Ujian Nasional Bukan Penentu Kelulusan

Admin
Indra AE
May 12, 2016
Assalamu’alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada.

Sebagaimana diinformasikan pada laman resmi kemdikbud.go.id, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan kembali menegaskan bahwa hasil ujian nasional (UN) tidak lagi menjadi penentu kelulusan. Ia mengatakan, sejak tahun lalu UN bukan salah satu syarat kelulusan siswa. Kelulusan siswa dari satuan pendidikan ditentukan oleh sekolah melalui rapat dewan guru atau pleno guru.

Ujian Nasional Bukan Penentu Kelulusan

“Jadi pihak sekolah dengan mempertimbangkan seluruh mata pelajaran, memutuskan apakah seorang anak bisa dinyatakan lulus atau tidak,” ujar Mendikbud saat meninjau persiapan pelaksanaan UN di SMPN 114, Jakarta Utara, Senin lalu (9/5/2016).

Dalam kesempatan berbeda, Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Zainal Arifin Hasibuan mengatakan, BSNP memliki standar panduan untuk digunakan sekolah dalam menentukan kelulusan siswa dari satuan pendidikan.

“Misalnya kita kasih panduan bagaimana sekolah-sekolah itu menentukan kelulusan. Mereka harus mengikuti proses pembelajaran dengan baik, tidak serta merta siswa bisa ikut ujian sekolah. Kita juga dorong sekolah meningkatkan kapasitas dirinya untuk bisa melihat proses seperti apa yang bisa mengantarkan siswa sampai penghujung pembelajaran,” ujar Zainal beberapa waktu lalu.
Baca juga: Menyikapi Tantangan Pendidikan di Era Digital
Ia mengatakan, berbagai jenis ujian yang dilalui siswa di sekolah merupakan bagian dari proses pembelajaran yang menggambarkan materi yang diajarkan, standar isi, proses, dan penilaian. Kumulasi dari keempat hal itulah yang mengantarkan siswa sampai pada satu titik keputusan, lulus atau tidak.

Selain itu, siswa juga harus memiliki tiga kompetensi, yaitu kompetensi pengetahuan atau kognitif, kompetensi keterampilan atau psikomotorik, dan kompetensi sikap atau afektif. “Tiga hal ini saling terkait, sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, yaitu mencipakan anak bangsa yang cerdas, berpengetahuan, berketerampilan, berbudi luhur, serta berketuhanan Yang Maha Esa,” tuturnya.
Demikian info yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat. Terima kasih dan wassalam.

Thanks for reading Ujian Nasional Bukan Penentu Kelulusan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Ujian Nasional Bukan Penentu Kelulusan

Post a Comment