GESITS, Teknologi Transportasi Masa Depan Motor Listrik Buatan Anak Bangsa

Admin
Indra AE
May 25, 2016
Assalamu’alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada.

Sebuah kendaraan karya anak bangsa yang berbentuk alat transportasi roda dua masa depan berteknologi canggih yaitu skuter otomatis listrik, merupakan hasil pengembangan dan riset dilakukan bersama antara ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya) dan Garansindo dengan segala penyempurnaan akhirnya pada hari ini telah dapat diwujudkan dalam bentuk prototipe yang sudah mencapai tahap hampir sempurna dan telah mempunyai nama yaitu “GESITS” (Garansindo Elecric Scooter ITS).

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir mengapresiasi peluncuran prototipe sepeda motor listrik karya Mahasiswa ITS tersebut. Hasil karya ini akan menjadi teknologi transportasi masa depan.



“Sungguh luar biasa, Selamat pada tim Gesits mudah-mudahan sukses ditahun ini untuk meniti kedepan menghasilkan inovasi baru pada motor-motor listrik di Indonesia,” ucap Nasir pada peluncuran hasil inovasi Motor Listrik di Gedung Riset Mobil Listrik ITS, awal bulan lalu.

Sesuai dengan namanya, Gesits diyakini bakal menjadi motor skuter yang lincah dan dapat diminati masyarakat. Selain pasti lebih irit, tenaga listrik adalah energi yang ramah lingkungan dan tidak menyebabkan polusi. “Dari sisi nama juga artinya lincah,” tambahnya.

Menteri Nasir berharap mampu melihat peluang pasar motor dengan jenis, ukuran yang sama, untuk menjadi kompetitor industri motor di Indonesia dan juga jadi pilihan masyarakat untuk memakai bahan bakar elektrik yang memiliki emisi gas buang nol sehingga ramah lingkungan.

“Oleh karena itu perlu dikomparasikan ukuran yang sama, besaran yang sama berapa kompetitor kita. Nah dari situ bisa dilihat besaran market share kita,” jelas Menteri Nasir yang turut menjajal skuter matik bertenaga listrik ini.

Rektor ITS, Joni Hermana menjelaskan bahwa hasil riset yang sudah lama dikembangkan oleh Mahasiswa ITS khususnya jurusan mesin ini menghasilkan suatu hal yang pada akhirnya berujung hilirisasi. Penelitian yang dilakukan di Perguruan Tinggi juga berujung kepada pemanfaatan yang salah satunya Motor Listrik Gesits ini.

CEO Garansindo M. Al Abdullah di kesempatan yang sama menyatakan “Teknologi kendaraan listrik masih mempunyai potensi yang sangat besar karena merupakan teknologi yang relatif baru dan sedang dikembangkan di beberapa Negara sehingga kesempatan Gesits untuk masuk dalam persaingan global cukup besar,” ujarnya.

Rencananya Gesits ini dapat segera diproduksi secara massal pada tahun 2017 dan dapat segera siap dijual ke konsumen pada tahun 2018.

Semoga nantinya kemampuan anak bangsa untuk mewujudkan Indonesia mempunyai kebangaan dengan memiliki kendaraan hasil karya Indonesia segera terwujud. (Ard/bkkp)

Demikian informasi yang dapat admin share yang dikutip dari dikti.go.id, semoga bermanfaat, terima kasih dan wassalam.

Thanks for reading GESITS, Teknologi Transportasi Masa Depan Motor Listrik Buatan Anak Bangsa | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on GESITS, Teknologi Transportasi Masa Depan Motor Listrik Buatan Anak Bangsa

Post a Comment