah Berdiri (Alif Khanjariyyah) Pada Lafal dan Kalimat Arab di Ms Word.

Pada dasarnya Microsoft Office Word, baik Ms Word 97-2003, Word 2007-2010, dan Word 2013-2019 sudah menyediakan tanda dan symbol. Namun kita harus mengatur sedemikian rupa agar tanda/symbol tersebut dapat muncul (baca: atau dibuat short key).

Karena postingan kali ini admin akan membahas cara memberi dan memunculkan/membuat Short-Key Alif Khanjariyyah (fathah berdiri), maka pembahasannya cukup sekitar tanda tersebut saja agar tidak melebar ke mana-mana ^_^.

Ohya, saat kita memberi harakat sebuah kalimat Arab terkadang terkendala oleh harakat yang tidak ada pada tombol keyboard, seperti halnya tanda “fathah berdiri”. Hal ini memang karena tanda tersebut sengaja disembunyikan oleh pihak Microsoft Office. Gak tahu kenapa kok disembunyikan tanda/symbol-symbol tersebut, mungkin kita mau diajak main “petak umpet” sama mereka :D.

Baiklah, di sini admin akan menuliskan sebuah kalimat Arab sederhana untuk dijadikan contoh pemberian harakat “fathah berdiri” sebagaimana di bawah ini;

Contoh pada kalimat pertama : وَ عَمِلُوا الصّلِحتِ

Contoh pada kalimat kedua : وَ عَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ

Pada contoh kalimat pertama tersebut terlihat begitu mudah saat kita memberikan harakat fathah, kasrah, dan dhammah. Namun begitu ketemu dengan huruf yang harus diberi harakat “fathah berdiri” (huruf shad dan ha') kita akan kebingungan, bagaimana cara memberikan tanda fathah berdiri tersebut, karena pada tombol bawaan keyboard memang tidak ada.

Dan pada kalimat kedua, tanda Alif Khanjariyyah (fathah berdiri) terlihat begitu jelasnya dia berdiri gagah dan menantang di atas huruf-huruf hijaiyah (shad dan ha').

Nah, untuk memunculkan tanda/symbol pada Microsoft Office caranya adalah sebagai berikut;

CARA PERTAMA,

1. Posisikan cursor pada huruf Arab yang akan dikasih harakat “fathah berdiri”; misal pada huruf shad dan ha' di atas.

2. Buka jendela INSERT pada Ms Word Anda, kemudian pilih Insert a Symbol dan pilih More Symbols (lihat gambar 0.1);


Cara Menulis Fathah Berdiri (Alif Khanjariyah) Pada Lafal Arab di Ms Word
Gambar 0.1

3. Cari Symbol seperti gambar 0.2 di bawah dan klik insert lalu close!,

Cara Menulis Fathah Berdiri
Gambar 0.2

Nah dari sini harakat "fathah berdiri" sudah berada di atas huruf yang akan diberi tanda tersebut (lihat Contoh kalimat kedua di atas pada huruf shad dan ha').

Cara pertama ini memang agak sedikit ribet, karena setiap akan memberi tanda baca “fathah berdiri” kita harus bolak-balik membuka Symbol dan meng-insert Symbol fathah berdiri.

Jika Anda ingin praktis dan simpel tanpa harus bolak-balik membuka Symbol lalu Insert Symbol, maka admin akan mencoba membantu memberikan sebuah tips, yaitu membuat Short-Key character Symbol untuk “fathah berdiri”. Untuk itu harap perhatikan dengan seksama dan teliti, agar nanti tidak ada yang terlewatkan, yang akhirnya akan membuat Anda bingung he. Baiklah untuk cara selanjutnya adalah sebagai berikut;

CARA KEDUA,

1. Lakukan langkah seperti cara pertama nomor 1 dan 2, lalu pilih menu Short Key seperti gambar 0.3.

Menulis Fathah Berdiri
Gambar 0.3

2. Setelah itu, pilih kotak menu “Press new shortcut key”. Letakkan kursor pada kolom tersebut, lalu isikan dengan tombol kombinasi tertentu (dengan menekan secara bersamaan tombol tersebut), misal tombol Alt+Shift+Z (lihat gambar 0.4).

