Cara Instal Qur’an Kemenag In MS. Word

Admin
Indra AE
March 12, 2020
Cara Instal Qur’an Kemenag In MS. Word

Assalamu’alaikum.wr.wb., salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi dimanapun berada.

Quran in Ms Word merupakan salah satu program add-in Office yang dikembangkan oleh Mohamad Taufiq sejak tahun 2005 untuk memenuhi kebutuhan umat terhadap pengutipan ayat Al-Qur’an secara benar dan mudah di Microsoft Word.

Cara Instal Qur’an Kemenag In MS. Word

Terhitung beberapa kali Mohamad Taufiq mengembangkan aplikasi ini sampai beberapa versi dengan penyempurnaan dari aplikasi sebelumnya. Sehingga pada perkembangan selanjutnya Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) (https://lajnah.kemenag.go.id) sebagai satuan kerja di bawah Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, yang secara khusus bertugas menjaga kesahihan Al-Quran di Indonesia bekerjasama dengan Mohamad Taufiq untuk menambah beberapa fasilitas seperti Tafsir Tahlili, Tafsir Ringkas, Terjemahan tahun 2002 dan Font Mushaf Standar Indonesia, dengan tetap mempertahankan konten yang ada berupa Terjemahan Bahasa Inggris. Adapaun syarat utama yang harus dipenuhi untuk menginstall program ini adalah Microsoft Word 2010 ke atas.

Qur’an Kemenag In MS. Word akan terus dikembangkan seiring dinamisnya kebutuhan dunia akademis terhadap Al-Qur’an dan hasil kajiannya. Pengembangan selanjutnya insya Allah meliputi penambahan terjemah bahasa daerah, tafsir tematik, tafsir ilmi dan hasil-hasil kajian lain terhadap Al-Qur’an. Masyarakat juga dapat berpartisipasi dalam pengembangan program ini dengan mengirimkan usulan dan kritik membangun kepada Tim IT LPMQ yang disampaikaan melalui e-mail: lajnah@kemenag.go.id.

Bila dilihat dari fitur yang ada pada aplikasi add-in Qur’an Kemenag In MS. Word ini dibandingkan dengan aplikasi pendahulunya maka aplikasi ini bisa dibilang lebih lengkap. Apalagi sudah ditashih oleh Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama dan bersifat gratis.

Satu hal yang perlu diingat bahwa aplikasi add-in Qur’an Kemenag In MS. Word ini terdiri dari 32 bit dan 64 bit. Agar aplikasi dapat berfungsi dengan baik pastikan saat menginstal sesuaikan dengan Office yang terinstal di laptop Anda. Jika menggunakan Office 32 bit, instal Qur’an Kemenag versi 32 bit begitu sebaliknya.
Baca juga: Cara Mengatasi Internal Error: .NET Framework Version 2.0 Not Found saat Instal Add-Ins Quran in Ms Word di Windows 10 
Sebelum menginstal add-in Qur’an Kemenag In MS. Word silahkan download aplikasi tersebut di akhir artikel. Setelah terunduh silahkan ekstrak aplikasi tersebut dengan winrar. Kemudian instal sesuai dengan versi Office yang terinstal di Windows Anda (sesuai petunjuk diatas).

Sangat mudah sekali bukan?.  Ayo segera instal aplikasi add-in Qur’an Kemenag In MS. Word di Microsoft Office Anda!. Agar Office Anda semakin cantik dan keren, tentunya semakin bermanfaat.

Demikian tutorial ringkas Cara Instal Qur’an Kemenag In MS. Word. Semoga bermanfaat, terima kasih dan wassalamu’alaikum.wr.wb. #Indra AE

Unduh gratis: Quran Kemenag in Ms. Word

Thanks for reading Cara Instal Qur’an Kemenag In MS. Word | Tags:

Latest
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Cara Instal Qur’an Kemenag In MS. Word

Post a Comment