Cara Mudah Mengetik Kalimat Arab di Ms Word

March 29, 2016
Assalamu’alaikum.wr.wb. Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada, semoga semuanya selalu dalam keadaan sehat wal afiat, amin.

Salah satu kesullitan saat kita belajar mengetik huruf arab di Ms Word adalah pemberian harakat pada kalimat arab yang telah kita ketik. Hal ini terjadi hampir pada setiap orang yang baru pertama kali belajar mengetik kalimat arab di Ms Word sebagaimana admin saat masih aktif kuliah pada salah satu Perguruan Tinggi Islam Negeri di Surakarta Jawa Tengah.


Namun mengetik kalimat Arab akan terasa mudah jika kita sudah terbiasa melakukannya. Asal telaten, sabar dan mau belajar. Baik, langsung saja berikut ini tutorial Cara Mudah Mengetik Kalimat Arab di Ms Word:

Pertama, pastikan terlebih dahulu sebelum mengetik huruf Arab di Ms Word, laptop/PC Anda sudah terinstal font arabic beserta pengaturannya di Micosoft Word. Untuk caranya silahkan dibaca artikel dari admin tentang Cara Menginstal Font Arab di Windows 7,8 dan 10 dan/atau Cara Mengatur dan Mengetik Font Arab di Ms Word 2013.

Kedua, sebelum menulis huruf Arab di Ms Word tentunya Anda juga harus tahu letak posisi huruf Arab dan Tanda Harakat yang ada di keyboard standar laptop Anda.

Untuk perbandingan dan tata letak huruf Arab di keyboard silahkan perhatikan gambar 0.1 dan gambar 0.2 di bawah ini.



Cara Mengetik Arab di Word
Gambar 0.1

Cara Mengetik Arab di Word 2007
Gambar 0.2

Dan untuk pemberian Tanda Baca/Harakat lihat gambar di bawah ini (gambar 0.3).



Cara Mengetik Arab di Word 2010
Gambar 0.3

Ketiga, Silahkan buka Ms Word Anda, dan cobalah mengetik sebuah kalimat Arab di lembaran Ms Word. Admin sarankan untuk mengetik kalimatnya terlebih dahulu baru kemudian dilanjutkan dengan memberikan tanda harakat jika kalimat tersebut selesai diketik. Hal ini bertujuan untuk mempercepat penulisan sebuah kalimat/paragraf Arab daripada harus menulis huruf Arab satu persatu lalu memberi harakat.

Misal admin menulis surah “Al’Ashr” tanpa harakat;

Cara Mengetik Arab di Word 2013

Setelah selesai menulis surah “Al’Ashr” tanpa harakat tersebut, kemudian tinggal diberikan harakat pada lafal tersebut. Dan hasilnya seperti gambar di bawah ini ;

Cara Mengetik Arab di Word 2016

Untuk pemberian harakat pada lafal/kalimat yang telah kita tulis caranya adalah dengan menekan tombol SHIFT+(salah satu huruf yang ada di gambar 0.3) secara bersamaan, dan setelah selesai memberikan harakat tiap-tiap satu huruf jangan lupa arahkan/jalankan kursor/tombol panah ke huruf berikutnya, begitu seterusnya.

Memang untuk pemberian harakat pada sebuah lafal/kalimat butuh kesabaran ekstra daripada ketika mengetik kalimat Arab tanpa harakat di lembaran Ms Word. Karena harus ada kerjasama antara kedua tangan. Tangan yang kiri bekerja menekan tombol SHIFT+(salah satu huruf sesuai dengan tanda baca, misal SHIFT+Q = fathah, dan lain sebagainya) sedangkan tangan kanan menjalankan kursor/tombol panah () satu persatu melewati tiap-tiap huruf pada kalimat/lafal Arab.

Bagaimana Sahabat Kolom Edukasi, ternyata mudah sekali bukan mengetik kalimat Arab di Ms Word beserta harakatnya?. Jika masih bingung dan menemui kesulitan silahkan ditanyakan di kolom komentar, insya Allah admin siap membantu.

Atau jika Anda ingin praktis menukil surah/ayat dalam Al-Qur’an di lembaran Ms Word tanpa perlu mengetikkannya mungkin bisa menggunakan Aplikasi Qur’an in Ms Word Ver.2.2 yang telah admin share sebelumnya. Cuma kelemahannya jika terlalu mengandalkan aplikasi tersebut, selamanya Anda tidak akan bisa mengetik kalimat Arab di Ms Word, karena memang pada dasarnya aplikasi tersebut hanya untuk menginput teks surah/ayat dalam Al-Qur'an saja.

Misal Anda ingin menulis sebuah lafal  اَلْمَدْرَسَةُ , قَلَمٌ , مِمْسَحَةٌ , maka Anda tidak akan bisa kalau hanya mengandalkan Aplikasi Qur’an in Ms Word, karena lafal tersebut harus diketik secara manual dengan tangan. Untuk itu agar bisa menulis lafal tersebut, Anda harus melakukan prosedur sebagaimana yang telah admin jelaskan pada tutorial di atas.

Jika Anda ingin melihat tutorial mengetik huruf/kalimat Arab versi visualnya mungkin bisa menyimak video Tutorial Mengetik Font Arabic di Ms Word Bagian 1 di bawah ini. Untuk video tutorial bagian selanjutnya tunggu saja, insya Allah jika ada kesempatan akan admin buat juga.




Demikian tutorial dari admin tentang Cara Mudah Mengetik Kalimat Arab di Ms Word. Semoga bermanfaat, mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan, terima kasih dan wassalam.

Thanks for reading Cara Mudah Mengetik Kalimat Arab di Ms Word | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

4 komentar on Cara Mudah Mengetik Kalimat Arab di Ms Word

  1. Artikelnya bagus dan mendidik mas, untuk menulis arab di word, tentunya kita juga harus memahami huruf- huruf arab terlebih dahulu ya mas, kalau ndak pasti bingung juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Isrofi, untuk cara mudahnya Pertama, kita bisa memotong kecil2 huruf hijaiyah lalu menempelnya pada huruf2 keyboard, atau bisa pakai cara kedua, yaitu mencetaknya di lembaran kertas taruh di samping laptop, jadi setiap mengetik huruf arab kita harus melihat huruf hijaiyah dilembaran tadi. saya sendiri lebih memilih cara yang kedua, memang pertama kali agak lambat proses pengetikannya, tapi lama-kelamaan kita jadi hafal sendiri tanpa harus melihat lembaran huruf hijaiyah tadi, sehingga proses pengetikan selanjutnya bisa lebih cepat (pakai perasaan) hehe. #pengalaman pribadi

      Delete
  2. keanya harus hafal dulu tuh posisi hurufnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Denny Aditia: Untuk mengakalinya mungkin bisa ditulis/print out tata letak huruf arabnya seperti yang ada di gambar 0.1 dan 0.2/ atau juga bisa di keyboardnya ditempelin huruf arab yang kecil2... he

      Delete