Ini Alasan Mendikbud Muhadjir Effendy Minta Terapkan 40 Jam di Sekolah

Admin
Indra AE
November 9, 2016
Mulai tahun depan pemerintah akan menerapkan penguatan pendidikan karakter di tingkat SD dan SMP. Konsekuensinya, baik siswa maupun guru akan lebih lama di sekolah.

"Siswa dan guru setiap harinya delapan jam berada di sekolah. Namun, bukan berarti delapan jam ‎itu tatap muka di kelas. Sebagian besar jam belajar dihabiskan di luar kelas," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, Selasa (8/11).


Ini Alasan Mendikbud Muhadjir Effendy Minta Terapkan 40 Jam di Sekolah


Dalam pendidikan karakter, guru harus mendampingi siswa delapan jam selama lima hari. Dengan demikian, 40 jam waktu siswa dan guru dihabiskan di sekolah.

Menurut Muhadjir, waktu tersebut akan terasa kurang bila guru sudah mendapatkan metode pembelajaran yang pas untuk anak didiknya. Terutama agar bisa membuat anak tidak cepat bosan dan justru betah.

"Saya yakin, kalau metodenya pas, anak-anak akan lebih suka di sekolah. Itu sebabnya tidak ada lagi PR di rumah karena sudah dikerjakan di sekolah. Sabtu dan Minggu, sekolah diliburkan. Selain itu pendidikan ekstrakurikuler dan intrakurikuler posisinya sama-sama penting," terangnya.
Baca juga: Perkuat Pendidikan Karakter, Kemdikbud Kaji Sistem Belajar Full Day Shcool
Mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini membantah bila hak-hak siswa dan guru dirampas karena waktu bersama keluarga lebih sedikit.

"Ya tidak berkurang. Anak-anak dan guru-guru bisa full bersama keluarganya di hari Sabtu dan Minggu. Itu sebabnya, tidak boleh ada PR atau lainnya agar dua hari libur itu bisa dimaksimalkan," tandasnya‎. #Source: JPNN

Demikian informasi yang dapat share, semoga bermanfaat, terima kasih dan wassalam

Thanks for reading Ini Alasan Mendikbud Muhadjir Effendy Minta Terapkan 40 Jam di Sekolah | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Ini Alasan Mendikbud Muhadjir Effendy Minta Terapkan 40 Jam di Sekolah

Post a Comment