Cara Menulis Fathah Berdiri (Alif Khanjariyah)
Gambar 0.4

*Penting!* : Ketika Anda memilih kombinasi tombol harap hati-hati, jangan sekali-kali memilih kombinasi tombol yang sudah dipergunakan oleh sistem. Karena dapat mengacaukan sistem yang sudah ada pada laptop/PC Anda.

3. Terakhir, tekan Assign. (lihat gambar 0.4 di atas).

Alhamdulillah dari sini Anda sudah bisa memberi harakat “fathah berdiri” pada teks/kalimat Arab dengan cara menekan Tombol Alt+Shift+Z sebagaimana ketika Anda memberi harakat fathah, sukun, dhammah, kasrah, dan sebagainya pada sebuah lafal dan kalimat Arab di Ms Word.

Saya kira tutorial di atas cukup jelas sekali. Anda boleh memilih cara pertama atau cara yang kedua. Jika masih kebingungan dan mengalamai kesulitan silahkan ditanyakan pada kolom komentar di bawah. Insya Allah jika ada kesempatan admin siap membantu.

*Update: Berikut ini Video Tutorial Cara Memberi Harakat Fathah Berdiri (Alif Khanjariyyah) Bagian 1 (Cara Pertama). Untuk Bagian 2 (Cara Kedua) Insya Allah jika ada kesempatan akan admin share.


Demikian tutorial Cara Mudah Memberi Harakat Fathah Berdiri (Alif Khanjariyyah) Pada Lafal dan Kalimat Arab di Ms Word. Semoga bermanfaat, mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan, terima kasih dan wassalam.

Thanks for reading Cara Mudah Memberi Harakat Fathah Berdiri (Alif Khanjariyyah) Pada Lafal dan Kalimat Arab di Ms Word | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

20 komentar on Cara Mudah Memberi Harakat Fathah Berdiri (Alif Khanjariyyah) Pada Lafal dan Kalimat Arab di Ms Word

  1. semoga Allah senantiasa memberkahi antum

    ReplyDelete
  2. Salam...
    Mau nanya nh, kalo nulis tanda harak dhomah panjang (dhomah yang kebalik) gimana ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah nanti akan saya posting tutorialnya Pak, sabar menunggu geh :)

      Delete
  3. alhamdulilah, jazakumullah admin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin... selamat mencoba Mas Anonymous... :)

      Delete
  4. Terimakasih, membantu sekali... Jazakallahu khairan.

    ReplyDelete
  5. Assalaamualaikum admin..
    Utk yg tanda mad jaiz/wajib/ bendera gmna ya.. Saya kok ga ada..
    الحمدلله جزا ك الله خيرا

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam.wr.wb.. Untuk tanda mad jaiz/wajib sudah ada di postingan saya yang lainnya Pak Hamzah.

      Silahkan cek di sini: https://goo.gl/EBTNPb

      Delete
  6. Assalamu'alikum
    kok di saya tidal ada ya saya pake microsof word 2010

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam.wr.wb. Di Word 2010 saya ada Kok. Coba lebih teliti seperti lagi tutorial di atas. Atau kalau memang tidak ada coba instal versi office 2010 yang lain Mas/Mbak :)

      Delete
  7. Kadang fathah berdiri bisa ditempatkan, tapi kadang kok gak bisa nyambung ya? Jadi terpisah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin penempatan kursornya belum pas Mbak Hana Kres. Coba lebih teliti lagi saat menempatkan kursornya tepat di atas huruf yang mau diharokati :)

      Delete
  8. terimakasih infonya gan.. sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mas Saeful Rijal, semoga bermanfaat.

      Terima kasih telah berkunjung :) ...

      Delete
  9. saya kok gagal terus ya kak. saya insert FATHAH TEGAK, tapi kok tanda bundar dibawahnya itu selalu ikut, tidak langsung berada diatas huruf yang ingin diberikan barisnya. mohon pejelasannya. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin penempatan kursornya belum pas. Coba lebih teliti lagi saat menempatkan kursornya tepat di atas huruf yang mau diharokati. Atau bisa jadi symbol yang Anda diinsertkan belum benar Mbak/Mas Unknown. Coba Anda lihat lagi gambar nomer 0.2 dan 0.3 di atas, perhatikan nama character codenya :)

      Delete