Cara Instal Font LPMQ Isep Misbah, Font Standar Penulisan Mushaf Indonesia

Admin
Indra AE
July 15, 2020
Assalamu'alaikum.wr.wb., salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi dimanapun berada.

Pada artikel sebelumnya admin telah membagikan Qur’an Kemenag In MS. Word, salah satu program add-in Office yang dikembangkan oleh Mohamad Taufiq sejak tahun 2005 untuk memenuhi kebutuhan umat terhadap pengutipan ayat Al-Qur’an secara benar dan mudah di Microsoft Word.


Kali ini admin akan membagikan font LPMQ Isep Misbah yang dikembangkan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. Font ini sangat cocok disandingakan dengan aplikasi add-in Qur’an Kemenag In MS. Word. Jadi bagi Anda yang sebelumnya telah menginstal Qur'an Kemenag di Microsoft Office jangan lupa untuk menginstal aplikasi ini. Jika add-in Qur'an Kemenag berfungsi untuk mempermudah dalam menukil surah dan ayat-ayat Al-Qura'n beserta terjemahannya di Microsoft Office, maka font LPMQ Isep Misbah ini berfungsi untuk menulis teks atau kalimat Arab di Office.

Baca juga: Cara Mudah Mengetik Kalimat Arab di Ms Word

Seperti dikutip pada lajnah.kemenag.go.id, font LPMQ Isep Misbah merupakan font arab yang dikembangkan sesuai dengan Unicode Arabic Script yang mengandung huruf-huruf standar dan diakritik yang lazim dalam abjad dan numeralia Arab.

Font ini dibuat dan didedikasikan khusus untuk penulisan Mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia sehingga di dalamnya terdapat penyesuaian dan penambahan karakter khas yang hanya ada dalam Mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia. Sumber dan bentuk karakter huruf dan angka arab dalam font ini berasal dari tulisan tangan kaligrafer H. Isep Misbah, MA yang dikembangkan oleh Tim IT LPMQ.

Artikel penting lainnya: Cara Mengatur dan Mengetik Font Arab Di Ms Word 2013

Font ini didedikasikan untuk mendukung penulisan Mushaf Standar Indonesia yang menggunakan rasm usmani, tanda baca, dan tanda wakaf khusus. Selain itu font LPMQ Isep Misbah ini bersifat gratis , jadi dapat digunakan oleh semua pengembang aplikasi Alqura'n maupun oleh masyarakat umum.

Bagi Anda yang ingin menginstal Font LPMQ di Microsoft Office silahkan unduh font tersebut di akhir postingan. Setelah terunduh silahkan ekstrak file kemudian instal font tersebut seperti biasa (lihat gambar di bawah)


Untuk memastikan font tersebut sudah terinstal silahkan buka Microsoft Office kemudian lihat di tab/kolom font. Jika font LPMQ Isep Misbah sudah muncul berarti sudah terinstal dengan benar.


Demikian tutorial ringkas Cara Instal Font LPMQ Isep Misbah, Font Standar Penulisan Mushaf Indonesia. Semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.wr.wb. #Indra AE

Unduh:

- Font LPMQ Isep Misbah Kemenag RI

Thanks for reading Cara Instal Font LPMQ Isep Misbah, Font Standar Penulisan Mushaf Indonesia | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Cara Instal Font LPMQ Isep Misbah, Font Standar Penulisan Mushaf Indonesia

Post a Comment