BKN akan Verifikasi dan Validasi Berkas Guru Garis Depan yang Lulus Seleksi Kompetensi Dasar

Admin
Indra AE
June 27, 2017
Assalamu’alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada.

BKN akan Verifikasi dan Validasi (Verval) Berkas Guru Garis Depan yang Lulus Seleksi Kompetensi Dasar: Sejumlah 6.296 Guru Garis Depan (GGD) di 14 provinsi dan 93 kabupaten yang berasal dari program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah dinyatakan lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Verifikasi Berkas Guru Garis Depan yang Lulus Seleksi Kompetensi Dasar
Image: @bkn.go.id

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, pada acara penyerahan penetapan kebutuhan formasi dan hasil SKD GGD kepada Kepala Daerah yang berlangsung pada Jumat, 16 Juni 2017 di Jakarta menyampaikan bahwa penetapan GGD ini merupakan wujud hadirnya Nawacita untuk membangun Indonesia mulai dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa.

Untuk proses administratif GGD menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan melakukan verifikasi dan validasi (verval) terhadap berkas yang sudah tersedia. Proses verval dilakukan untuk memastikan pemenuhan kualifikasi pengangkatan menjadi CPNS sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Jika tidak memenuhi kualifikasi pengangkatan menjadi CPNS, meskipun telah lulus SKD, GGD yang bersangkutan tidak dapat diangkat menjadi CPNS.

Lebih detilnya, alur pengangkatan GGD menjadi CPNS adalah sebagai berikut:
  1. Gubernur dan Bupati mengumumkan GGD yang dinyatakan lulus SKD;
  2. BKN melakukan verval terhadap berkas GGD yang lulus SKD;
  3. Terhadap GGD yang lolos verval, BKN akan memproses penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) dan menerbitkan Persetujuan Teknis Penerbitan Surat Keputusan (SK) Pengangkatan menjadi CPNS. Tanggal penetapan Terhitung Mulai Tanggal (TMT) CPNS adalah 1 Agustus 2017; dan
  4. Gubernur dan Bupati selaku Pejabat Pembina Kepegawaian menerbitkan SK Pengangkatan CPNS.

Pada kesempatan penyerahan penetapan ini, Kepala BKN mengingatkan Gubernur dan Bupati penerima hasil GGD agar segera mengumumkan hasil seleksi di daerahnya. Proses pengangkatan CPNS tidak dipungut biaya.

Demikian siaran pers yang dapat admin bagikan seperti dirilis laman resmi bkn.go.id (19/06/2017). Semoga bemanfaat, terima kasih, wassalamu’alaikum.wr.wb.

Thanks for reading BKN akan Verifikasi dan Validasi Berkas Guru Garis Depan yang Lulus Seleksi Kompetensi Dasar | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on BKN akan Verifikasi dan Validasi Berkas Guru Garis Depan yang Lulus Seleksi Kompetensi Dasar

Post a Comment