Home » » Inilah Daftar Game yang Berbahaya untuk Anak

Inilah Daftar Game yang Berbahaya untuk Anak

Assalamu’alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda semua pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada.

Maraknya game online, PC dan Play Station (PS) yang beredar saat ini, tentu harus membuat orangtua pintar-pintar untuk mengawasi dan mendampingi putra-putri mereka, pasalnya tidak semua game-game tersebut bersifat mendidik, dalam artian game-game tersebut kurang pantas dimainkan oleh mereka karena mengandung unsur kekerasan yang semestinya harus dicegah untuk dimainkan anak-anak.
Baca juga : Waspadai Bila Anak Balita Jago Main Ponsel Pintar
Saat ini banyak permainan di Play Station (PS) atau game online di internet yang mengandung kekerasan. Permainan ini kian menyebar dengan maraknya penyewaan PS dan menyebarnya warung internet (warnet).

Inilah Daftar Game yang Berbahaya untuk Anak


Penelitian Iowa State University Amerika Serikat menunjukkan bahwa bermain game yang mengandung kekerasan selama 20 menit saja dapat "mematikan rasa". “Anak akan mudah melakukan kekerasan dan kehilangan empati kepada orang lain,” ujar Wahyu Farrah Dina, Direktur Indonesia Heritage Foundation pada Seminar Pendidikan Keluarga Duta Oase Cinta Kemendikbud baru-baru ini.
Inilah daftar Game yang mengandung kekerasan dan berbahaya untuk anak:

1.World of Warcraft
2. Grand Theft Auto (GTA)
3. Call of Duty
4. Point Blank
5. Cross Fire
6. War Rock
7. Counter Strike
8. Mortal Combat
9. Future Cop
10. Carmageddon
11. Shelshock
12. Raising Force
13. Atlantica
14. Conflict Vietnam
15. Bully

Wahyu memberikan tips untuk menangani kecanduan game pada anak. Pertama, susunlah jadwal aktivitas anak pengganti game (olahraga, seni, dll). Kedua, jauhkan peralatan dan piranti lunak (software) game secara bertahap.
Baca : 3 Game Android Gratis Untuk Belajar Mengenal Huruf, Angka dan Mengaji
Ketiga, letakkan PS, komputer atau perangkat game lainnya di ruang terbuka (jangan di kamar anak). Keempat, jangan kenalkan game kepada anak di bawah usia 8 tahun, kecuali game edukatif. *Yohan Rubiyantoro/Kemitraan (sahabatkeluarga)

Demikian info tentang game yang berbahaya untuk anak, semoga bermanfaat, mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan. Terima kasih dan wassalam.
Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment