Cara Instal Variasi Font Arab di Ms Word

Admin
Indra AE
February 13, 2019
Assalamu’alaikum.wr.wb., Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi dimanapun berada.

Pada beberapa postingan yang lalu admin telah membagikan tutorial lengkap cara menginstal, menulis maupun cara memberi harakat pada kalimat Arab di Ms Word. Bagi Anda yang terbiasa menulis kalimat Arab di Ms Office adakalanya merasa bosan dengan jenis font Arabic bawaan Microsoft Office. Karena memang font Arabic standar bawaan Office hanya itu-itu saja, tidak lebih. Terkecuali Anda menambah sendiri jenis font Arab yang banyak ditemukan di internet.

Pada postingan kali ini admin akan membagikan artikel bagaimana Cara Instal Variasi Font Arab di Ms Word.

jenis font arab

Pada dasarnya situs resmi Microsoft sendiri telah menyediakan berbagai macam jenis font yang dapat diinstal gratis melalui software Microsoft Office. Cuma mungkin kita sendiri yang kurang mengerti caranya.

Lalu bagaimana cara download sekaligus instal variasi font Arabic pada Ms Word yang biasa kita gunakan, sehingga jenis font Arab di Ms Word kita tambah bervariasi?. Untuk lebih jelasnya silahkan simak tutorial di bawah ini.

Pertama, pastikan sistem laptop Anda sudah tersetting/ terinstal program bahasa Arabnya. Untuk caranya silahkan buka  tutorial saya Cara Mudah Instal Font Arabic di Windows10 atau pada artikel Cara Menginstal Font Arab Di Windows 7, 8 dan 10.

Kedua, pastikan laptop Anda terkoneksi dengan internet. Kenapa harus terkoneksi internet? Karena tanpa koneksi internet kita tidak akan bisa mengunduh font tersebut dari situs resmi Microsoft, benar kan? Hehe.

Ketiga, silahkan buka Ms Office Anda kemudian pilih Options

Options

Keempat, pada tab Word Options pilih Language

cara instal huruf arab
Language

Kelima, selanjutnya Set the Office Language Preferences -> Choose Editing Languages, silahkan pilih Arabic (Saudi Arabia) lalu pada tab Proofing (Spelling, Grammar...) dan klik Not Installed.

variasi font arab
Not Installed

Keenam, setelah situs Microsoft terbuka melalui jendela browser pada menu Step 1: Install the language  accessory pack silahkan pilih jenis Office yang Anda gunakan. Kebetulan saya menggunakan Office 2010  maka saya memilih Office 2010. Selanjutnya klik kolom Which language you need?,  lalu pilih ‘Arabic’.



Ketujuh (ini yang penting), pastikan sebelum mengunduh Office Pack Language, sesuaikan jenis Office yang terinstal di Windows Anda. Jika yang terinstal adalah Office 32 bit maka unduh jenis font tersebut, sebaliknya jika yang terinstal Office 64 bit maka unduh jenis Office 32 bit (file sekitar 399MB).


Kedelapan, setelah Office Pack Language terunduh, silahkan instal seperti Anda menginstal aplikasi di Windows. Pastikan sebelum menginstal, Ms Word Anda ditutup terlebih dahulu.

Terakhir, Setelah berhasil terinstal silahkan cek variasi font Arabic yang berhasil diinstal pada Microsoft Office Anda melalui menu “Change the font face”. Selanjutnya, selamat berkreasi sendiri.


Demikian artikel Cara Instal Variasi Font Arab di Ms Word yang dapat admin bagikan. Semoga bermanfaat, terima kash, wassalamu’alaikum.wr.wb. (Indra AE)

Thanks for reading Cara Instal Variasi Font Arab di Ms Word | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Cara Instal Variasi Font Arab di Ms Word

Post a Comment