Home » » Cara Menginstal Font Arab Di Windows 7, 8 dan 10

Cara Menginstal Font Arab Di Windows 7, 8 dan 10

Assalamu’alaikum.wr.wb.

Selamat malam dan salam sejahtera bagi Anda pengunjung setia blog Kolom Edukasi, semoga semuanya selalu diberi kesehatan amin.

Sebagai orang yang biasa duduk di depan laptop/ komputer mengetik adalah kegiatan yang bukan asing lagi. Terutama yang berprofesi sebagai Guru, mengetik sudah seperti santapan sehari-hari yang selalu dinikmati. Karena ada hal-hal yang harus dikerjakan Guru yang mengharuskan mereka duduk di depan laptop/ komputer, seperti membuat administrasi pembelajaran.

Bagi Guru agama Islam, seperti Pengampu mata pelajaran Quran hadits, Fiqih, Akidah Akhlak dan lain-lain atau pun Guru Bahasa Arab, tuntutan mengetik tidak hanya dalam bentuk Bahasa Indonesia saja, tetapi juga harus menggunakan Bahasa Arab karena memang ada banyak materi yang berhubungan dengan huruf arab. Seperti ayat-ayat AlQuran, Alhadits atau mutiara-mutiara islami dalam Bahasa Arab.



Cara Menginstal Font Arab Di Windows 7, 8 dan 10


Setelah sebelumnya admin Kolom Edukasi sempat membagikan aplikasi Quran In Ms Word Ver.2.2 beserta tutorialnya. Pada Postingan kali ini admin Kolom Edukasi akan mencoba membantu Anda yang masih kebingungan, bagaimana cara menginstal atau menambah font arab di laptop/ komputer Anda, terutama yang menggunakan Windows 7, 8 dan Windows terbaru (W10).
Baca ; Download Aplikasi Quran In Ms Word Ver.2.2
Cara menginstal font Arab ini sebenarnya sangat mudah dan gampang (perasaan sama ya arti mudah dan gampang) hehe, tapi bagaimanapun juga meski mudah tetap saja susah bagi yang belum mengetahuinya atau belum pernah mencoba.

Untuk Windows XP dan Vista Admin belum bisa memandu karena memang untuk Windows XP harus membutuhkan Windows instalasi bawaan. Dan kebetulan saat ini admin terbiasa menggunakan Windows 7, 8 dan 10.

Biar pembahasannya tidak panjang-lebar lagi, yuk kita simak tutorialnya seperti di bawah ini;

Ohya di windows 7, 8 dan 10 sebenarnya sudah terdapat banyak pilihan Bahasa, jadi Bapak Ibu Sahabat setia pengunjung Kolom Edukasi tinggal pilih saja bahasa mana yang ingin ditambahkan. Akan tetapi untuk memunculkan bahasa-bahasa tersebut tidak bisa secara langsung muncul begitu saja, tetapi ada caranya. Baiklah berikut tutorialnya :
*Update: bagi Anda pengguna Windows 7 untuk tutorial detail cara instal font Arabic bisa dilihat pada postingan saya yang lain di sini. Dan bagi pengguna Windows 10 silahkan Anda cari pada artikel tips dan tutor di blog ini.

Tutorial Pertama untuk Windows 8/8.1;

Buka Control Panel lewat menu start pada Taskbar bawah sebelah kiri (lihat gambar 1.0);


cara menambahkan font arabic laptop
Gambar 1.0

Tutorial Kedua; Pilih Language (lihat gambar 2.0);


Cara Menambah Font Arab Di Windows 7, 8 dan 10
Gambar 2.0

Tutorial Ketiga; Pilih Add a Language (lihat gambar 3.0);

Cara instal huruf arab di laptop
Gambar 3.0

Tutorial Keempat; Add a Language, kemudian pilih Arabic dan open (lihat gambar 4.0);

Cara menambah huruf arab di laptop
Gambar 4.0

Tutorial Kelima

Add a Language (lihat gambar 5.0), lau pilih bahasa Arabic mana yg kita inginkan. Disana terdapat banyak jenis bentuk font Arabic, seperti Arabic (Algeria), Arabic Bahrain dan lain-lain. Kebetulan admin Kolom Edukasi terbiasa menggunakan jenis Font Arabic (Saudi Arabia) jadi memilih Font tersebut.

Saran admin lebih baik Bapak Ibu Sahabat Kolom Edukasi memilih jenis Font Arabic (Saudi Arabia), karena Font tersebut sudah begitu familier digunakan untuk penulisan berbagai literatur arab. Seperti saat admin masih kuliah dulu, saat masih menulis skripsi, juga menggunakan jenis font tersebut (kebetulan admin waktu kuliah ambil jurusan Pendidikan Bahasa Arab), jadi penulisan skripsinya pun juga menggunakan Bahasa Arab. Kecuali Anda ingin memilih Jenis Font yang lain, ya silahkan dicoba saja hehe.

Cara menambah huruf arab
Gambar 5.0

Sampai Tutorial kelima di atas sebenarnya laptop/ komputer kita sudah terinstal Font Arabnya. Dan pilihan font sudah muncul di Taskbar paling bawah sebelah kanan (lihat gambar 5.1). Tapi biar lebih mantab kita atur juga settingan lanjutan untuk memudahkan input font Arabic di Ms Word nantinya (sebenarnya tanpa diatur pun windows 7, 8 dan 10 sudah otomatis mengatur secara default). Untuk cara selanjutnya baca tutorial keenam.


Cara Menginstal Font Arab Di Windows
Gambar 5.1

Tutorial Keenam

Silahkan Anda kembali ke pemilihan Font lagi , lalu pilih Advanced setting (seperti gambar 6.0), setelah itu Anda klik “Change language bar hot keys” (lihat gambar 6.1). Lalu lihat apakah pengaturan input language sudah seperti gambar di bawah (lihat gambar 6.2) ? Kalau sudah lanjut saja ke OK.

Cara Instal Font Arab Di Windows 7, 8 dan 10
Gambar 6.0


Cara Menginstal Huruf Arab Di Windows 7, 8 dan 10
Gambar 6.1

Cara Menambah Font Arab Di Windows 7, 8 dan 10
Gambar 6.2

Sampai di sini saya kira cukup jelas tutorial yang saya bagikan kali ini. Anda sudah bisa mengetik teks Arab sendiri dimana Anda inginkan, misal di Facebook, Email, di Word dan lain-lain. Sekarang tinggal Anda praktekkan sendiri di laptop atau komputer Anda. Jika sekiranya masih bingung juga, silahkan ditanyakan pada kolom komentar di bawah. Insya Allah admin siap membantu.

Atau jika ingin lebih jelas lagi, mungkin Anda bisa melihat video tutorial di bawah ini, insya Allah lebih mudah dipahami.


Bagaimana Bapak Ibu Sahabat setia pengunjung Kolom Edukasi, ternyata menginstal Font Arabic di Windows 7, 8 dan 10 mudah sekali bukan?. Untuk tutorial pengaturan dan cara mengetik Arab di Ms Word beserta harakatnya, insya Allah akan admin share pada postingan selanjutnya.

Demikan Tutorial yang dapat admin share, semoga bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan. Sekian, Terima kasih dan Wassalam.

* Catatan : untuk memperjelas gambar silahkan klik gambar tersebut di atas.
* Update : jika Anda ingin menginstal huruf selain Arab, caranya kurang lebih sama seperti di atas.
Previous
« Prev Post

4 komentar:

  1. Kesulitan ketika menulis angka. Yg keluar tetap huruf latin . Gimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bpk Rizal Hanafi: iya memang begitu. karena untuk settingan di word belum dirubah. Gampang caranya... Anda masuk ke settingan word, lalu pilih Adnvanced, ganti Numeral menjadi context. insya Allah sudah bisa nulis angka arab di ms word. untuk tutorialnya tunggu postingan saya selanjutnya. nanti saya bahas lengkap insya Allah... ^_^

      Delete