Home » » Mengenal Penyakit Demam Berdarah Dengue

Mengenal Penyakit Demam Berdarah Dengue

Assalamu'alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada.

Penyakit demam berdarah adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus dengue. Sejenis makhluk mikroorganisme yang sangat kecil dan hanya dapat dilihat dengan mikroskop elektron.

Virus ini hanya dapat hidup di dalam sel hidup, maka demi kelangsungan hidupnya, virus harus bersaing dengan sel manusia yang ditempati terutama untuk kebutuhan protein.

Ada bermacam-macam jenis virus penyebab penyakit demam berdarah, namun di Indonesia hanya terdapat 2 jenis virus penyebab demam berdarah yaitu virus dengue dan virus chikungunya.


Mengenal Penyakit Demam Berdarah Dengue


Sebagaimana dikutip dari laman usahakesehatansekolah.com, diantara kedua jenis virus tersebut, virus dengue merupakan penyebab terpenting dari demam berdarah. Oleh karena itu, penyakit demam berdarah yang kita kenal tepatnya bernama demam berdarah dengue, sesuai dengan nama virus penyebab.

Pada umumnya penyakit demam berdarah dengue menyerang seseorang melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk yang menularkan penyakit adalah nyamuk betina dewasa. Nyamuk betina memerlukan darah manusia atau binatang untuk hidup dan berkembang biak.

Apabila daya tahan tubuh seseorang yang terkena infeksi virus tersebut lemah/rendah seperti anak-anak maka akibatnya sel jaringan yang ada dalam tubuh akan semakin rusak bila virus tersebut berkembang banyak, dan penyakit infeksi dengue ini dapat semakin berat bahkan dapat mematikan.

Begitu juga apabila fungsi organ tubuh seseorang kuat/baik, maka akan cepat sembuh dan timbul kekebalan terhadap virus dengue yang pernah masuk ke dalam tubuhnya.

Seperti halnya virus yang lain (misalnya influenza, campak) sebagian besar penderita anak sembuh dengan sendirinya, baik diobati maupun tidak diobati oleh karena penyakit virus bersifat self limiting disease.

Jadi, penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus ini mempunyai keunikan yaitu datang mendadak, penyakit akan berjalan terus walaupun diobati, dan akhirnya akan sembuh dengan sendirinya tergantung dari ketahanan tubuh orang yang terinfeksi.

Lalu, apa gunanya diobati? Sebenarnya yang diobati adalah gejala yang timbul sebagai "akibat ulah" virus yang berakhir timbul gejala demam, syok, maupun perdarahan.

Oleh karena itu sampai sekarang belum ada obat yang dapat membunuh virus dengue, maka harapan lainnya adalah dibuatnya vaksin dengue, yang sampai saat ini masih dalam taraf penelitian dan belum beredar.
Baca juga: Waspada Virus Zika Ada Disekitar Kita

Siapa Saja yang Terkena Demam Berdarah Dengue?

Demam berdarah dengue merupakan penyakit yang senantiasa ada sepanjang tahun di negeri kita, oleh karena itu disebut penyakit endemis. Penyakit ini menunjukkan peningkatan jumlah orang yang terserang setiap 4-5 tahun.

Kelompok umur yang sering terkena adalah anak-anak umur 4-10 tahun, walaupun dapat pula mengenai bayi dibawah umur 1 tahun.

Akhir-akhir ini banyak juga mengenai orang dewasa muda umur 18-25 tahun. Laki-laki dan perempuan sama-sama dapat terkena tanpa terkecuali.

Cara hidup nyamuk terutama nyamuk betina yang menggigit manusia adalah pada pagi dan siang hari, mungkin karena itu juga menjadi sebab mengapa anak balita mudah terserang demam berdarah.

Nyamuk Aedes menyenangi tempat yang teduh, terlindung dari sinar matahari, dan tempat yang di dalamnya terdapat bau manusia, seperti di rumah, oleh karena itu balita yang masih membutuhkan tidur pagi dan siang hari seringkali menjadi sasaran gigitan nyamuk.

Sarang nyamuk selain di dalam rumah, juga banyak dijumpai di sekolah, apalagi bila keadaan kelas gelap dan lembab. Sasaran berikutnya adalah anak sekolah yang pada pagi dan siang hari berada di sekolah.

Disamping nyamuk Aedes aegypti yang senang hidup di dalam rumah, juga terdapat nyamuk Aedes albopictus yang dapat menularkan penyakit demam berdarah dengue. Nyamuk Aedes albopictus hidup di luar rumah, di kebun yang rindang, sehingga anak usia sekolah dapat juga terkena gigitan oleh nyamuk kebun tersebut di siang hari tatkala sedang bermain.

Faktor daya tahan anak yang belum sempurna seperti halnya orang dewasa, agaknya juga merupakan faktor mengapa anak lebih banyak terkena penyakit demam berdarah dengue dibandingkan orang dewasa.

Di perkotaan, nyamuk sangat mudah terbang dari satu rumah ke rumah lainnya dari rumah ke kantor, atau tempat umum seperti tempat ibadah, dan lain-lain. Oleh karena itu, orang dewasa pun menjadi sasaran berikutnya setelah anak-anak. Terutama dewasa muda (18-25 tahun) sesuai dengan kegiatan kelompok ini pada siang hari di luar rumah.

Walaupun demikian, pada umumnya penyakit demam berdarah dengue yang menyerang orang dewasa lebih ringan daripada anak.

Demikian info yang dapat admin share, semoga bermanfaat, terima kasih dan wassalam.
Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment