Inilah Tradisi Unik Perayaan Lebaran di Indonesia

Admin
Indra AE
June 25, 2017
Assalamu’alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung Kolom Edukasi di manapun berada.

Diantara tradisi perayaan hari raya lebaran di Indonesia adalah silaturahmi dan makan ketupat. Oleh karena itu, hari raya merupakan momen yang sangat ditunggu oleh umat muslim yang merupakan mayoritas di Indonesia setelah melaksanakan ibadah puasa satu bulan.

Keragaman budaya Nusantara turut memberikan warna dalam perayaan hari raya lebaran. Berikut ini beberapa tradisi unik di Indonesia yang ada pada saat momen lebaran yang admin rangkum dari laman menpan.go.id (25/06/2017).

1. Tumbilotohe di Gorontalo

Tumbilotohe di Gorontalo
Tumbilotohe @pt-gorontalo.go.id

Tradisi unik Tumbilotohe berarti memasang lampu. Biasanya tiga hari menjelang lebaran, masyarakat Gorontalo memasang lampu minyak di halaman rumah, halaman masjid, atau tepi jalan raya. Awalnya hal ini dilakukan untuk memudahkan warga memberi zakat pada malam hari. Kala itu, lampu terbuat dari damar dan getah pohon. Seiring waktu, lampu diganti dengan minyak kelapa dan beralih ke minyak tanah. Kini lampu hadir dengan berbagai bentuk dan warna.

2. Kenduri Makam di Aceh

Kenduri Makam di Aceh
Kenduri Makam @tribunnews.com

Tradisi yang turun-temurun dilakukan oleh warga Desa Pasi di Kabupaten Aceh Barat ini diperingati dihari ke-12 setelah perayaan Hari Raya Idul Fitri. Warga akan melakukan ziarah dan makan kenduri bersama di lokasi pemakaman tempat keluarga dikebumikan. Orang yang menghadiri ritual kenduri, membawa beraneka macam masakan nasi dan aneka kue khas Aceh untuk dimakan bersama usai rangkaian acara.

3. Grebeg Syawal di Yogyakarta

Inilah Tradisi Unik Perayaan Lebaran di Indonesia
Grebeg Syawal @jogjaprov.go.id

Grebeg Syawal biasanya diselenggarakan pada 1 Syawal atau bertepatan pada hari pertama Lebaran. Disini, akan disajikan gunungan yang terdiri dari hasil bumi seperti sayuran, buah, nasi dan kacang-kacangan yang disusun mengerucut layaknya sebuah gunung dan diarak oleh abdi dalem mengelilingi kawasan keraton, alun-alun, dan Masjid Agung.

4. Malaman di Lampung

Malaman di Lampung
Malaman @nationalgeographic.co.id (Kompas/Angger Putranto)

Malaman dilakukan pada malam takbir, sehari menjelang Idul Fitri. Anak-anak dan remaja laki-laki akan menyusun batok-batok kelapa di halaman rumah mereka hingga menjulang setinggi 1 meter bahkan lebih. Menjelang Lebaran, akan ada banyak batok kelapa yang tidak terpakai sisa masak rendang. Usai disusun, kemudian dibakar hingga api tampak menjulang dan anak-anak bersorak kegirangan.

5. Sungkem Telompak di Magelang

Sungkem Telompak di Magelang
Sungkem Telompak @antaranews.com

Tradisi ini diikuti masyarakat lereng bara Gunung Merbabu sebagai bentuk syukur atas ketersediaan air di mata air Telompak di Desa Banyusidi, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Usai berdoa dan memasang sesaji yang dipimpin seorang juru kunci, mereka menggelar kesenian tradisional Campur Bawur di mata air itu.

6. Perang Topat di Lombok

Perang Topat di Lombok
Perang Topat @lombokbaratkab.go.id

Dalam tradisi ini, warga akan saling melempar ketupat seusai berdoa dan berziarah di Makam Loang Baloq di kawasan Panatai Tanjung Kranag dan Makam Bintaro di kawasan Pantai Bintaro. Mereka percaya, melempar ketupat akan mengabulkan doa. Perang ketupat ini merupakan simbol kerukunan umat Hindu dan Islam di Lombok, yang diikuti oleh umat Islam dan Hindu.

7. Meriam Karbit di Pontianak

Meriam Karbit di Pontianak
Meriam Karbit @bappeda.pontianakkota.go.id

Festival Meriam Karbit sudah menjadi ajang perlombaan tahunan tiap Lebaran tiba. Konon, meriam karbit ditembakkan untuk mengusir kuntilanak. Festival ini diadakan di tepian sungai Kapuas dengan menampilkan sejumlah meriam karbit yang dihias warna-warni. (rr/Humas MenpanRB)

Demikian informasi Tradisi Unik Perayaan Lebaran yang hanya ada di Indonesia. Semoga bermanfaat, terima kasih, wassalamu’alaikum.wr.wb.

Thanks for reading Inilah Tradisi Unik Perayaan Lebaran di Indonesia | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Inilah Tradisi Unik Perayaan Lebaran di Indonesia

Post a Comment