Home » » Cara Mengatur Dan Mengetik Font Arab Di Ms Word 2013

Cara Mengatur Dan Mengetik Font Arab Di Ms Word 2013

Assalamu’alaikum.wr.wb.

Selamat malam dan salam sejahtera bagi Anda pengunjung setia blog Kolom Edukasi, semoga semuanya selalu diberi kesehatan amin.

Setelah kemarin admin Kolom Edukasi menshare Cara Menginstal Font Arab Di Windows 7, 8 dan 10. Kali ini admin akan membahas bagaimana cara menulis dan menerapkannya di Ms Word. Kebetulan admin saat ini menggunakan Office 2013, jadi settingan pada Ms Office 2007, 2010 dan 2016 kurang lebih hampir sama.

Baca : Cara Menginstal Font Arab Di Windows 7, 8 dan 10
Menginstal font Arab di Windows 7, 8 dan 10 saja saya kira belum cukup untuk diterapkan pada saat kita akan menulis di Ms Office. Harus ada settingan lebih lanjut agar penulisan huruf arabnya benar-benar sempurna. Karena kalau tidak disetting maka tulisannya masih terlihat rancu/ kacau seperti contoh di bawah ini (gambar 1.0). Coba perhatikan, tulisan arabnya sudah benar tapi angkanya terlihat masih belum sesuai, karena masih dalam bentuk angka latin biasa.


cara menulis arab di word
Gambar 1.0

Tapi setelah Ms Word disetting dengan pas, maka tulisan Arab akan terlihat sempurna dengan angka yang sesuai juga (lihat gambar 1.1).


cara menulis arab di word 2010
Gambar 1.1

Nah sesuai janji admin pada postingan yang lalu, kini admin akan membantu Bapak Ibu Sahabat setia pengunjung Kolom Edukasi bagaimana cara mengatur dan mengetik huruf arab di Ms Word.

Langsung saja Anda perhatikan tutorialnya seperti di bawah ini. Ingat! Ikuti alur pengaturan sesuai tutorial yang admin berikan, jangan sampai salah alurnya biar nanti tepat pengaturannya. Sehingga Anda tidak bingung lagi hehe.

Tutorial merubah angka latin menjadi angka arab


Merubah angka latin menjadi angka Arab ini sangat penting dilakukan, terutama bila kita sering menulis kalimat Al-Quran, Al-Hadits atau kata-kata islami lainnya dalam bentuk Bahasa Arab yang biasa terdapat angkanya. Atau disaat kita menulis artikel dan tulisan yang bercampur antara arab dengan latin begitupun sebaliknya.

Tutorial Pertama;

Buka Ms Word Anda lalu klik ribbon (Qustomize Quick Access Toolbar) di sebelah pojok kiri atas, lalu pilih More Commands (lihat gambar 2.0).

cara menulis arab di word 2013
Gambar 2.0

Tutorila Kedua;

Selanjutnya pada jendela “word option” pilih tab Anvanced, lalu pada bagian “Show document content” pilih Numeral dan rubah menjadi Context, selanjutnya klik OK (lihat gambar 3.0).

cara menulis arab di word 2016
Gambar 3.0

Nah, dari dua tutorial ini sebenarnya kita sudah bisa menulis kalimat Arab beserta angka Arabnya di Ms Word. Namun sebelum Anda menulis kalimat Arab jangan lupa dirubah posisi penulisan dari kiri ke kanan (sebagaimana ketika kita menulis/ membaca kalimat Arab pasti dimulai dari kanan). Gak mungkin kan menulis/ membaca kalimat Arab dari sebelah kiri dulu.

Untuk merubah penulisan di sebelah kanan/ kanan ke kiri (right to left), yaitu dengan cara menekan tombol Ctrl + Shift sebelah kanan keyboard atau dengan menekan tombol right to left pada ribbon home, yang terletak di posisi tengah atas (lihat gambar 4.0).

Cara Mengetik Font Arab Di Ms Word 2013
Gambar 4.0

Dari sini saya kira cukup jelas tutorialnya, sekarang Anda sudah bisa menulis kalimat Arab dengan angka Arabnya sekaligus. Sekarang Anda tinggal mempraktekkannya sendiri pada Ms Word.

Ohya untuk penulisan kalimat Arab standart sebaiknya Anda menggunakan font Traditioanal Arabic dengan ukuran font 20 atau 22 (lihat gambar 5.0). Karena itu ukuran yang pas untuk menulis teks Arab menurut saya. Seandainya Anda ingin mencoba menggunakan font selain traditional Arabic juga gak apa-apa, silahkan bereksperimen sendiri sesuai keinginan Anda.

cara menulis huruf arab di word 2013
Gambar 5.0

Alhamdulillah akhirnya selesai juga tutorial cara mengatur dan mengetik kalimat Arab di Ms Word kali ini. Bagaimana Bapak Ibu Sahabat setia Kolom Edukasi, sangat mudah sekali bukan?... Jika Anda masih bingung dan kesulitan pengaturannya silahkan ditanyakan, insya Allah admin akan membantu sesuai kemampuan admin. Tapi saya kira jika Anda benar-benar memperhatikan dan mengikuti tutorial dari awal sampai akhir, insya Allah tidak ada kesulitan yang berarti.

Atau jika Anda ingin melihat tutorial versi videonya, mulai dari menginstal font Arabic di Windows dan mengaturnya di Ms Office mungkin bisa menyimak baik-baik video di bawah ini. Insya Allah lebih jelas dan mudah dipahami.


Untuk cara melihat Font Arab di keyboard dan pemberian harakat pada kalimat Arab yang telah berhasil kita tulis, insya Allah lain kali akan saya berikan panduannya. Karena memang keterbatasan tempat untuk dibahas pada postingan kali ini. Dan juga memberi harakat pada kalimat Arab dibutuhkan kesabaran yang lebih.

Bagi saya pribadi menulis kalimat Arab itu paling mudah dan paling cepat untuk dikerjakan daripada memberi harakat. Karena apa?... yang jelas saya tidak akan memberikan alasan yang pasti, nanti ketika Anda sudah lancar dan mahir menulis kalimat Arab, pasti akan tahu sendiri jawabannya hehe.

Mungkin itu dulu tutorial yang dapat admin sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan. Salam santun Dunia Pendidikan, terima kasih dan wassalam.

* Catatan : untuk memperjelas gambar, silahkan klik gambar tersebut di atas.
Previous
« Prev Post

2 komentar:

  1. saya sudah sekian lama menggunakan komputer, saya baru dapat ilmu mengenai font artab disini, mantap mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, terima kasih Mas Adi Kurnaedi... selamat bereksperimen dengan font Arabic ^_^

      Delete