Home » » SMKN di Surakarta Laksanakan Lima Hari Sekolah

SMKN di Surakarta Laksanakan Lima Hari Sekolah

Assalamu’alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada.

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 6 Surakarta mulai melaksanakan lima hari sekolah. Penerapan lima hari sekolah ini dimulai tanggal 3 Januari 2017 ini mengawali semester dua tahun ajaran 2016/2017.

“Untuk lima hari sekolah, kami mulai menerapkannya pada semester dua ini. Jadi mulai Selasa (3/1) anak-anak mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) hingga Jumat (6/1), dan seterusnya,” ujar Kepala SMKN 6 Surakarta, Ties Setyaningsih, Selasa (3/1).

SMKN di Surakarta Laksanakan Lima Hari Sekolah
Ties Setyaningsih. @Image Source: timlo.net/Eko Prasetyo

Kendati diberlakukan lima hari sekolah, menurut Ties, pengaturan jam KBM tetap terpenuhi sesuai Kurikulum 2013 (K13), baik mata pelajaran (mapel) praktek maupun teori. Untuk jam ekstrakurikuler tetap diberikan dengan penyesuaian.

Hal senada juga diungkapkan Kepala SMKN 9 Surakarta, Bangkit Budiarto. Ia mengatakan, setelah dilakukan musyawarah dengan MKKS SMK di Kota Solo, akhirnya SMKN di Solo yaitu SMKN 1 sampai 9 siap mengamankan instruksi gubernur yaitu lima hari sekolah mulai tahun 2017.

Dengan pelaksanaan lima hari sekolah ini, menurut Bangkit, SMKN 9 Surakarta otomatis membuat kepulangan siswa lebih sore dibanding dengan saat enam hari sekolah. Saat enam hari sekolah, siswa masuk sekolah pukul 07.00 hingga 15.15. Kemudian ketika diterapkan lima hari sekolah, siswa masuk pukul 07.00 hingga 15.30 untuk teoritis atau 10 jam pelajaran per hari dengan rincian satu jam pelajaran 45 menit.
Baca juga: Lima Permendikbud, untuk Ciptakan Rasa Aman di Sekolah
Lantaran di SMK ini ada prakteknya maka ditambah dua jam pelajaran yaitu 45 menit kali dua maka kepulangan siswa yang mengikuti praktek hingga pukul 17.00.

Terkait dengan sarana dan prasarana yang dimiliki pihak SMKN 9 Surakarta, menurut Bangkit, untuk mendukung pelaksanaan lima hari sekolah yang meliputi masjid untuk salat dan kantin yang menyediakan makan untuk 1.300 siswa sudah siap.

“Namun kami tetap menghimbau kepada seluruh siswa untuk bawa bekal makanan dan lauk yang tidak mudah basi. Dan jangan malu bawa bekal apapun itu lauknya,” ujarnya.

Demikian info yang dapat admin share, semoga bermanfaat, terima kasih, wassalamu’alaikum.wr.wb.

Sumber: https://www.timlo.net/baca/68719698852/smkn-surakarta-laksanakan-lima-hari-sekolah/
Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment