Home » , » Tips Memilih Buku Bacaan untuk Anak Usia Dini

Tips Memilih Buku Bacaan untuk Anak Usia Dini

Assalamu’alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada.

Keterampilan membaca berperan penting dalam kehidupan kita karena pengetahuan diperoleh melalui membaca. Oleh karena itu, keterampilan ini harus dikuasai anak dengan baik sejak dini.

Tips Memilih Buku Bacaan untuk Anak Usia Dini

Membudayakan literasi atau membiasakan membaca dan menulis itu tidak mudah dan diperlukan proses yang panjang. Untuk membudayakan literasi seharusnya diawali dari lingkungan terkecil yaitu lingkungan keluarga. Orang tua harus menjadi motor penggerak pertama dan utama dalam membudayakan literasi di rumah bagi anak-anaknya. Yang tak kalah penting, membudayakan literasi harus dimulai sejak anak-anak masih berusia dini.

Salah satu yang perlu dilakukan sebuah keluarga adalah menyediakan berbagai bahan bacaan, entah itu buku, majalah, komik, atau bahan bacaan lain untuk anak-anak sejak usia dini.

Buku seperti apa yang harus diberikan kepada anak-anak yang masih berusia dini? Berikut adalah beberpa tips yang bisa dilakukan orang tua untuk memilihkan buku baginya sebagaimana dikutip laman resmi sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id.
  1. Carilah buku dengan tema atau isi cerita yang sama dengan buku dongeng yang sebelumnya sering dibacakan orang tua pada anak sebagai dongeng sebelum tidur. Ketika dia mampu membacanya dan ketika memorinya bekerja, dan ketika tersadar itu adalah buku atau cerita yang pernah ia dengarkan, akan membuat dia semakin semangat untuk membaca.
  2. Orang tua juga bisa memberikan buku yang dibuat dengan struktur kalimat yang singkat dan sederhana yang memudahkan anak mengingatnya.
  3. Cobalah anak-anak diberikan buku dengan tokoh, atau cerita yang pernah disukai orang tua dulu. Hal ini akan membuat orang tua makin tertarik dan bersemangat untuk mendampingi dan mengajarkan anak-anaknya membaca. Tapi tetap perhatikan minat anak terhadap buku yang diberikan itu, apakah dia menyukainya atau tidak.
  4. Pilihlah buku yang banyak illustrasi dan gambar yang akan membantu anak semakin mengerti akan isi cerita. Usahakan gambarnya berwarna, karena ketika terdapat cerita berisi bunga mawar merah, jangan sampai gambarnya ternyata mawar berwarna hitam putih. Tentunya akan membingungkan si kecil.
  5. Pahami minat anak anda dan berilah buku sesuai minatnya. Hal ini tentu akan membuat anak-anak semakin tertarik ketika dia senang akan pesawat dan mendapati ibunya memberikan buku tentang pesawat. Jadi, dorong anak untuk menyukai membaca dulu.
  6. Bawa anak anda ke toko buku atau perpustakaan dan beri keleluasaan untuk memilih buku yang dia suka, tentunya tetap pengawasan dilakukan oleh orang tua.
  7. Orang tua juga bisa meminta pendapat petugas perpustakaan atau ahli buku atau via internet mengenai buku yang tepat berdasar usia, minat dan tingkat kemampuan membaca anak anda.
  8. Buku-buku anak yang berkualitas seperti buku yang pernah mendapat penghargaan atau buku yang ditulis pakar pendidikan anak juga bisa jadi dipertimbangkan sebagai buku pilihan bagi anak anda.
  9. Disarankan untuk memilih jenis buku yang bisa melatih kemampuan dan kecerdasan otak anak seperti buku yang berisi sususan gambar atau mencocokan jenis warna. Buku seperti ini akan menstimulus perkembangan keceradasan otak anak. selain itu untuk melatih kemampuan berpikir pada anak Anda sejak usia dini.
  10. Buku yang baik untuk anak hendaknya memiliki konten yang mendidik disertai dengan gambar yang menarik dan berwarna mencolok.
  11. Jangan membiarkan anak memilih buku bacaan yang tidak berkualitas seperti komik. Apabila anak sudah mengenal komik sejak kecil maka hal tersebut bisa menjadi sebuah kecanduan sampai dia tumbuh dewasa. Yanuar Jatnika
Demikian informasi yang dapat admin share. Semoga bermanfaat, terima kasih, wassalamu’alaikum.wr.wb.
Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment