Home » » Sikap Orang Tua Ketika Anak Menghadapi Ujian Akhir

Sikap Orang Tua Ketika Anak Menghadapi Ujian Akhir

Assalamu'alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia Bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada.

Beberapa bulan kedepan, anak remaja yang berada di kelas IX atau kelas 3 SMP dan kelas XII atau kelas 3 SMA, akan menghadapi ujian akhir. Terutama anak kelas 3 SMP yang masih labil, menghadapi ujian akhir akan membuat mereka gampang panik dan mudah stres.

Sikap Orang Tua Ketika Anak Menghadapi Ujian Akhir
Remaja stres menjelang ujian akhir

Ada beberapa gejala stres dan kecemasan yang biasanya ditunjukkan remaja menjelang ujian, antara lain:

1. Susah tidur hingga menjadi kurang tidur.
2. Kesulitan bernapas.
3. Kehilangan nafsu makan atau makan yang tidak teratur.
4. Menunjukkan perilaku adiktif perilaku seperti merokok atau minum.
5. Menangis berlebihan atau tidak terkendali.
6. Agresi atau perubahan suasana hati'.
7. Sering mengalami serangan panik.

Menghadapi gejala-gejala tersebut ada beberapa hal yang mungkin bisa dilakukan orantua sebagaimana dijelaskan pada laman sahabat keluarga:

1. Orangtua harus mendorong anak untuk mengatur waktu, makan dan tidur nyenyak, olahraga, dan memberikan bantuan ketika mereka membutuhkannya. Orang tua juga dapat lebih memahami perilaku, suasana hatinya pada saat stres.

2. Orangtua perlu dilibatkan dalam proses belajar remaja. Hal terbaik adalah hanya untuk mendengarkan. Yang remaja cari adalah keberadaan orangtua, untuk berbicara, menangis atau hanya untuk duduk bersama mereka saat belajar agar tenang. Berkomunikasi secara terbuka dengan anak, dapat mendorong mereka untuk mengekspresikan kekhawatiran dan ketakutan, tapi jangan biarkan mereka berfokus pada ketakutan.

3. Orang tua sebisa mungkin menyediakan tempat atau ruangan yang tenang untuk putra putrinya belajar. Atau juga bisa membantunya belajar bila ia memintanya.
Baca juga : Anak Lebih Berprestasi Jika Ayah Terlibat
4. Sangat penting bagi anak remaja untuk makan yang sehat dan seimbang pada saat ujian agar tetap fokus dan melakukan yang terbaik. Stres menjelang ujian dapat membuat beberapa remaja kehilangan nafsu makan. Beberapa nutrisi yang penting untuk otak anak menjelang ujian antara lain protein pada telur, kacang, biji-bijian dan kacang-kacangan, serta asam lemak omega-3 pada ikan.

5. Pastikan anak remaja mendapatkan tidur yang cukup sebelum ujian. Buat ia merasa santai dan tenang. Pastikan juga ia melakukan olahraga yang bisa mengurangi stres.

6. Sikap orangtua akan menentukan emosi remaja. Jika orangtu panik maka akan membuat anak semakin tertekan dan meningkatkan stres. Buat remaja merasa diterima dan hargai setiap usaha yang dilakukannya. Yang paling penting, yakinkan anak remaja Anda bahwa segala sesuatunya akan baik-baik saja, tidak peduli apapun hasilnya. (Yanuar Jatnika – Sahabatkeluarga)

Demikian tips bagi orangtua kepada putra-putrinya saat menghadapi ujian nasional, semoga bermanfaat, mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan. Terima kasih dan wassalam.
Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment