Kumpulan Buku Elektronik Antologi Cerpen Lomba Menulis Cerita Anak dan Remaja

Admin
Indra AE
November 21, 2016
Assalamu’alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada.

Kebiasaan membaca dan menulis merupakan sebuah kegiatan kreatif yang perlu terus dikembangkan dan dibudayakan di kalangan para siswa. Karena kita semua tahu, penguasaan ilmu pengetahuan sejatinya lebih banyak ditentukan oleh seberapa besar minat dan kemauan seseorang dalam melakukan aktivitas membaca sekaligus menulis.

Buku Elektronik Antologi Cerpen Lomba Menulis Cerita Anak dan Remaja


Semakin banyak yang dibaca, tentulah akan semakin banyak yang diketahui dan dipahami serta semakin banyak karya yang bisa diciptakan. Namun realitas yang kita hadapi saat ini adalah masih rendahnya kemauan dan kemampuan para siswa untuk membaca, apalagi untuk mengekpresikannya ke dalam berbagai bentuk tulisan. Padahal kemauan dan kemampuan para siswa dalam hal membaca dan menulis tentu pada gilirannya, baik secara langsung maupun tidak langsung, akan mempengaruhi kemauan dan kemampuannya dalam membaca dan menulis.

Kemampuan tersebut, jika terus terasah, suatu saat akan menghasilkan suatu penghargaan dan seperti yang tercantum pada pengantar Permendikbud Nomor 23 tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti, tertulis bahwa penumbuhan budi pekerti dapat ditumbuhkan salah satunya dengan penghargaan terhadap keunikan potensi peserta didik untuk dikembangkan, yaitu mendorong peserta didik gemar membaca dan mengembangkan minat yang sesuai dengan potensi bakatnya untuk memperluas cakrawala kehidupan di dalam mengembangkan dirinya sendiri.
Baca juga: Buku-buku Bahan Bacaan Literasi Pilihan Cerita Rakyat dari 34 Provinsi
Berharap dengan penghargaan dapat menumbuhkan budi pekerti pada siswa, maka diselenggarakanlah Lomba Menulis Cerita Anak (LMCA) dan Lomba Menulis Cerita Remaja (LMCR) oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Selain itu LMCA dan LMCR diharapkan juga dapat menjadi sebuah daya dorong untuk memacu dan mengarahkan para siswa untuk berkompetisi menampilkan pengalaman hasil membaca untuk kemudian mengekspresikannya dalam karya tulis khususnya cerita anak. Karenanya kepada mereka yang terpilih menjadi pemenangnya diberikan berbagai penghargaan, baik dalam bentuk materi maupun nonmateri.

Dalam buku ini terdapat puluhan karya terbaik dari ajang Lomba Menulis Cerita Anak (LMCA) dan Lomba Menulis Cerita Remaja (LMCR) dari tahun 2012 hingga 2015 berdasarkan hasil penilaian objektif para dewan juri. Setelah dikumpulkan dan disunting lantas diterbitkan menjadi buku yang enak dibaca.

Adapun daftar buku LCMA dan LCMR tersebut sebagai berikut;

1. Buku Elektronik Antologi Cerpen LMCA 2012
2. Buku Elektronik Antologi Cerpen LMCR 2012
3. Buku Elektronik Juara LMCR 2013
4. Buku Elektronik Juara LMCA 2013
5. Buku Elektronik Antologi Cerpen LMCA 2014
6. Buku Elektronik Antologi Cerpen LMCR 2014
7. Buku Elektronik Antologi Cerpen LMCA 2015
8. Buku Elektronik Antologi Cerpen LMCR 2015

Tujuan menerbitkan buku ini, selain merupakan upaya dokumentasi dan publikasi juga merupakan sosialisasi kepada para siswa. Diharapkan dengan membaca karya-karya rekan sejawatnya yang terdapat dalam buku ini mereka akan termotivasi untuk mengikuti Lomba Menulis Cerita Anak (LMCA) dan Lomba Menulis Cerita Remaja (LMCR) pada masa yang akan datang.

Bagi Anda yang berminat memiliki Kumpulan Buku Elektronik Antologi Cerpen LMCA dan LMCR dari tahun 2012 hingga 2015 silahkan unduh di halaman unduh kami di http//freedata.kolomedu.com, terima kasih dan wassalam.

Thanks for reading Kumpulan Buku Elektronik Antologi Cerpen Lomba Menulis Cerita Anak dan Remaja | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Kumpulan Buku Elektronik Antologi Cerpen Lomba Menulis Cerita Anak dan Remaja

Post a Comment