Lambat Sinkronisasi Dapodik, Dana BOS Dihentikan Sementara

Admin
Indra AE
November 14, 2016
Assalamu’alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada.

Seluruh sekolah harus segera melakukan sinkronisasi data pokok pendidikan (dapodik). Bagi yang lambat, Kemendikbud akan menghentikan sementara pencairan dana bantuan operasional sekolah (BOS).

Memasuki November sejatinya masa penyaluran dana BOS triwulan IV (November-Desember). Tetapi bagi sekolah yang belum sinkronisasi dapodik, dana BOS-nya belum bisa dikucurkan.

Lambat Sinkronisasi Dapodik, Dana BOS Dihentikan Sementara


Update hingga Oktober lalu, ada 2.083 unit SD dab SMP serta 678 unit SMA dan SMK yang belum sinkronisasi data. "Sekarang datanya bisa jadi berubah, karena ada yang sinkronisasi," kata Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Hamid Muhammad seperti diberitakan Jawa Pos hari ini.

Dia menegaskan bahwa sinkronisasi data itu untuk keperluan pencairan dana BOS. Sehingga jika ada sekolah yang belum sinkronisasi, belum bisa mendapatkan dana BOS.

Data dari Kemendikbud, dana BOS untuk periode triwulan IV sudah mulai dicairkan. Sesuai ketentuan dana BOS dicairkan tiga bulan sekali dan di awal periode. Untuk periode November-Desember, dana BOS dicairkan November ini.
Baca juga artikel lainnya: Informasi Penambahan Waktu Cut Off Pengisian dan Jadwal Pengiriman Data Aplikasi PMP
Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti mengatakan, pemerintah sebaiknya meninjau regulasi pencairan dana BOS. Periode pencairannya bisa tetap tiga bulanan. Tetapi sinkronisasi data bisa dilakukan setiap tahun pelajaran atau per semester.

"Pencairan dana BOS juga terbentur perbedaan tahun anggaran dengan tahun pelajaran," jelasnya.

Periode tahun anggaran yakni Januari sampai Desember. Sementara periode tahun pelajaran Juni tahun ini, sampai Juli tahun berikutnya. Sehingga sering terjadi perbedaan jumlah siswa yang menuntut perlu ada sinkronisasi.

Demikian info dapodik yang dapat admin share, semoga bermanfaat, terima kasih dan wassalam.

Source: http://www.jpnn.com/read/2016/11/12/480446/Lelet-Sinkronisasi-Dapodik-Dana-BOS-Dihentikan-Sementara-

Thanks for reading Lambat Sinkronisasi Dapodik, Dana BOS Dihentikan Sementara | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Lambat Sinkronisasi Dapodik, Dana BOS Dihentikan Sementara

Post a Comment