Home » » PGRI Anggap Kebijakan Rekrutmen CPNS dari Lulusan Cum Laude Diskriminatif

PGRI Anggap Kebijakan Rekrutmen CPNS dari Lulusan Cum Laude Diskriminatif

Assalamu’alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada.

Plt Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Unifah Rosyidi mendesak pemerintah mengkaji ulang persyaratan pengangkatan CPNS dari lulusan cum laude. Dalam ketentuan pemerintah, hanya lulusan cum laude dari perguruan tinggi berakreditasi A yang bisa diangkat CPNS lewat formasi khusus.

"Syarat ini terlalu diskriminatif. Belum tentu PT akreditasi A, lulusannya juga bagus," ujar Unifah kepada JPNN, Senin (6/6).

PGRI Anggap Kebijakan Rekrutmen CPNS dari Lulusan Cum Laude Diskriminatif

Dia mencontohkan, perguruan tinggi milik PGRI banyak meluluskan tenaga pendidik berpredikat cum laude‎. Tapi predikat ini tidak ada artinya karena terbentur persyaratan hanya PT akreditasi A.

"MenPAN-RB harus merevisi persyaratannya. Harusnya yang dilihat kompetensi lulusannya, bukan akreditasi PT atau terkenal tidaknya PT tersebut. Yang akan bekerja bukan PT tapi lulusannya," tegasnya.

Unifah mengaku tidak gentar bila lulusan cumlaude dari PGRI diuji kompetensinya. Dia yakin, kemampuan lulusan PGRI tidak kalah bersaing dengan PTN atau PTS lainnya.
Baca juga: Pemerintah Targetkan Rekrut 1000 Cum Laude Untuk Jadi CPNS
Sementara itu sebelumnya, MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi menyebutkan rekrutmen untuk lulusan cumlaude ini hanya terbatas pada perguruan tinggi terakreditasi A. Sedangkan yang ‎akreditasi B, tidak bisa meski lulusan cum laude.

Begitu juga Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menyatakan, program studi dari PT harus akreditasi A juga. Yang dilihat tidak hanya PT negeri, swasta juga diberikan kesempatan.

"Jadi yang kami lihat adalah perguruan tinggi terakreditasi A. Mau dia swasta ataupun negeri‎ tidak masalah. Karena tidak semua PTN itu bagus, demikian juga tidak semua PTS jelek. Jadi yang diambil hanya akreditasi A saja," tegasnya.

Untuk tes CAT lulusan cum laude, menurut Bima, hanya menetapkan perangkingan saja. Sebab, lulusan cum laude sudah pasti cerdas-cerdas. #JPNN

Demikian infomasi yang dapat admin share, semoga bermanfaat, terima kasih dan wassalam.
Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment